Tempat Wisata

Desa Wisata Grogol, melihat lebih dekat pesona tradisi dan budaya lokal Sleman

Harga tiket: Rp55.000, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: Grogol, Kadipiro, Margodadi, Kecamatan. Seyegan, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Berwisata ke Desa Wisata Grogol bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merasakan suasana liburan unik dan informatif. Pengunjung yang datang akan mendapatkan beragam wawasan tentang budaya yang masih dipertahankan masyarakat desa ini. Kawasan desa wisata ini sudah terkenal sehingga sangat mudah ditemukan

Karena sejarahnya, kawasan wisata indah ini dibuka sejak tahun 2001 karena masih terdapat bangunan rumah adat yang sangat tinggi. Selain itu, masyarakat di sini masih menjaga nilai-nilai budaya Jawa. Banyak sekali informasi unik dan menarik yang bisa didapatkan ketika memutuskan berwisata ke Desa Grogol

Paket Tour Jogja 1 Hari : Candi Prambanan, Ullen Sentalu dan The World Land Park

Daya Tarik Desa Wisata Grogol

Objek wisata Desa Wisata GrogolFoto oleh Ageng Wijaya di Google Maps

✦ Pameran seni

Salah satu daya tarik desa wisata ini dan yang membuatnya begitu terkenal adalah seringnya diadakan pertunjukan atau pameran yang menampilkan karya seni masyarakat setempat. Karya seni yang dapat ditemukan antara lain kerajinan tangan, patung, dan lukisan. Semua karya seni tersebut dapat dilihat pengunjung atau dijadikan oleh-oleh

Cara ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Desa Wisata Grogol dengan mensyukuri berbagai keterampilan yang dimiliki. Langkah ini sebenarnya patut ditiru oleh desa-desa lain agar kesejahteraan bersama bisa merata. Merupakan ide luar biasa dari pemerintah untuk memberikan wadah bagi masyarakat untuk mengeksplorasi keterampilan mereka

✦ Perjalanan keluar

Sejak kawasan wisata ini diresmikan dan diresmikan oleh pemerintah, kenyamanan wisatawan selalu menjadi yang terdepan sehingga menawarkan fasilitas pendukung yang menarik. Salah satu yang dapat ditemukan di kawasan desa wisata Grogol adalah wisata tamasya yang dapat dijadikan tujuan wisata keluarga.

Selain mendapatkan inspirasi atau ide bisnis, Anda juga berkesempatan bersenang-senang dengan aktivitas outdoor yang seru. Selain perjalanan keluar, Anda juga bisa menjelajahi Gunung Ambon dan perbukitan di sekitarnya. Pemandangan yang indah tentu melengkapi perjalanan wisata ke desa wisata menarik ini

Promo hotel di Sleman

✦ Pertunjukan seni tradisional

Selain dua hal di atas, Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti Karawitan, Wayang Kulit, Ketoprak, Keroncong dan lain sebagainya. Karena itulah desa ini akhirnya disebut sebagai desa wisata tradisional. Anda akan menjumpai berbagai tradisi yang mungkin tidak lagi ditemukan di perkotaan

Digelarnya pertunjukan adat ini tentu menjadi peringatan bagi masyarakat yang sudah mulai melupakan budaya leluhurnya. Untuk itu, pertunjukan diadakan di Desa Wisata Grogol untuk memastikan kesenian tradisional tetap lestari. Di desa wisata ini juga didirikan sanggar yang berfungsi sebagai tempat latihan sebelum pementasan seni

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Desa Wisata GrogolFoto oleh Tunggal Aji di Google Maps

Jika anda berniat mengunjungi kawasan Desa Wisata Grogol, anda wajib berwisata ke Grogol, Margodadi, Seyegan, Yogyakarta. Menemukan desa ini tidak akan sulit karena masih berada di pusat kota.

Kemudian akses jalan menuju objek wisata juga mudah dan beraspal. Pelajari setiap budaya yang dijelaskan di destinasi wisata pedesaan ini.

Private one day trip Jogja ke Obelix Hills, Heha Sky View dan lain-lain

Biaya masuk dan jam buka

Ada banyak paket wisata berbeda yang dapat dipilih pengunjung, termasuk paket wisata keluarga yang menawarkan kesempatan untuk mempelajari gamelan, budaya pertanian tradisional, dan wayang. Wisatawan yang datang dapat memilih paket perjalanannya sesuai minat dan rasa penasarannya

Harga paket wisata ini berkisar antara Rp55.000 hingga Rp450.000. Penetapan harga ditentukan berdasarkan jumlah aktivitas yang dilakukan selama tur.

