Berita Wisata

Destinasi Wisata Bengkayang Kembali Raih Dua Penghargaan Bergengsi di Ajang API 2022 — Suarapemredkalbar.com

Bengkayang, SP Kabupaten Bengkayang kembali meraih dua penghargaan bergengsi tingkat nasional pada tahun 2022, di bidang pariwisata. Kedua penghargaan tersebut diraih Bengkayang dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022 kategori Bumi Perkemahan Riam Warek Terpopuler dan Wisata Air Terpopuler di Pulau Lemukutan yang berlangsung Jumat lalu di Banda Aceh.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Bengkayang I Made Putra Negera mengatakan, tahun ini Kabupaten Bengkayang meraih 2 piala sekaligus dengan predikat terbaik kategori “Camping Ground” terpopuler, yakni Riam Parangek. Selain itu, Bengkayang juga berhasil meraih predikat terbaik dalam kategori “Wisata Air Terpopuler” yang diperoleh Pulau Lemukutan.

“Pencapaian yang membanggakan, sekaligus surprise bagi tim, karena Pulau Lemukutan telah naik dari peringkat 3 menjadi peringkat 5 pada Oktober dan awal November. Namun berkat usaha kreatif tim, peningkatan promosi, bahkan realisasi promosi di ajang Merah Putih. Dibatas Jagoi Babang, dorongan aktif Pemungutan Suara yang dilakukan langsung oleh Bupati Bengkayang membuat Surprise (kejuaraan) benar-benar terjadi di Banda Aceh,” ujar Made saat dihubungi Suara Pemred, Minggu (27/11).

Fakta bersambung, kedua piala dan penghargaan ini diserahkan kepada masyarakat Kabupaten Bengkayang dan masyarakat Kalbar. Ia berharap suatu saat Kalbar bisa menjadi tuan rumah event API.

“Tahun depan provinsi Ambon jadi tuan rumah. Ayo Kalbar bisa (jadi tuan rumah),” harap Made.

Sementara itu, sebagai kepala daerah, Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis bangga dengan capaian Bengkayang. Tentu, ini merupakan prestasi yang membanggakan Bengkayang.

“Kami dan saya juga mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung Kepulauan Lemukutan dan terpilihnya Riam Parangek untuk meraih juara pertama dalam ajang API 2022 ini,” ujarnya.

Ke depan, kata Bupati, Pemda akan terus mengembangkan dan mempromosikan tempat-tempat wisata di Kabupaten Bengkayang yang memiliki potensi sangat besar. Tentunya hal ini membutuhkan dukungan dari semua lapisan masyarakat.

“Sekali lagi terima kasih. Bengkayang memang luar biasa,” pungkasnya.

Sekadar informasi, kedua lokasi wisata tersebut juga akan dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Kalbar ke-13 Tahun 2022 pada November mendatang, Riam Parangek akan menjadi pusat kegiatan arung jeram dan selam Porprov di Lemukutan. (nar)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button