Berita Wisata

Destinasi Wisata Instagramable Air Terjun Bengkwah di Pemalang

Destinasi Wisata Air Terjun Bengkwah – Meski berada di pesisir pantai utara (Pantura), Kabupaten Pemalang masih mempertahankan suasana alam pegunungan di bagian selatannya. Apalagi bagi para traveler yang menyukai wisata air terjun, banyak air terjun di Pemalang yang menarik untuk dikunjungi. Curug Bengkwah adalah salah satu air terjun yang paling terkenal.

Bagi Anda yang sangat menyukai wisata alam, mengunjungi Curug Bengkwah bisa menjadi ide yang baik selama Anda berlibur di Pemalang. Lokasinya di Karangmulyo, Sikasur, Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Mengenai rute, tempat wisata, harga tiket dan fasilitas, baca ulasannya di bawah ini.

Baca juga: 4 Destinasi Wisata di Banda Aceh Paling Terkenal, Yuk Kita Intip!

Objek Wisata Air Terjun Pemalang Bengkawa

Air Terjun Bengkawa

Air terjun Bengkwah merupakan salah satu potensi utama desa wisata Sikasur, selain beberapa danau yang indah dan menenangkan. Meski tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20 meter, air terjun ini sangat indah dengan aliran air yang jernih. Dan, jangan pernah kering karena berasal dari mata air pegunungan.

Pemandangannya begitu asri dengan nuansa alam dan cenderung rindang karena areanya yang rimbun dengan pepohonan yang tinggi. Sering disebut Air Terjun Kembar karena struktur tebingnya memungkinkan air yang jatuh terbelah menjadi dua atau tiga aliran air, sebelum jatuh membanjiri kolam alami di dasarnya.

Aliran utama air terjun atau Curug Bengkwah Pemalang ini berasal dari Sungai Kluweh. Aliran air sangat penting pada musim hujan dan ketika musim kemarau tiba air terus mengalir hanya saja debitnya berkurang. Air terjun ini indah setiap saat berkat panorama eksotis yang didominasi oleh hutan.

Sedangkan di dasar air terjun terdapat genangan air yang dalam, mencapai tiga meter. Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan air terjun. Pengelola kawasan wisata ini telah memberikan pembatas berupa tali sebagai pembatas pengaman. Jadi cobalah untuk tidak berlebihan.

Menariknya, selain popularitasnya sebagai tempat wisata, wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas menarik di Air Terjun Bengkwah Sikasur. Bermain air dan berenang di sungai atau sekedar bersantai dan menikmati suasana. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa mencoba wisata arung jeram ke bumi perkemahan.

Bagi traveler yang suka fotografi dan selfie, mencari spot foto Instagrammable itu mudah. Simbolnya tentu saja untuk berfoto dengan latar belakang air terjun. Memperluas penjelajahan tempat wisata ini juga merupakan ide yang bagus. Tidak jauh dari lokasi air terjun juga terdapat mata air yang sangat jernih dan sejuk.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Sikasur adalah di pagi hari. Selain pemandangannya lebih bagus, udaranya juga lebih sejuk, dan tidak terlalu banyak turis. Jika Anda memiliki durasi liburan yang panjang, jelajahi tempat wisata lain di Desa Wisata Sikasur. Danau Silat adalah salah satunya.

Rute lokasi air terjun Bengkwah di Sikasur

Secara administratif, objek wisata Curug Bengkwah terletak di Jalan Sikasur – Simpur, Karangmulyo, Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 33 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Pemalang ke arah selatan. Memanfaatkan Sebuah peta.

Rute dari Pemalang ke Curug Bengkwah relatif mudah, mobil dan motor bisa menjangkau tempat parkir kendaraan di tempat-tempat wisata. Dari Pemalang Anda bisa menggunakan jalan melalui Jalan Pemalang-Bantarbolang menuju Jalan Bantar Bolang, terus ke Jalan Pemalang-Purbalingga hingga tiba di lokasi.

Fasilitas wisata dan harga tiket masuk

Meski belum sepenuhnya lengkap dan memadai, fasilitas wisata di Curug Bengkwah Pemalang cukup beragam. Akses jalan dapat ditempuh dengan mobil dan sepeda motor menuju tempat parkir. Jarak dari tempat parkir ke air terjun cukup dekat, sekitar 10 menit jalan kaki. Di area tersebut sudah ada mushola dan flush atau toilet.

Fasilitas lainnya termasuk warung makan dan minum. Selain itu, fasilitas penunjang kegiatan wisata berupa wisata arung jeram. Biaya per orang kira-kira. Rp 250.000 termasuk berkemah, makan, minum dan hiburan. Harga tiket masuk Air Terjun Bengkwah adalah Rp 5.000. Parkir dimulai Rp 3.000Rp 5.000.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button