Tempat Wisata

Desa Wisata Nglinggo, Nikmati keindahan desa wisata yang mempesona di Kulon Progo

harga tiket: 6.000 Rp Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Tentunya, menikmati suasana pedesaan di dataran tinggi yang asri bisa menjadi cara refreshing yang sangat baik untuk melepas penat. Semua pengalaman tersebut bisa didapatkan dengan mengunjungi Desa Wisata Nglinggo di Kulon Progo.

Berada di ketinggian sekitar 900-1.000 mdpl, tak heran jika suasana alam yang begitu asri menjadikan desa ini sebagai destinasi unggulan kategori wisata alam di Kulon Progo. Jadi jika Anda bingung mau ke mana saat liburan di Yogyakarta, desa wisata di Kabupaten Kulon Progo ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Penasaran bagaimana apa?

Paket Wisata Jogja 1 Hari (Tumpeng Menoreh, Kebun Teh Nglinggo dan Lainnya)

Daya Tarik Desa Wisata Nglinggo

Daya Tarik Desa Wisata NglinggoFoto oleh Neno Juosh di Google Maps

✦ Kebun Teh Nglinggo

Di Desa Nglinggo Anda akan menemukan kebun teh yang dikelilingi pegunungan. Ada Gunung Merapi, Gunung Prau, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Kukusan terlihat dari jauh. Sehingga saat kita melihat-lihat kawasan tersebut, yang ada hanya pemandangan hijau yang indah untuk dilihat.

Desa wisata ini dikelilingi pegunungan dan tingginya antara 900 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Jadi udaranya sejuk dan pemandangannya bagus. Ketika Anda merasa lelah atau stres, bersantai di kebun teh ini dapat menenangkan pikiran Anda.

✦ Bukit Ngisis

Desa Wisata Nglinggo tidak hanya memiliki kebun teh tetapi juga sebuah bukit bernama Bukit Ngisis. Tempatnya masih satu area dengan kebun teh, tinggal jalan sedikit menanjak. Ngisis sendiri berarti “mendinginkan” dalam bahasa Jawa. Disebut Bukit Ngisis karena udara di sini sangat sejuk, nyaris dingin.

Dari atas Bukit Ngisis Anda bisa melihat pemandangan sekitar dengan lebih jelas. Mulai dari seluruh kebun teh, pegunungan sekitar yang terlihat lebih jelas, hingga rumah penduduk desa. Suasananya sangat tenang dan damai, sehingga cocok sebagai tempat bersantai dan melepas penat.

Cek hotel murah di Kulon Progo

✦ Grojogan Watu Jonggol

Jika sudah puas menikmati keindahan alam dari atas, Anda bisa menuruni bukit dan merasakan segarnya Grojogan Watu Jonggol. Lokasinya hanya berjarak 300 meter dari pintu masuk Desa Wisata Nglinggo dan sekitar 150 meter dari Bukit Ngisis. Grojogan Watu Jonggol sendiri merupakan air terjun tersembunyi setinggi 35-40 meter yang menambah keindahan wisata ini.

Air terjun yang berada di lereng Pegunungan Menoreh ini bisa Anda capai dengan mengikuti perkebunan penduduk setempat. Sudah ada tangga dengan pagar yang akan membantu Anda mengakses air terjun. Aliran airnya sangat jernih dan menyegarkan sehingga Anda ingin mencuci muka setelah melihatnya.

✦ Lokasi perjalanan Instagramable

Desa Wisata Nglinggo tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Tapi ada banyak spot Instagramable di sini yang siap memuaskan hobi fotografi Anda. Sudut pandang telah disiapkan di beberapa tempat untuk menikmati pemandangan dan mengambil foto yang menyenangkan. Bentuk gardu pandang juga beragam sehingga cocok untuk membuat konten.

Wisata Jogja 1 Hari : Candi Borobudur, Svargabhumi, Sungai Mudal dan Pule Payung

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Desa Wisata NglinggoFoto oleh Neno Juosh di Google Maps

Desa Wisata Nglinggo secara administratif terletak di Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, dibutuhkan waktu 1 hingga 1,5 jam perjalanan untuk mencapai desa ini. Namun aksesnya sangat mudah dan dapat digunakan oleh berbagai jenis kendaraan.

Anda bisa melanjutkan dari Tugu Jogja kemudian mengambil jalan menuju Kulon Progo. Setelah melewati jembatan Kali Progo, belok kanan hingga bertemu lampu merah kedua di pertigaan Dekso. Belok kiri hingga sampai di Pasar Plono. Di sana Anda akan menemukan penunjuk jalan ke desa Nglinggo.

