Tempat Wisata

Desa Wisata Brumbun: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ketika Anda pergi berlibur ke suatu tempat, Anda tidak hanya datang ke tempat-tempat yang biasa Anda kunjungi, tetapi Anda juga harus mencoba berbagai tempat wisata menarik yang mungkin belum pernah Anda kunjungi sebelumnya dan yang tidak ada di kota tempat tinggal Anda. Anda yang berencana datang ke Madiun dalam waktu dekat pasti harus mencoba objek wisata yang satu ini karena di tempat ini Anda akan merasakan aktivitas yang mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya.

Desa Wisata Brumbun merupakan sebuah desa yang juga dijadikan sebagai tempat wisata yang terletak di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Jika berkunjung ke tempat ini dijamin tidak akan menyesal dan malah ketagihan karena ada kegiatan seru bernama β€œTubing” di Desa Wisata Brumbun. Jika Anda tidak tahu apa itu selang, kami akan menjelaskannya kepada Anda. Tubing adalah kegiatan menyusuri sungai mengikuti arus dengan bantuan ban atau pelampung yang diletakkan berjejer.

Melalui penggunaan kanal atau kanal irigasi, wisatawan di sini bisa menikmati sensasi menyusuri sungai dengan ban. Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan karena sudah ada penjaga dan pemandu berpengalaman yang akan membantu Anda dalam hal tubing. Aliran sungai ini juga tidak deras atau deras, sehingga Anda dapat dengan mudah bersantai menikmati sejuknya udara di sana dan pemandangan indah di sekitar desa.

Menurut pemerintah setempat, objek wisata yang baru dibuka tahun lalu ini tidak diubah atau diperluas sama sekali, sehingga aman dan terjaga kelestarian lingkungannya. Bahkan, mereka juga semakin menjaga lingkungan di desa ini dengan membangun fasilitas penunjang agar wisatawan semakin tertarik untuk datang ke sana.

Selain tubing seru, ada juga beberapa one way trip yang tak kalah menarik. Bagi yang puas dengan tubing bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Air Terjun Cinta yang jaraknya hanya beberapa meter dari jalur tubing. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan menarik, dan Anda hampir hanya bisa berfoto atau selfie di sana.

Biaya tubing sendiri tidak mahal tapi sangat terjangkau hanya 15.000 rupiah per orang. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa menikmati pengalaman tubing seru yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Fasilitas di Desa Wisata Brumbun

Untungnya, pemerintah setempat telah menangani objek wisata ini dengan baik, sehingga Anda dapat menemukan beberapa fasilitas pendukung yang dapat Anda manfaatkan seperti:

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa gerbong, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan karena lahan parkir di sini cukup luas untuk menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau motor pengunjung. Tempat parkir juga aman karena ada beberapa penjaga keamanan.

– Tempat peristirahatan umum

Di beberapa tempat tempat ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau WC umum bagi pengunjung ketika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Meski harus berjalan agak jauh, setidaknya tidak perlu repot mencarinya.

– Kamar untuk menginap

Di sekitar Desa Wisata Brumbun juga terdapat beberapa pilihan akomodasi dengan harga mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Tapi tempatnya dijamin nyaman.

– Kantin atau tempat makan

Anda tidak perlu takut kelaparan karena menghabiskan waktu berjam-jam menjelajahi sabana ini, di kawasan ini juga terdapat kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– tempat perkemahan

Jika Anda ingin menginap tetapi tidak ingin menginap di penginapan, Anda dapat membawa peralatan berkemah dan kemudian mendirikan kemah di lokasi yang disediakan oleh Manajemen. Berkemah menambah keseruan karena Anda bisa bersantai, bercanda dengan teman sambil menikmati api unggun.

– Masjid

Bagi Anda yang ingin segera melaksanakan ibadah salat dapat langsung menghubungi petugas setempat yang dengan senang hati akan mengantarkan Anda ke musala disana.

Berburu foto di Desa Wisata Brumbun

Penggemar seni fotografi bisa melampiaskan keinginannya untuk memotret pemandangan indah di sekitar kanal. Hamparan persawahan hijau dan kebun warga sekitar bisa Anda bidik untuk jepretan kamera Anda. Dan jika Anda membawa atau menyewa kamera tahan air, Anda dapat membawanya saat tubing. Abadikan keseruan tubing fun Anda bersama keluarga atau teman dengan memotret atau merekam setiap momen. Jika sudah puas bermain di area kanal, kamu juga bisa berpindah ke tempat menarik lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai background foto, yaitu Air Terjun Cinta yang terletak di dekat kanal.

Baca juga: Pantai Batu Kerbuy, Lihat Indahnya Hamparan Batu Karang Indah

Rute jalan menuju Desa Wisata Brumbun

Penasaran dengan tempat wisata ini dan berencana untuk kesana? Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan rute yang relatif mudah. Jika Anda datang dari arah kota Madiun, Anda bisa mengambil jalur Dungus/Kare. Sampai di perempatan Pasar Dungus lalu belok kanan. Berjalan pelan saja karena setelah hiruk pikuk pasar ada pertigaan berbentuk Y, ambil jalan ke kiri dan arahkan ke bawah. Ikuti jalan ini dan Anda akan menemukan pintu gerbang desa Brumbun. Anda hanya perlu berjalan sedikit, turun, berjalan lagi dan Anda telah tiba di persimpangan jalan wisata Selang. Silakan lanjutkan, hati-hati saat turun. Tepat di ujung turunan ada jembatan, ada rambu, belok kiri.

Tiket masuk Desa Wisata Brumbun

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya river tubing: Rp 20.000
  • Biaya tubing adventure: Rp 30.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka wisata Brumbun

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips liburan di Desa Wisata Brumbun

  • Bawa baju ganti
  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman
  • Hati-hati saat merutekan selang
  • Patuhi aturan petugas
  • Jangan dibuang

Galeri foto Desa Wisata Brumbun

Selamat datang di desa wisata Brumbun
Berbagai fasilitas di Desa Brumbun
Potret pengunjung yang sedang mandi di Kali
Potret sebuah homestay di Desa Brumbun
Potret Sungai Rocky
Berbagai aktivitas pengunjung
Potret pengunjung Desa Wisata Brumbun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button