Berita Wisata

Destinasi wisata di Sumatera Barat sama dengan yang ada di luar negeri

ARASYNEWS.COM – Di Sumbar terus dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah karena banyaknya destinasi wisata di berbagai pelosok daerah.

Wisata syariah di Sumatera Barat menawarkan wisata alam, sejarah, edukasi, kuliner dan lainnya. Bahkan ada wisata yang serupa dengan yang ada di luar negeri.

Berbagai tempat wisata alam yang mirip dengan tempat wisata alam asing mulai sering dikunjungi sejak zaman dahulu hingga sekarang. Bahkan diunggah ke media sosial dan dikemas secara menarik.

Mencapai beberapa destinasi alam yang mirip dengan negara asing ini juga tidak sulit bagi para pelancong karena lokasinya yang mudah dijangkau dengan kendaraan.

Danau di atas dan di bawah

Kedua danau ini disebut mirip dengan Swiss Lake Lucerne. Jika di Danau Lucerne udaranya dingin, maka di kedua danau yang berada di Kabupaten Solok ini sama saja.

Bahkan keindahan alam yang dikelilingi perbukitan hijau juga terasa sama.

jembatan akar

Jembatan ini mirip dengan Jembatan Akar Cherrapunjee di India. Jembatan akar yang terletak di Kecamatan Pesisir Selatan Utara ini terbentuk dari jalinan dua akar pohon yang menjulur sepanjang 25m dan tinggi 10m dari permukaan sungai serta lebar sekitar satu setengah meter.

Jembatan unik di pantai selatan ini sudah ada sejak tahun 1916. Dan fungsinya sebagai penghubung kedua tempat tersebut.

Padang Mangat

Daerah ini berada di Kabupaten Limapuluh Kota yang membentang padang rumput yang sangat luas. Kawasan ini dibangun untuk peternakan sapi dan dikelola oleh Balai Besar Peternakan Sapi atau BPTU.

Ada banyak sapi top berkeliaran dengan bebas di sini memakan rumput. Dan karena itu, kawasan ini disebut-sebut mirip Selandia Baru

Lembah Harau

Di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, juga terdapat kawasan dengan tebing tinggi. Dan para musafir yang datang ke wilayah ini berada di lembah.

Tempat ini menjadi spot favorit bagi banyak pengunjung bahkan dikatakan menyerupai Lembah Yosemite yang terdapat di California.

Ngarai Sianok

Mirip dengan Fifty Cities, tempat ini juga tidak kalah menarik. Dinamakan Ngarai Sianok, yaitu sebuah lembah yang diapit dua tebing tinggi.

Namun bedanya, di bawah lembah ini mengalir sungai. Tempat ini terbentuk akibat peristiwa tektonik yang terjadi ratusan tahun lalu.

Dan Ngarai Sianok merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bukittinggi yang konon mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Jutaan janji

Di kawasan Ngarai Sianok juga terdapat destinasi menarik yaitu Janjang Sajuta. Ruas ini menghubungkan dua wilayah yakni Pangkal Senayang, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam dan Ngarai Sianok.

Awalnya, jalan akses ini sudah ada sejak zaman dahulu, namun mengalami renovasi dan dibungkus dengan bentuk unik mirip Tembok Besar China.

Bentangan ini membentang sejauh 3,7 km, menyerupai jaringan dunia China.

Jam Gadang

Tempat wisata ini paling sering dikunjungi wisatawan. Dinamakan Jam Gadang yang merupakan ikon kota Bukittinggi.

Jam Gadang ini merupakan hadiah ulang tahun pada masa kolonial dan merupakan kembaran dari Big Ben di London, Inggris.

Mentawai

Untuk tempat wisata yang satu ini sulit dijangkau, karena lokasinya berada di kawasan tersendiri. Namun jika anda mengunjungi tempat ini anda akan mendapatkan suasana yang berbeda.

Wisatawan yang datang ke Mentawai akan mendapatkan keramahan masyarakat setempat dan juga pemandangan alam khas daerah tropis.

Kebanyakan traveler yang berkunjung ke Mentawai adalah dari mancanegara, beberapa dari mereka mengatakan suasana di Mentawai serasa berada di Kepulauan Hawaii.

Turis mengatakan Kepulauan Mentawai memiliki pantai berpasir putih dan ombak yang besar. Dan untuk warga sekitar yang ditemui ada juga yang memakai pakaian khas.

Selain itu masih banyak destinasi wisata lain yang serupa dengan di luar negeri, seperti Telaga Tarusan Kamang di Agam, Telaga Dewi di Gunung Singgalang Kabupaten Agam, Ngarai Simarosok di Baso Kabupaten Agam, Ngarai Pangian di Lintau Kabupaten Tanah Datar, Geopark Silokek di Nagari Silokek, Kabupaten Sijunjung, Kebun Teh di Alahan Panjang, Kabupaten Solok Selatan, Air Terjun Lembah Anai, dll. []

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button