Berita Wisata

Destinasi Wisata Sawah Desa Sumedang Kaduwulung Memicu Kearifan Lokal

INISUMEDANG.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Kaduwulung, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat berupaya melestarikan kearifan lokal yang salah satunya hadir melalui sektor pariwisata Sawah.

Kepala Desa Kaduwulung Ahmad Widodo mengatakan desa wisata Sawah ini berupaya menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal dalam mengimplementasikan konsep pariwisata.

Hal ini juga didukung oleh bentangan alam yang asri dan asri serta pemandangan pegunungan yang anggun dengan persawahan yang asri, yang seharusnya menarik perhatian wisatawan yang datang berkunjung.

Selain itu, kata Ahmad, tim KB Desa Kaduwulung aktif membantu masyarakat dan pemerintah Desa Kaduwulung untuk mengembangkan pariwisatanya.

“Untuk memperkuat kearifan lokal di desa wisata ini,
tim Bumdes juga akan terlibat dalam mengelola program penguatan produk wisata masyarakat di Sawah dengan menyusun itinerary wisata yang diikuti dengan peningkatan kualitas produk kuliner serta strategi komunikasi dan pemasaran digital,” kata Ahmad kepada IniSumedang.Com, Kamis, 5 Januari 2018. , 2023.

Selain itu, lanjut Ahmad, desa wisata Sawah ini juga dilengkapi dengan narasi nilai dan kearifan lokal Kaduwulung untuk menghadirkan pengalaman wisata yang lebih optimal dan mendidik.

“Wisata Sawah di Dusun Batugulung diperkenalkan ke publik pada 1 Januari 2023.
Puluhan warga sekitar, komunitas wisata yang hadir tampak sangat antusias mengikuti peluncuran wisata sawah tersebut,” ujarnya.

“Field trip ini akan menyenangkan, kondusif untuk bersilaturahmi bersama keluarga, kerabat atau sahabat,” kata Kades Widodo

Selain itu, kata dia, tiket masuk ke tempat wisata persawahan ini murah, yakni hanya Rp 5.000.

“Hanya 5.000 wisatawan yang bisa menikmati pemandangan indah di wisata persawahan ini,” kata kepala desa.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button