Berita Wisata

Deretan bencana dan hoaks melanda geliat pariwisata Pangandaran

Pangandaran

Rentetan bencana alam di beberapa wilayah Jawa Barat membuat kunjungan wisatawan ke objek wisata Pangandaran melambat.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan kunjungan wisatawan menurun setelah diterjang gempa beberapa waktu lalu.

“Minggu lalu terjadi rentetan gempa di Pangandaran dan ditambah dengan gempa Cianjur,” kata Jeje, Senin (5/12/2022).

Dia mengatakan, selain gempa, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan. “Beredarnya berita bohong tentang dampak gempa Cianjur dan Pangandaran. Kami sangat menyayangkan oknum yang tidak bertanggung jawab telah merugikan banyak pihak,” ujarnya.

Namun Jeje mengharapkan kunjungan wisatawan kembali meningkat dalam beberapa hari mendatang. Pasalnya, gempa kemarin memang berdampak pada industri pariwisata di Pangandaran.

“Apalagi saat ini kita sedang menghadapi liburan natal dan tahun baru. Tetap diwaspadai dan diharapkan wisatawan tidak mengurungkan niatnya untuk ke Pangandaran,” ujarnya.

Meski demikian, Jeje mengaku kini sudah memulai persiapan menyambut kedatangan Nataru. Adapun yang sudah disiapkan untuk crowd mapping. “Untuk mengurai keramaian dan kemacetan tentunya kita akan bekerja sama dengan stakeholder dari Dishub dan Polres Pangandaran untuk jalur lalu lintas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Pantau Guntari menyebut banyak informasi bohong tentang Pangandaran.

“Saat terjadi gempa Cianjur, setelah itu ada laporan bahwa pantai Pangandaran surut airnya, dihantam ombak besar dan lain sebagainya,” ujar Watch.

Menurutnya, akibat prank, banyak wisatawan yang enggan masuk ke Pangandaran.

“Makanya kami komunikasikan kepada seluruh warga melalui website resmi dan akun media sosial Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan agar mereka mendapatkan informasi tentang Pangandaran secara cerdas,” ucapnya.

Ia mengatakan kunjungan pascagempa ke sejumlah daerah di Jawa Barat turun dari biasanya.

“Hari libur Akhir pekan Kemarin, jumlah kunjungan wisatawan hanya 24.773 orang dari 5 besar objek wisata di Pangandaran periode 1-5 Desember 2022,” ujarnya.

Kunjungan terbanyak ke Pantai Pangandaran sebanyak 18.961 orang, Pantai Karapyak 2.135 orang, Pantai Batuhiu 990 orang dan Green Canyon 493 orang. “Biasanya dalam dua hari libur bisa mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu pengunjung. Minggu ini sangat lambat,” ujarnya.

(Nyam nyam)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button