Berita Wisata

Detak Banten – Pokdarwis dan DPRD Provinsi Banten menanam ribuan pohon di tepi Danau Cigaru

Detakbanten.com, TANGERANG — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) melaksanakan program penanaman sejuta pohon. Kegiatan penanaman pohon tersebut dilakukan di Destinasi Wisata Telaga Biru (Cigaru), Desa Cisoka, Kecamatan Cisoma, Kabupaten Tangerang pada Kamis (12/1/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Indah Rusmiati, anggota DPRD dari Fraksi PDIP Provinsi Banten, Nanang Charoni, Kabid Pariwisata Disporabudpar Kabupaten Tangerang, H.Heri Zhi, perwakilan dari Insan Pariwisata Indonesia (IPI), Prianto Indra , Ketua Pokdarwis Kabupaten Tangerang, PHRI, Binamas Polsek Cisoka, Babinsa Koramil 13/Cisoka, anggota Pokdarwis Ds.Cisoka dan tokoh masyarakat setempat.

Tak kurang dari 3.000 spesies pohon telah ditanam di lokasi Telaga Biru Cigaru, yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam di sekitar Telaga Biru.

Indah Rusmiati anggota komisi 3 DPRD Provinsi Banten dari Fraksi PDIP mengatakan bahwa penanaman pohon ini merupakan bentuk kesadaran kita untuk menjaga alam, apalagi udara yang kita hirup tidak lepas dari bagian C’O² dari oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan di sekitar kita.

“Inilah yang harus kita jaga dan lestarikan, kita hanya menanam satu pohon per orang untuk menjaga habitat alaminya, dan perlu kesadaran kita untuk melakukannya, sekecil apapun hal yang kita lakukan akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kelangsungan hidup dan alam.’ dan sumber daya manusia. “, kata Indah.

Indah mengatakan destinasi wisata telaga biru ini memang sempat terimbas pandemi yang melanda, kini kita dibangkitkan agar telaga Cigaru bisa menjadi tolak ukur destinasi wisata lokal dan nasional.

“Saya yakin meski berjalan lambat, Insya Allah Telaga Biru akan pulih dan ramai kembali, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak ekonomi dan berkontribusi terhadap pendapatan daerah.

Indah berharap mulai tahun ini ke depan bersama DPRD serta pemerintah kabupaten dan provinsi Tangerang, program yang ada membawa perubahan signifikan bagi Danau Cigaru.

“Saya sangat bangga dan sangat senang hari ini, mungkin 3 atau 4 tahun lagi, ketika saya datang ke sini, perubahan dapat dirasakan oleh masyarakat setempat dan pemerintah daerah bahwa Telaga Biru Cigaru dapat menjadi ikon tujuan wisata, kebanggaan. Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Dia mengatakan, pandemi memang berdampak besar pada kehidupan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. namun dia percaya bahwa Allah memiliki rencana yang besar dan indah untuk kita, untuk bangsa Indonesia yang kita cintai.

“Jadi kita masih harus semangat dan bangkit, apalagi keberadaan rekan-rekan dari Kelompok Sadar Wisata masih heboh, dan pastinya Telaga Cigaru akan terlahir kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, Nanang Chaeroni, Kabid Pariwisata Kabupaten Tangerang menambahkan, pihaknya sangat bangga dengan kehadiran anggota dewan dari Provinsi Banten yang melakukan kunjungan bahkan ikut memberikan perhatian khusus pada kebangkitan wisata telaga biru.

“Kunjungan ke Telaga Biru ini bukan tanggung jawab pemerintah daerah atau Kabupaten Cisoka saja, melainkan tanggung jawab kita semua untuk bisa bangkit sehingga pemulihan ekonomi masyarakat sekitar dapat terwujud,” ujar Nanang.

Pemkab Tangerang melalui Disporabudpar akan terus mendata potensi wisata alam, salah satunya Telaga Cigaru.

“Alhamdulillah, hari ini ada kunjungan dari DPRD Provinsi Banten yang telah melakukan penanaman pohon, ini bukti nyata kepedulian mereka terhadap destinasi wisata alam di Kabupaten Tangerang yang saat ini berada di Danau Cigaru,” imbuhnya.

Dikatakannya, dengan menghidupkan bersama, kita bisa bersinergi agar Danau Cigaru kembali menjadi destinasi kebanggaan masyarakat Cisoka. (Hari/Han).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button