Meski sedikit mahal, namun Anda akan mendapatkan ilmu dan ilmu bermanfaat dengan mengunjungi kawasan wisata desa adat ini

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Desa Wisata GrogolFoto oleh Evania Istiqomah di Google Maps

1. Mempelajari upacara adat

Perlu diketahui bahwa Desa Wisata Grogol rutin mengadakan kegiatan unik setiap tahunnya. Kegiatan ini pada umumnya rutin dilakukan oleh para pendahulunya, namun saat ini terancam punah. Kegiatan yang mungkin dilakukan antara lain ritual Bancakan, Tingkepan, Mitoni, Tedhak Siten dan Jagongan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian ritual yang dilakukan dan masih erat kaitannya dengan kehidupan manusia di Bumi. Setiap ritual yang dilakukan tidak mempunyai maksud dan tujuan selain untuk mengungkapkan rasa syukur atas segala nikmat yang telah Tuhan berikan.

Masih banyak jenis ritual lainnya dan Anda perlu mencari rencana kunjungan yang tepat agar bisa menyaksikan langsung upacara adat ini. Meski tidak ada kegiatan seperti itu, namun Anda tetap dibekali ilmu dan pemahaman dari setiap upacara yang dilakukan. Namun tentu akan lebih menyenangkan jika Anda merasakan langsung praktik ritualnya.

Jenis ritual yang dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil panen disebut “wiwit” dan dilakukan di sekitar ladang. Lalu ada ritual Nyadran yang dilakukan setiap bulan Sya’ban dengan cara berdoa, membersihkan kuburan, dan lain-lain. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Sunan Kalijaga dan masih dilakukan hingga saat ini adalah menghindari keburukan dengan melakukan ritual pada hari Jumat Pahing.

2. Wisata kuliner di Desa Wisata Grogol

Selain mempelajari pertunjukan seni tradisional di desa wisata Grogol, Anda juga bisa memilih wisata kuliner dan menikmati hidangan seperti Ndog Gludug, Sego Gurih, Sego Gudeg, Carang Gesing dan lain-lain.

Semua hidangan ini memberikan kenikmatan yang luar biasa. Anda bisa memilih masakan tradisional sesuai selera dan keinginan Anda.

3. Mengambil foto

Bisa dikatakan kegiatan ini wajib dilakukan dimanapun, bahkan jika Anda sedang berwisata ke Desa Grogol. Mengabadikan setiap momen dan aktivitas yang dilakukan akan menciptakan kenangan tersendiri.

Jadi pastikan Anda telah menyiapkan semua yang Anda butuhkan, seperti: B. kamera dan alat tambahan lainnya untuk menghasilkan foto atau video yang menarik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas desa wisata GrogolFoto oleh Ageng Wijaya di Google Maps

Sejak desa wisata Grogol hadir dan berkembang sejak tahun 2001, fasilitas yang dimiliki kini semakin lengkap sehingga pengunjung akan betah berlama-lama berada di desa ini. Pilihan pertama yang pastinya tersedia adalah lahan parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung. Jika masih lelah karena perjalanan jauh, Anda bisa bersantai di pendopo yang disediakan.

Jika Anda bepergian bersama rombongan, Anda dapat mengadakan briefing di ruang pertemuan yang tersedia. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, termasuk menikmati kuliner. Anda mungkin berkesempatan menemukan sanggar di desa wisata ini yang berfungsi sebagai pusat pelatihan pertunjukan budaya.

Ruang sholat untuk kebaktian gereja mudah ditemukan. Toilet umum dan kamar mandi yang tersedia juga sangat terawat dan bersih. Fasilitas keluar untuk aktivitas pengunjung juga dapat ditemukan di desa wisata Grogol. Untuk mengambil foto paling sempurna, manfaatkan fasilitas spot foto yang disediakan pemandu.

Mengunjungi Desa Grogol tidak hanya bisa dilakukan melalui tur keliling desa. Anda berkesempatan mendapatkan pengetahuan tentang seni dan budaya Indonesia. Selain itu, berbagai kegiatan menarik juga bisa dilakukan seperti kegiatan outbond atau mengikuti kegiatan sanggar tari. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk datang kesini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button