Berita Wisata

Deretan instalasi viral jadi ‘kolam dadakan’ di Jawa Barat

Cianjur

Masjid Raya Al Jabbar yang baru saja diresmikan telah menggugah minat masyarakat. Sayangnya, salah satu spot di area masjid justru dijadikan tempat berenang oleh anak-anak.

Video anak-anak berenang di kolam yang diketahui terjadi pada Minggu (1/1/2023) itu viral di media sosial dan menyedot perhatian banyak pihak.

Namun ternyata, tidak hanya di Masjid Al-Jabar, hal serupa juga terjadi di sejumlah daerah di Jawa Barat, antara lain Cianjur dan Sukabumi. Titik kolam di fasilitas umum pada malam hari digunakan sebagai tempat berenang.

Berikut titik fasilitas yang digunakan sebagai kolam renang di beberapa area.

1. Alun-alun Cianjur

Alun-alun Cianjur yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 8 Februari 2019 memang menjadi daya tarik kota Santri. Landmark di Cianjur ini merupakan alun-alun terbesar di Jawa Barat bahkan dijadikan percontohan berbagai wilayah Indonesia.

Dengan beragam instalasi dan spot yang instagramable, Alun-alun Cianjur merupakan perwujudan dari 3 pilar budaya Cianjur yaitu Ngaos, Mamaos dan Maenpo. Ada tiga monumen yang mewakili pilar budaya kota Santri.

Salah satunya adalah Tugu Al-Quran yang terletak persis di alun-alun depan Masjidil Haram. Monumen ini dikelilingi oleh dua cekungan besar.

Namun, anak-anak yang berkunjung malah salah mengartikan kolam sebagai tempat berenang. Bahkan tidak sekali pun kolam ini digunakan sebagai tempat berenang. Menurut penelusuran DetikJabar, beredar dan viralnya video pertama kolam renang Alun-alun Cianjur yang dijadikan tempat pemandian pada 2017 lalu.

Baru-baru ini, pada tahun 2022, sebuah foto juga diunggah ke media sosial yang memperlihatkan sejumlah anak sedang berenang di kolam renang.

2. Tugu Tauco Cianjur

Pada tahun 2017, Pemkab Cianjur gencar membangun tugu, tidak hanya alun-alun tetapi juga sejumlah tugu persimpangan jalan termasuk tugu Tauco di kawasan Jalan Dr Muwardi.

Pada awal pembangunannya, tugu ini memiliki cekungan di bawah tiga patung botol tauco. Mirip dengan Kolam Alun-alun, Kolam Tugu Tauco justru dijadikan tempat berenang oleh sejumlah anak.

Setelah kejadian tersebut, Pemkab mengubah bentuk tugu Tauco dengan meniadakan kolam.

3. Kolam Masjid Raya Sukabumi

Tak hanya di Al-Jabbar dan sejumlah tempat di Cianjur, kolam ikan di dekat Masjid Raya Sukabumi juga disalahpahami oleh masyarakat akan fungsinya.

Kolam renang tersebut sempat beralih fungsi menjadi kolam renang anak, sehari setelah peresmian alun-alun kota Sukabumi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Sabtu (08/01/2022).

Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada membenarkan, fasilitas tambak sudah ditertibkan sesuai fungsinya. Ia mengakui hal itu terjadi karena kurangnya sosialisasi.

“Setelah diresmikan, apa namanya hari pertama, euforia masyarakat luar biasa. Jadi ada fasilitas yang kita resmikan mungkin tidak terlalu disosialisasikan terkait peruntukannya,” kata Dida kepada Kota Sukabumi.

Tonton juga videonya: Temukan kemegahan Masjid Raya Al Jabbar Bandung

[Gambas:Video 20detik]

(Nyam nyam)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button