Tempat Wisata

Desa wisata Lerep, berlibur dan belajar budaya

Semarang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Oleh karena itu, banyak sekali tempat wisata di Semarang. Salah satu tempat wisata yang unik adalah Desa Wisata Lerep. Desa ini merupakan objek wisata yang memiliki banyak daya tarik untuk menarik pengunjung.

Di sini Anda tidak hanya akan disuguhkan panorama alam yang indah, namun juga berkesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas positif dan mengenal budaya desa lebih dalam. Cocok sekali jika Anda berlibur ke desa ini bersama keluarga.

Profil Singkat Desa Wisata Lerep

Sejarah Desa Lerep sendiri tidak lepas dari cerita rakyat tentang Babat Nyatnyono, sosok Bambang Kartenadi atau Sunan Hasan Munadi yang pernah singgah di lereng Pegunungan Ungaran Utara untuk beristirahat dan menenangkan diri dari peperangan.

Menyadari potensi alam yang besar, ia meminta beberapa prajuritnya untuk tinggal di sini dan mengembangkan lahan pertanian hingga akhirnya tempat ini diberi nama Lerep yang artinya Leren dan Menep.

Karena memiliki potensi alam dan budaya yang luar biasa, maka muncullah ide untuk menjadikan desa ini sebagai desa wisata yang menyuguhkan berbagai keindahan alam, budaya, pertunjukan, serta edukasi dan ekowisata.

Daya tarik tersendiri

Salah satu desa wisata Ungaran ini didirikan karena adanya potensi kearifan lokal yang luar biasa di desa tersebut. Budaya, alam, masyarakat, dan aktivitas lokal berpadu sempurna menjadi desa yang indah.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan pecinta keindahan alam dan budaya, karena di sini mereka dapat menghabiskan liburan santai sekaligus mendidik.

1. Wisata alam

Banyak wisata alam yang bisa anda kunjungi di desa ini seperti air terjun Indrokilo, matahari terbit di lereng Gunung Ungaran dan masih banyak lagi yang lainnya. Pesona alam yang ada di desa ini memang tidak perlu diragukan lagi, terlihat dari para wisatawan yang berbondong-bondong kesini.

2. Wisata Budaya

Secara budaya, desa ini juga tak kalah keren. Seperti pertunjukan tari khas desa untuk menyambut tamu yaitu tari Caping Gangsing. Tak jarang pengunjung diajak menari bersama.

Selain itu, budaya lain juga turut hadir dalam pertunjukan tersebut. Jika beruntung, Anda bisa melihat tradisi desa seperti sadranan, iriban dan sedekah bumi. Tentu menarik untuk mengunjungi dan menyaksikan salah satu tradisi Indonesia ini.

3. Wisata edukasi

Jika membawa anak-anak, salah satu daya tarik di desa wisata ini juga wisata edukasi. Di sana Anda dan anak Anda akan mendapatkan paket edukasi seperti membuat manisan susu, sabun susu dan masih banyak lagi.

4. Wisata kuliner

Daya tarik lainnya adalah wisata kuliner. Banyak jajanan lokal yang disajikan di desa ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Pasar Jajanan Ndeso yang ada di Desa Wisata Lerep

aktivitas yang menyenangkan

Tentunya banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. diantaranya adalah:

1. Wisata Edu Eco

Pergi berlibur sendirian mungkin membosankan. Anda perlu melakukan beberapa aktivitas menarik agar tidak bosan. Saat berkunjung ke desa ini, Anda bisa mengikuti program Edu-Eco-Tour, sebuah konsep wisata edukasi yang dipadukan dengan wisata ekologi.

Di sini Anda bisa mengajak anak Anda mempelajari berbagai cara pembuatannya di Dusun Karangbolo, misalnya cara membuat permen susu, sabun susu, atau cara membuat keripik. Anak Anda tidak akan bosan karena ini merupakan pengalaman yang tidak biasa.

