Berita Wisata

Dengan menjadi tuan rumah BIMP EAGA ke-25, pantai inilah yang akan dipromosikan oleh Gubernur Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Kota Pontianak akan menjadi tuan rumah forum bergengsi 25th Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippine East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) yang akan diselenggarakan pada 23-26 November 2022.

Sebagai tuan rumah, Gubernur Kalbar Sutarmidji menyatakan siap mempromosikan potensi wisata Kalbar, salah satunya Pantai Temajuk yang berada di Kabupaten Sambas.

“Tentu yang akan ditawarkan adalah potensi Indonesia. Untuk Kalbar akan kami sertakan karena dekat dengan IKN (ibu kota nusantara). Jadi kami harus mempersiapkan pengembangan pariwisata dan kami juga memiliki potensi yang sangat besar. ,” kata Sutarmidji saat rapat di kantor gubernur, Kamis, 10 November 2022.

Gubernur mengatakan Kalbar, khususnya di Kabupaten Sambas, memiliki pantai yang panjangnya bisa mencapai 44 kilometer tanpa putus, yaitu pantai Temajuk.

“Ini terpanjang kedua di dunia, tentu potensinya sangat besar. Kalau kita kembangkan orang, mereka tidak harus ke Bali, ke sana saja,” ujarnya.

• Sutarmidji mengingatkan generasi muda akan makna kepahlawanan

• Sutarmidji menampilkan potensi terbaik Kalbar di BIMP-EAGA

Yang mengatakan, mungkin bahkan lebih baik, hanya saja sejauh ini belum dilirik. Selain pantai Temajuk, Sutarmidji mengatakan Kalbar juga memiliki pelabuhan yang sangat dekat dengan Asia Timur. Sehingga industri luar dapat dikembangkan di kawasan Pelabuhan Pontianak, Terminal Kijing di Kabupaten Mempawah.

“Agar kawasan ekonominya cukup besar di sana, juga ada smelter bauksit. Jika memungkinkan, tidak hanya diubah menjadi alumina tetapi juga menjadi aluminium,” tutupnya.

BIMP-EAGA atau Brunei Darusallam-Indonesia-Malaysia-Filipina East ASEAN Growth Are adalah kerja sama ekonomi sub-regional yang didirikan pada tahun 1994. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kerja sama dan integrasi ekonomi di kawasan anggotanya.

Sebelumnya Kalbar siap menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri BIMP EAGA ke-25 tahun ini, Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar Harisson M.

Hal itu disampaikan usai memimpin rapat perumusan pertimbangan di Gubernur Kalbar terkait persiapan Kalbar menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri BIMP-EAGA KESR ke-25 tahun 2022 beberapa waktu lalu.

Harisson menjelaskan, BIMP EAGA Forum akan menampilkan produk unggulan dari daerah Kalbar dengan melibatkan Dekranasda dan sektor pariwisata unggulan daerah yang nantinya akan membawa manfaat bagi pertumbuhan ekonomi Kalbar.

Intinya, forum BIMP EAGA akan membawa multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalbar sehingga nantinya provinsi atau negara lain akan tertarik untuk datang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button