Berita Wisata

Deli Serdang punya tempat wisata yang siap memanjakan para peserta HPN dan tamu di Sumatera Utara

DELISERDANG (Waspada): Kabupaten Deliserdang merupakan salah satu dari tiga kluster tempat diselenggarakannya acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 pada 5-12 Februari.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang turut mensukseskannya dengan menyediakan berbagai atraksi wisata untuk dikunjungi para peserta HPN dan tamu.

Hal itu diungkapkan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan melalui Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Kadis Budporapar) Deliserdang, H. Khoirum Rijal, ST, Bapak AP, saat berkoordinasi dengan Presiden PWI Deliserdang Lisboa Situmorang SE dan PWI Sekretaris Deliserdang Edward Limbong S.Sos.I, Jumat (20/1) di ruang kerjanya.

“Kabupaten Deliserdang siap memanjakan para peserta dan tamu HPN 2023 dengan menyuguhkan berbagai macam keindahan alam, mulai dari pegunungan, persawahan, sungai, garis pantai hingga kuliner yang nikmat,” ujar Khoirum.

Khoirum juga menjelaskan berbagai tempat wisata tersebut antara lain desa wisata Denai Lama di kecamatan Pantai Labu, kawasan wisata Bagan Percut yang merupakan kawasan wisata bahari yang terletak di desa Percut kecamatan Sei Tuan, wisata Pematang Johar Sawah, lokasi tempat berada di Dusun VI Rawa Badak, Kabupaten Labuhan Deli.

Kemudian ada Arung Jeram Buaya Bangun Purba yang berlokasi di kecamatan Bangun Purba, tempat yang dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam dari kota Medan atau 30 menit dari kota Lubukpakam. Juga Pemandian Air Panas Penen di Desa Panen, Kecamatan Biru-biru, Danau Linting di Desa Sibunga-bunga, Sinembah Tanjung Muda (STM) Kecamatan Hulu, dan Pemandian Alam Sembahe di Desa Simbahe, Kabupaten Sibolangit.

Sedangkan untuk wisata spiritual yaitu terdapat Masjid Raya Sultan Basyaruddin atau sebagaimana Masjid Raya Rantau Panjang terletak di Desa Rantau Panjang Kecamatan Pantai Labu, Masjid Raya Sultan Thaf Sinar Basarsyah Kabupaten Deliserdang yang merupakan masjid yang secara keseluruhan menggunakan Islam Melayu. hiasan yang bersimbiosis Cuba berupa tanah dan bangunan secara keseluruhan bertuliskan kata Allah berlokasi di kompleks kantor bupati desa Tanjung Garbus kecamatan Lubukpakam dan ada kunjungan rohani ke Gereja Buluh Anwar yang ada di Buluh Desa Anwar, salah satu desa di kecamatan Sibolangit. Diperkirakan gereja ini merupakan gereja pertama yang dibangun di wilayah Sumatera Utara yang kini telah menjadi museum.

Khoirum juga dalam kesempatan itu mengatakan, Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) yang terletak di Kabupaten Deliserdang merupakan salah satu pintu gerbang masuk ke Sumut, juga memiliki beberapa hotel terdekat dari puncak acara di Gedung Serba Guna Astaka, Jalan Pancing, Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang yang diperkirakan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi hotel-hotel yang ada di kawasan Deliserdang juga sangat representatif untuk tinggal di sekitar Bandara Kualanamu dan tempat pusat HPN berlangsung di Percut Seituan Kabupaten Deliserdang,” kata Khoirum.

Sementara itu, Presiden PWI Deliserdang Lisboa Situmorang menyampaikan komitmen PWI Deliserdang untuk mensukseskan HPN di Sumut, sekaligus momentum HPN ini dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata dan produk-produk unggulan Kabupaten Deliserdang yang berkualitas.

“PWI Deliserdang akan memamerkan destinasi dan produk unggulan Kabupaten Deliserdang yang berkualitas kepada para hadirin dan tamu undangan yang akan menghadiri resepsi di Bandara Kualanamu. Semoga HPN 2023 Sumut menjadi ajang peningkatan kualitas jurnalistik khususnya di Kabupaten Deliserdang,” kata Lisbon. .a16).

Teks Gambar: Kepala Budpora oleh Deliserdang H. Khoirum Rijal saat penyerahan buku wisata kepada presiden PWI Deliserdang Lisboa Situmorang didampingi sekretaris PWI Deliserdang Edward Limbong. (Peringatan/ist).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button