Berita Wisata

Desa Tertinggi di Pulau Jawa Menang ADWI 2022

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi menjadi tuan rumah Pesta Puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pada malam puncak ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan desa wisata yang berhasil memenangkan ADWI 2022.

Ada tujuh kategori pemenang yaitu Kelembagaan Desa, Daya Tarik Wisata, CHSE, Souvenir, Digital & Kreatif, Homestay dan MCK.

Baca juga: Itinerary Tamasya Siang Malam ke Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa

Selain itu, ada tiga kategori tambahan yaitu Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Maju.

Dari sekian banyak pemenang pada setiap kategori pada ADWI 2022, salah satunya adalah Desa Sembungan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Desa Sembungan, Juara 1 kategori desa percontohan ADWI 2022

Pada ajang ADWI 2022, Desa Sembungan yang terletak di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah berhasil meraih Juara 1 kategori desa percontohan.

Pencapaian ini ditegaskan oleh direktur Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cebong Sikunir bernama Tafrihan.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Sembungan, Desa Tertinggi di Pulau Jawa

“Iya betul (Desa Sembungan juara 1 kategori desa percontohan ADWI 2022,” ujarnya kepada wartawan. Kompas.comSenin (10/11/2022).

Desa Sembungan, Danau Cebong. Desa Sembungan, Danau Cebong.

Di kategori yang sama, Desa Sembungan berhasil mengungguli Desa Wisata Tirta Agung, Bondowoso di posisi ke-2 dan Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi di posisi ke-3.

Adapun salah satu kekhasan desa Sembungan, tempat ini merupakan desa tertinggi di pulau Jawa.

Baca Juga: 4 Wisata di Desa Sembungan, Katanya Ada Paku di Pulau Jawa

kota Kompas.comPada Minggu (2/10/2022), Desa Sembungan memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tidak hanya desa tertinggi di pulau Jawa, Sembungan juga memiliki tempat wisata yaitu Puncak Sikunir, Pendakian Gunung Pakuwaja, Telaga Cebong, dan Air Terjun Sikarim.

Lokasi Desa Sembungan juga dekat dengan destinasi wisata utama di Dieng. Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Jom join grup telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button