2. Menikmati keindahan air terjun Indrokilo

Belum lengkap berkunjung ke desa wisata ini jika belum mengunjungi air terjun fenomenal yaitu Air Terjun Indrokilo. Air terjun yang berarus deras menciptakan suasana menenangkan.

Waktu terbaik mengunjungi objek wisata ini adalah pada musim hujan karena aliran airnya lebih deras dan pemandangannya semakin indah. Lokasi air terjun ini tidak jauh, cukup berjalan kaki 15 menit di belakang perkebunan.

3. Berfoto di tengah Waduk Sebligo

Destinasi wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Embung Sebligo. Waduk merupakan suatu perairan yang hampir menyerupai danau. Pesona alam waduk ini sangat memanjakan mata dan memberikan dampak estetika jika difoto.

Spot foto terbaik ada di tengah kolam. Untuk menuju pusatnya, Anda bisa menyewa perahu karet beserta jaket pelampung dengan harga yang cukup murah, hanya Rp 10.000 saja. Untuk masuk ke lokasinya sendiri tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

4. Mencicipi kuliner khas lokal di Pasar Kuliner Ndeso

Anda diajak berkeliling pasar lama saat memasuki kawasan pasar kuliner di Desa Wisata Lerep. Di sini Anda tidak membeli dengan uang, melainkan dengan uang logam yang terbuat dari kayu, bangunannya juga terbuat dari bambu.

Rasakan penjelajahan masa lalu, mulai dari sistem perbelanjaan, bangunan pasar, hingga nuansa tradisional makanan yang disajikan. Jajanan dan makanan yang dihidangkan sangat beragam seperti nasi iriban, bubur suweg, dawet manten dan kopi klotok.

Sayangnya, pasar ini tidak buka setiap hari, hanya setiap minggu penanggalan Jawa. Jadi pastikan kamu mengatur jadwal yang tepat untuk mengunjungi pasar ini ya.

Lokasi desa wisata Lerep

Desa wisata ini terletak di Kec. Hongaria Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah tepatnya, di bawah kaki Gunung Ungaran. Jika Anda suka hiking tentu nama gunung ini sudah terkenal karena sering dijadikan tujuan hiking.

Untuk memasuki desa ini Anda harus berjalan kaki sejauh 24 km dari pusat kota Semarang. Jika menggunakan sepeda motor, perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar 45 menit. Anda bisa berjalan menuju Ungaran.

Selanjutnya lanjutkan perjalanan anda menuju Jl. Kaligarang dari Lapangan Umum Ungaran. Anda bisa mengikuti petunjuk untuk memasuki kawasan wisata Watu Gunung. Jalan lurus terus sampai ketemu Gereja Lerep. Kemudian belok kiri dan terus lurus ke depan.

Letak desanya tidak jauh dari sini. Jika Anda bingung, warga sekitar akan dengan senang hati membantu Anda menemukan lokasinya, atau Anda bisa menggunakan Google Maps untuk panduan.

Jenis wisata yang ada di desa wisata Lerep

Ada berbagai jenis tur di sini yang bisa Anda coba. Beberapa jenis wisata yang ditawarkan di sini adalah wisata edukasi dimana Anda bisa mempelajari berbagai keterampilan.

Tempat wisata airnya juga banyak, mulai dari kolam renang, waduk, dan air terjun. Selain itu juga ada wisata kuliner dengan makanan tradisional desa, wisata budaya khas desa, dan wisata buatan seperti waduk mini Embung Sebligo.

Menutup

Desa wisata Lerep menjadi salah satu destinasi favorit banyak wisatawan. Banyak juga wisatawan yang berkunjung ke desa ini untuk merasakan liburan multi-tour sekaligus.

Dengan sejarah dan budayanya yang kuat, ditambah dengan potensi alam yang indah dan aktivitas masyarakat yang unik, desa ini berpotensi menjadi salah satu desa wisata terpopuler yang bisa Anda kunjungi.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button