Berita Wisata

Destinasi wisata menarik di kampung halaman pahlawan nasional

IHRAM.CO.ID,JAKARTA — Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, tidak ada salahnya untuk mengenal para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa. Sejumlah daerah tempat mereka dilahirkan juga memiliki berbagai tempat wisata.

Lokasi tempat kelahiran sejumlah pahlawan nasional ini bisa menjadi destinasi wisata melawan arus yang layak jalan memutar. Berikut lima rekomendasi tempat wisata yang bisa dieksplor untuk berlibur oleh penyedia jasa travel Pegipegi.

Tempat Lahir Soekarno dan Bung Tomo

Soekarno dan Bung Tomo lahir di Surabaya, Jawa Timur. Di Kota Pahlawan terdapat Tugu Pahlawan dan Museum 10 November yang menyimpan foto-foto bersejarah, senjata curian, dan artefak dari Pertempuran Surabaya.

Kawasan Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menjadi saksi bisu robeknya warna biru bendera Belanda menjadi bendera merah putih. Rekomendasi lainnya antara lain Hutan Bambu Keputih, Pantai Kenjeran, Kampung Arab, Pura Sanggar Agung, Ekowisata Mangrove, dan Jalan Kembang Jepun.

Tempat Lahir Bung Hatta

Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat. Pelancong bisa menelusuri kehidupannya dengan berjalan kaki ke tempat kelahiran Bung Hatta, tidak jauh dari Jam Gadang.

Di Bukittinggi, wisatawan juga dapat menjelajahi Hole Japan, Ngarai Sianok, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, atau Fort de Kock yang sejak tahun 2002 disulap menjadi Taman Kota Bukittinggi dan Taman Burung Tropis. Pasar Ateh juga bisa dikunjungi untuk berbelanja atau mencicipi masakan khas.

Tempat Lahir Ki Hajar Dewantara dan Ahmad Dahlan

Yogyakarta adalah tempat lahirnya banyak pahlawan nasional, seperti Ki Hajar Dewantara, Pangeran Diponegoro, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, hingga Ahmad Dahlan. Kawasan ini memiliki warisan sejarah, budaya dan wisata alam yang mempesona.

Wisatawan dapat mengunjungi Museum Ullen Sentalu dengan arsitektur kuno bergaya Eropa atau melihat matahari terbit dan terbenam serta kerlap-kerlip bintang di malam hari di tebing Breksi. Juga ada Perbukitan Isis Kulon Progo, Pemandangan Laut HeHa, Lereng Kali Kuning Gunung Merapi, Hutan Pinus Pengger, Jalan Malioboro, Puncak Widosari, Pantai Samas, Benteng Vredeburg, Tugu Yogyakarta dan Kotagede.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button