Berita Wisata

Delapan Spot Sunrise Keren dan Menakjubkan di Yogyakarta

BacaJogja – Matahari yang bersinar untuk pertama kalinya di pagi hari merupakan pemandangan yang luar biasa. Tak heran, saat matahari terbit menjadi hiburan tersendiri bagi para pemburu sunrise. Pemburu matahari terbit rela bepergian ke suatu tempat untuk menemukan momen itu.

Di Yogyakarta terdapat banyak spot sunrise yang menarik dan indah. Sangat keren untuk diabadikan. Banyak orang menyebutnya golden sunrise karena matahari terbit memancarkan warna keemasan yang indah.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner di Bumi Menoreh Kulon Progo

Berikut delapan spot keren sunrise di Yogyakarta yang dirangkum visitjogja:

1. Bukit Cendana
Lokasinya di Tegiri 2, Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Bukit Cendana, Anda bisa menikmati dua momen sekaligus, yaitu sunrise dan sunset. Bukit Cendana menawarkan panorama yang sangat mempesona, dengan disediakannya pos pengamatan bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan yang sejuk, hamparan hijau dan hamparan Waduk Sermo terlihat jelas dan menarik dari atas Bukit Cendana.

Lokasinya berjarak 38 kilometer dari Tugu Yogyakarta. Dapat ditempuh dengan mobil kurang lebih 1 jam 18 menit. Tarif masuk lokasi Rp 5.000 dan parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Baca Juga: 100 Destinasi Wisata di Yogyakarta Paling Banyak Dicari Versi Google

2. Gunung Ireng
Gunung Ireng terletak di Ngrancahan, Pengkok, Kapanewin Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gunung ini terdiri dari bebatuan hitam yang dikelilingi oleh beberapa pohon. Bebatuan di tempat ini mirip dengan yang ada di Bukit Nglanggeran.

Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat suasana kawasan Gunung Ireng segar dan sejuk, dijamin betah saat menikmati sunrise di sini.

Lokasinya berjarak 25,6 km dari Tugu Yogyakarta. Untuk menuju ke sana dibutuhkan waktu 1 jam perjalanan. Biaya masuk ke Gunung Ireng hanya Rp 5.000.

3. Bukit Panguk
Lokasinya berada di Kediwung, Mangunan, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang berjarak 28 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 2 menit dari Tugu Yogyakarta.

Tempat ini disarankan untuk dikunjungi pada saat matahari belum terbit, karena sajian alam di pagi hari sangat mempesona dan memanjakan mata, pikiran dan hati. Lautan awan di kaki Bukit Panguk dan terik matahari dari bukit menjadi poin utama pemandangan Bukit Panguk ini.

Baca Juga: Tumpeng Menoreh Kulon Progo, Perpaduan Wisata Alam dan Kuliner yang Wajib Anda Kunjungi

Tiket masuk Bukit Panguk sangat murah yaitu Rp 3.000 dan untuk parkir hanya Rp 2.000, dengan kata lain Rp 5.000 sudah bisa menikmati keindahan matahari terbit yang menawan.

4. Pantai Sundak
Pantai ini terletak di Sidoharjo, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 67 km atau 1 jam 53 menit.

Pantai Sundak merupakan tempat wisata yang menarik dan menakjubkan karena hamparan pasir putih pantainya yang cukup luas. Selain itu, tebing atau bebatuan menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke pantai ini. Kesan eksotik dan natural sangat terasa.

Di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain sepak bola pantai, voli atau permainan kelompok sambil menikmati keindahan pantai.

Baca Juga: Sensasi Menjelajahi Hutan Wisata Mangrove Baros Bantul dengan Kano

5. Bukit Ngisi
Bukit Ngisis terletak di Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini disebut Bukit Ngisis yang dalam bahasa Jawa “ngisis” berarti tempat mencari angin sepoi-sepoi.

Bukit ini terletak di ground zero Kebun Teh Nglinggo pada ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari atas bukit Anda bisa menikmati pemandangan yang indah. Saat langit cerah, Anda bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro.

Di puncak bukit ini, Anda juga bisa menunggu matahari terbit dan terbenam. Sangat cocok untuk berwisata ke sini pada pagi hari sebelum matahari terbit. Biaya masuk hanya Rp 5.000.

Baca Juga: Tujuh Tempat Wisata di Yogyakarta Selain Malioboro

6. Gunung Merapi
Gunung yang sering dijadikan titik kompas ini terlihat gagah dari sudut kota Yogyakarta. Gunung yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini memiliki salah satu spot sunrise terbaik di Yogyakarta.

Meski termasuk salah satu gunung api teraktif di Indonesia, keindahan alam puncaknya selalu menggoda. Namun untuk saat ini pendakian masih ditutup karena status gunung tersebut masih berstatus Waspada.

7. Pantai Krakal
Pantai Krakal bisa menikmati keindahan matahari terbit dengan cara yang sangat mempesona, berpadu dengan hamparan lautan luas di lepas pantai. Bebatuan yang berada di tengah pantai menjadi pemandangan yang eksotik dan menawan.

Disarankan untuk mengunjungi pantai ini saat cuaca sangat cerah. Pesona sunrise dan sunset terlihat keren.

Pantai Krakal terletak di Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dengan jarak 65 Km dan waktu tempuh 1 jam 51 menit dari Tugu Yogyakarta.

Baca Juga: Daftar Enam Besar Desa Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta 2022

8. Pantai Jungwok
Pantai Jungwok terletak di Pendowo, Kaluraan Jepitu, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 76 km atau 2 jam 19 menit dari pusat kota Jogja.

Pantai ini memiliki keindahan matahari terbit yang sulit diungkapkan dengan kata-kata, begitu indah. Pantai yang terletak di sepanjang pesisir timur Yogyakarta ini masih sedikit dikunjungi wisatawan.

Untuk mencapai pantai ini membutuhkan usaha yang tidak sedikit, karena dari tempat parkir menuju pantai harus berjalan kaki sejauh 1 km yang memiliki jalan berbatu yang cukup terjal.

Namun sesampainya di pantai ini, tentu terbayar sangat lelah yang kita jalani, apalagi menikmati pantai ini di pagi hari saat matahari terbit. Perpaduan antara panorama alam lautan dan langit dengan matahari terbit menjadi satu kesatuan yang padu. (mengunjungi Jogja)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button