Tempat Wisata

Desa Wisata Nglinggo: lokasi, biaya masuk dan lokasi

Ada banyak potensi wisata di Yogyakarta. Keindahan alam dan budaya yang masih terjaga membuat kota ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati. Salah satunya adalah Desa Wisata Nglinggo.

Desa ini menarik perhatian banyak orang karena Anda diajak untuk merasakan kehidupan di desa yang penuh dengan budaya tradisional. Desa ini juga telah mendapatkan kepemimpinan Community Based Tourism (CBT).

Atraksi yang menarik wisatawan

Banyak wisata alam yang ditawarkan. Jangan heran jika desa ini menjadi desa wisata, karena memiliki potensi wisata yang besar. Anda dapat menjelajahi alam, budaya dan sejarah serta melakukan berbagai aktivitas lainnya.

1. Air Terjun Watu Jonggol

Salah satu daya tarik utama di desa ini adalah Air Terjun Watu Jonggol. Air terjun ini sangat dekat dengan loket wisata yang hanya berjarak sekitar 300 meter saja. Karena letaknya di lereng Pegunungan Menoreh, Anda harus berjalan kaki sejauh 150 meter.

Air terjun ini juga menjadi sumber air bagi penduduk desa. Air terjun yang indah, disertai dengan beberapa fasilitas seperti gazebo dan kolam yang indah dan segar, memastikan liburan Anda semakin menyenangkan.

2. Kebun teh

Di desa ini juga terdapat kebun teh seluas 136 hektar. Suasana di sini sangat sejuk dan pemandangannya tidak kalah indah. Anda juga bisa menyaksikan petani setempat memetik teh.

Selain itu, Anda juga bisa makan atau makan di sekitar kebun teh karena banyak terdapat warung makan dan minum bagi pengunjung ketika merasa lapar atau haus. Jadi Anda tidak perlu bingung saat merasa haus dan lapar di tengah taman.

3. Bukit Ngisi

Wisata alam ini sangat cocok bagi anda yang ingin melihat sunrise atau sunset terindah. Anda harus mencapai bukit ini pada pagi hari sekitar pukul 05:00 atau sore hari setelah pukul 16:00 karena jam-jam tersebut adalah waktu terbaik untuk hunting sunrise dan sunset.

Selain itu, Anda juga bisa berkemah atau mencari tempat di bukit ini. Untuk pengalaman terbaik, kunjungi bukit ini pada bulan Agustus karena ini adalah waktu terbaik untuk melihat matahari terbit dengan pemandangan yang jelas.

4. Hutan pinus

Di desa ini Anda juga bisa menikmati panorama hutan pinus yang lahannya dimiliki oleh Perhutani. Hutan pinus ini menawarkan pemandangan yang indah ditambah dengan keindahan alam, berkemah yang glamor, dan akomodasi homepod.

Anda juga dapat berpetualang di sini karena merupakan jalan utama off-road dengan bagian berlumpur. Tidak hanya menikmati pemandangan, tetapi Anda juga bisa bermain sepuasnya.

5. Gunung Jaran

Gunung ini memiliki ketinggian 1.000 mdpl dan merupakan puncak tertinggi di desa ini. Ketika Anda sampai di puncak Anda akan menemukan sudut pandang. Gardu ini bisa Anda gunakan untuk melihat pemandangan di bawah, seperti kebun teh

Untuk mencapai puncak Anda harus menaiki 200 anak tangga. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan panorama alam yang akan Anda nikmati setelah mencapai puncak.

6. Tari Topeng Lengger

Selain wisata alam, ada lagi daya tarik dari wisata budaya yaitu tari Lengger Taeng. Tarian ini merupakan tarian khas yang dibawakan oleh penari pria dan wanita dengan diiringi oleh gamelan khas Jawa.

Peran setiap tokoh dalam tarian ini menggambarkan ciri-ciri manusia dalam kehidupan sehari-hari. Akan menjadi unik jika dibawakan dengan sebuah tarian.

Biaya masuk ke Desa Wisata Nglinggo

Sementara harga tiket biasanya dibebankan langsung pada setiap tur, desa wisata ini sebenarnya menghitung harga tiket menggunakan sistem paket mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1.000.000 sudah termasuk makan, akomodasi, dll.

Jika Anda memilih paket “Jelajahi Nglinggo” dengan rute Pasar Plono – Kebun Teh Nglinggo – Bukit Ngisis – Puncak Proman – Puncak Widosari dan kembali ke Pasar Plono, Anda akan dikenakan biaya Rp 350.000 per kendaraan.

Jika Anda memilih paket petualangan, Anda memiliki beberapa opsi lain yang tersedia. Yang pertama adalah Paket A (tenda, matras, fasilitas) yang harganya Rp 150.000 untuk 2 orang dan Rp 250.000 untuk 4 orang.

Paket B (Paket A plus makanan dan sleeping bag) harganya Rp 250.000 untuk 2 orang dan Rp 400.000 untuk 4 orang, serta ada Paket C yang menyewa tempat seharga Rp 25.000 per orang.

Untuk paket off-road Rp 500.000 per mobil untuk jarak pendek selama 2 jam, Rp 750.000 per mobil untuk jarak menengah dan Rp 1.000.000 per mobil untuk jarak jauh.

jam operasi

Jika Anda berniat untuk mengikuti tour ini, sebaiknya Anda menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu untuk memesan paket dan mengatur jadwal keberangkatan untuk memudahkan akses menuju tempat tersebut.

Desa wisata Nglinggo sebenarnya bisa dikunjungi setiap hari. Namun, berkendara pada malam hari harus dicegah, karena akses jalan belum cukup penerangan dan sering terjadi kabut yang berbahaya bagi kendaraan.

Alamat Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo terletak di Kulon Progo, tepatnya di Ds. Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Cab.Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini cukup jauh dari pusat kota. Jadi pastikan Anda memiliki stamina untuk bepergian.

Jarak yang perlu Anda tempuh dari pusat kota Yogyakarta sekitar 54 km atau membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Namun demikian, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan selama perjalanan.

Luas wilayahnya 40 hektar dengan ketinggian berkisar antara 8,00 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Desa ini berbatasan langsung dengan Dukuh Ngemplak dan Dukuh Plono di sebelah barat, serta Kec. Salaman, Magelang di utara.

Rute perjalanan ke lokasi

Untuk mengunjungi desa wisata ini, Anda bisa mengambil petunjuk arah ke Kulon Progo dari Tugu Yogyakarta. Jalan terus hingga menemukan Jembatan Kali Progo. Dari jembatan belok kanan terus ke perempatan Dekso.

Persimpangan berada di lampu lalu lintas merah kedua setelah jembatan. Kemudian ambil arah kiri menuju Pasar Plono dan ikuti jalan lurus hingga menemukan papan petunjuk bertuliskan Desa Nglinggo.

Jika Anda masih bingung, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat atau Anda juga bisa mencari petunjuk arah di Google Maps hingga tiba di lokasi.

Menutup

Desa Wisata Nglinggo merupakan desa wisata yang menawarkan berbagai alternatif wisata seperti wisata alam, wisata budaya dan wisata kuliner. Tidak hanya menikmati keindahan alam di berbagai lokasi, Anda juga bisa mengunjungi berbagai kafe dan warung makan untuk berwisata kuliner.

Inilah salah satu alternatif terbaik bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota. Jadi jangan lupa untuk memasukkan desa ini ke dalam daftar wisata yang akan anda kunjungi.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button