Biaya masuk dan jam buka

Karena banyaknya tempat wisata di Desa Wisata Nglinggo, maka harga tiket untuk masing-masing tempat wisata tersebut bisa berbeda-beda. Seperti Kebun Teh Nglinggo yang memiliki tarif masuk sekitar 100 rupiah. Hanya 6.000.

Hampir semua tempat wisata di sana tidak mahal, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda juga bisa memesan paket wisata mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp 1.000.000 agar lebih praktis. Desa wisata ini sendiri buka mulai pukul 06.00 hingga 17.00 waktu Indonesia Barat.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di desa wisata NglinggoFoto oleh Trie_ 412 di Google Maps

1. Belajar mengolah produk alami

Di Desa Wisata Nglinggo, selain bisa menyegarkan mata dengan nuansa alam yang mempesona, Anda juga bisa belajar mengolah hasil alam. Kebun teh seluas 100+ hektar di desa ini merupakan dunia magis yang dapat memberikan pengalaman edukasi yang menarik bagi para pengunjungnya.

Bagaikan di negeri dongeng, kawasan luas ini menawarkan perjalanan petualangan bagi siapapun yang menginjakkannya. Anda bisa memesan paket edukasi dan belajar cara memetik teh untuk membuat teh panggang. Menarik kan?

Selain itu, ada berbagai jenis teh, mulai dari teh hijau, teh hitam, hingga teh putih yang aromanya super harum setelah dipanggang dengan kayu bakar dan kompor. Selain teh, Anda juga bisa melihat pengolahan kopi Robusta yang masih dilakukan dengan cara tradisional.

2. Wisata Petualangan di Desa Wisata Nglinggo

Tak perlu khawatir jika tak ingin lelah menelusuri setiap jalanan desa. Desa Wisata Nglinggo menawarkan paket wisata petualangan yang menantang adrenalin. Anda akan diajak beraktifitas off road dengan mengendarai jeep melewati kebun teh hingga perbukitan. Ini pasti akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

3. Menonton pertunjukan tari topeng Lengger

Sebagai desa wisata, kotamadya biasanya menawarkan atraksi budaya kepada pengunjungnya. Jadi jangan lewatkan untuk melihat tarian Lengger Taeng yang sering diadakan disini.

Tak hanya memiliki daya tarik yang menarik, ada juga tarian tradisional yang menarik perhatian, menampilkan beberapa penari berbakat yang mengenakan topeng misterius. Konon tarian ini mengandung unsur magis yang kuat, sehingga penarinya sering dirasuki oleh arwah nenek moyangnya.

Keberadaan tarian ini menjadi cerita mistis yang menggugah rasa ingin tahu dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat seni budaya. Bagaikan tarian magis di udara, tarian ini menyampaikan perasaan magis dan mempesona, menggoda jiwa orang yang menontonnya.

4. Berkemah

Bukit Ngisis memiliki bumi perkemahan yang merupakan tempat khusus untuk kegiatan kesenian warga desa, sehingga Anda bisa tinggal di sini dan menikmati keindahan Desa Wisata Nglinggo lebih lama. Berkemah di atas bukit memberi Anda kesempatan untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang mempesona dari sudut pandang.

Jika Anda benar-benar ingin dekat dengan kehidupan sehari-hari penduduk desa, jangan khawatir! Ada pilihan homestay yang mengundang Anda ke pengalaman yang tak terlupakan. Misalnya, Hidayah Homestay, Asiva Homestay, Kayu Manis Homestay dan Arjuna Homestay siap memberikan sambutan hangat untuk Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Desa Wisata NglinggoFoto oleh Arief Romadhoni di Google Maps

Tentunya sebagai desa wisata, fasilitas di sini sangat memadai. Selain itu, terdapat banyak gedung apartemen, sehingga sarana dan prasarana umum mudah ditemukan di dekatnya.

Terdapat gardu pandang yang bisa digunakan pengunjung, toilet umum, ruang pertemuan, mushola dan beberapa spot foto. Bahkan tersedia zona Wi-Fi, jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan sinyal meski berada di desa dengan ketinggian 900-1.000 meter di atas permukaan laut.

Di kawasan desa banyak berjejer tempat makan atau warung. Banyak yang menawarkan menu kuliner tradisional sehingga patut dicoba jika ke sini. Tersedia juga tempat parkir mobil yang luas jika Anda membawa kendaraan sendiri.

Desa Nglinggo merupakan destinasi wisata terpadu yang menawarkan banyak hal menarik. Jadi sehari saja tidak cukup untuk menikmati semua keseruan di desa wisata ini. Selain itu, terdapat berbagai jenis objek wisata yang akan membuat pengalaman liburan semakin menyenangkan. Anda tertarik untuk berlibur di Desa Wisata Nglinggo?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button