Berita Wisata

Di awal tahun, Desa Wisata Bulukerto diresmikan kembali

MEMOX.CO.ID – Kurang maksimalnya pemanfaatan potensi destinasi wisata di Desa Bulukerto Kota Batu akan segera berbuah di tahun ini dengan memanfaatkan kawasan wisata alam sebagai tempat wisatawan menyegarkan diri setelah menghadapi rutinitas sehari-hari. Memang desa yang terletak di kecamatan Bumiaji ini memiliki ide untuk segera memaksimalkan fasilitas yang ada agar bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Kepala Desa Bulukerto Suhermawan mengatakan, pihaknya saat ini tengah merancang tim wisata yang merupakan salah satu lembaga pariwisata desa tersebut. “Kita akan menggunakan unit eksisting dari fasilitas yang ada suplai lama. Konsep wisata kita view dari Gunung Pucung sampai Bukit Jengkoang,” ujarnya Rabu (1/11/2023) lalu.

Selain itu, armada yang disiapkan saat ini meliputi 8 unit mobil off-road, 8 unit sepeda track kecil, 2 unit sepeda track besar, 6 unit sepeda motor ATV, dan 10 unit sepeda gunung. Ditambah dengan sewa paket wisata desa dengan biaya sekitar 250-500.000 per orang dengan fasilitas lengkap.

Pengembangan destinasi wisata di Desa Bulukerto ini bertujuan untuk meningkatkan PADes (Pendapatan Asli Desa) yang ditargetkan sebesar Rp200 juta tahun ini. Mengingat, selama 5 tahun terakhir PADes di Desa Bulukerto stagnan di kisaran Rp 87 juta.

Pria yang akrab disapa Mawan ini mengaku masih merupakan mobil off-road yang sudah berjalan selama sebulan. “Hanya saja, kami juga sedang melakukan pengaturan untuk mengelola kontribusi ke desa terkait pengaturan tiket dan biaya. Untuk armada selain mobil off-road, akan segera menyusul setelah semua persiapan selesai,” katanya. (penggaris)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button