Tempat Wisata

Destinasi pemandian alami dengan air jernih

Klaten merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan kekayaan sumber air alaminya yang menakjubkan. Di antara berbagai kolam alami atau “Umbul” yang ada di Klaten, Umbul Manten menjadi sorotan karena kejernihan dan keindahan alamnya.

Umbul Manten KlatenUmbul Manten Klaten

Keindahan alam yang menakjubkan

Umbul Manten terletak di Desa Wunut Kecamatan Tulung dan menawarkan pemandangan yang sangat menarik. Pengunjung akan disambut dengan air yang berasal langsung dari sumbernya, memberikan kesegaran tiada duanya.

Jernihnya air membuat pengunjung dapat melihat dengan jelas dasar kolam yang berbatu-batu. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam di kawasan tersebut, dengan beberapa pohon beringin yang memberikan keteduhan.

Suasana Umbul KemantenSuasana Umbul Kemanten

Fasilitas dan HTM

Dengan tarif masuk yang terjangkau hanya Rp 10.000 per orang, Umbul Manten menawarkan fasilitas yang cukup lengkap.

Tersedia kolam khusus anak-anak dan dewasa dengan kedalaman yang aman bagi perenang pemula. Ada juga ruang ganti, toilet, dan warung makan. Untuk menambah kenyamanan, tersedia kabin bagi pengunjung yang ingin bersantai.

Waktu terbaik untuk bepergian

Jam operasional Umbul Manten dimulai dari pukul 06:00 WIB hingga 18:00 WIB. Waktu terbaik berkunjung adalah pada pagi hari saat udara masih sejuk dan kolam tidak terlalu ramai. Hal ini memberikan kesempatan untuk menikmati kejernihan air dan suasana alam dengan damai dan tenang.

Rute menuju Umbul Manten

Umbul Manten berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kabupaten Klaten, waktu tempuh sekitar satu jam. Cara termudah dari Alun-Alun Klaten adalah menuju ke timur menuju Kota Solo, lalu belok kiri di Pasar Tegalgondo dan ikuti Jalan Tegalgondo-Janti sejauh 6 km. Meski tidak terlihat langsung dari jalan utama, namun terdapat beberapa rambu yang menandai area parkir Umbul Manten.

Umbul Manten di Klaten merupakan surga tersembunyi yang menawarkan air jernih dan keindahan alam yang luar biasa. Dengan fasilitas yang lengkap dan biaya masuk yang terjangkau, lokasi ini menjadi destinasi ideal bagi semua kalangan.

Ideal untuk keluarga, pecinta alam atau mereka yang ingin bersantai dari kehidupan sehari – hari. Saat berkunjung ke Klaten, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam Umbul Manten.

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button