Berita Wisata

Desa Wisata Kabupaten Kediri Raih Penghargaan Festival Dewi Cemara

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI — Dua desa wisata di Kabupaten Kediri Jawa Timur meraih penghargaan dalam ajang “Dewi Cemara Festival 2022” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, pemerintah berkomitmen penuh memberikan bantuan kepada desa wisata.

“Karena ekonomi tidak selalu harus tumbuh di kota, tetapi juga harus tumbuh dari desa, salah satunya pengembangan desa wisata,” katanya kepada Kediri, Selasa (8/11).

Dijelaskannya, Kabupaten Kediri merupakan daerah di Jawa Timur yang kaya akan budaya, seni termasuk alam yang indah. Kekayaan ini harus dijadikan modal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya desa.

Pihaknya mendorong desa-desa di Kabupaten Kediri yang memiliki potensi wisata untuk dapat terus berinovasi dalam pengembangan atraksi, destinasi dan daya tarik wisata di desa tersebut. Dengan ini, pariwisata di desa juga diharapkan berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo menambahkan, delegasi Kabupaten Kediri yang mengikuti Festival Dewi Cemara adalah Desa Wisata Keling, Kecamatan Kepung, dan Desa Wisata Sempu, Kabupaten Ngancar.

“Desa Wisata Keling meraih penghargaan sebagai virtual tour presenter terbaik dan Desa Wisata Sempu sebagai stand pameran desa wisata terbaik,” ujarnya.

Pada festival Dewi Cemara 2022, lanjut Wiggio, penghargaan yang diterima langsung dari Gubernur Jawa Timur. Dalam acara tersebut, Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada desa wisata yang terus berinovasi dalam pengembangan pariwisata di desanya.

Ia menambahkan, atas penghargaan tersebut, Desa Wisata Keling juga mendapatkan penghargaan bersama sembilan desa wisata lainnya di Jawa Timur.

Sembilan desa wisata lainnya antara lain Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Sendang di Kabupaten Tulungagung, Desa Wisata Klatakan di Kabupaten Situbondo dan Desa Wisata Kuningan di Kabupaten Blitar.

Selain itu, desa wisata Doudo di Kabupaten Gresik, desa wisata Durensari di Kabupaten Trenggalek, desa wisata Ketapanrame di Kabupaten Mojokerto, desa wisata bunga Sumorobangun di Kabupaten Ponorogo dan desa wisata Pandanrejo di kota Batu.

Sementara itu, manajemen Pokdarwis Desa Wisata Keling Didin Saputro bersyukur atas penghargaan yang diterima. Penghargaan tersebut menjadi semangat untuk terus berinovasi mengembangkan Desa Wisata Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

Perkembangan Desa Wisata Keling, lanjutnya, juga tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri yang terus mendatangkan bantuannya, baik melalui kegiatan pelatihan maupun promosi ke luar daerah.

“Sejak awal kami memiliki visi dan misi untuk mengembangkan konsep desa wisata dengan menggunakan kearifan lokal yang ada, antara lain mengenalkan sejarah, cerita rakyat dan juga tradisi masyarakat desa Keling,” kata Didin.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button