Tempat Wisata

Di Pantai Tanjung Baru, nikmati indahnya matahari terbenam sambil menikmati kuliner di Karawang

Di Pantai Tanjung Baru, nikmati indahnya matahari terbenam sambil menikmati kuliner di Karawang
harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Pasirjaya Kec. Cilamaya, Cab.Karawang, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Liburan penting untuk menyegarkan pikiran. Pilihan yang tepat untuk itu adalah wisata alam, misalnya di pantai. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa hal penting tentang Pantai Tanjung Baru yang terletak di salah satu wisata Karawang di Jawa Barat. Tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat di salah satu kabupaten padat penduduk ini.

Pantai menjadi salah satu tempat liburan terindah karena pesona alamnya yang indah dan tidak membosankan. Jangan berharap pemandangan hijau saat berada di pinggir pantai, karena hampir semua panorama berbentuk air laut. Namun suasananya tidak kalah dengan wisata alam di pegunungan.

Kabupaten Karawang berada di jalur Pantura, artinya pantai yang kita bicarakan kali ini berada di utara, bukan di selatan seperti Parangtritis. Dari segi kejernihan air, pantai-pantai di utara Jawa memang tidak sejernih pantai di selatan. Maka dari itu, tak heran jika kunjungan Anda jauh melampaui ekspektasi.

Daya tarik Pantai Tanjung Baru

Objek wisata pantai Tanjung BaruFoto oleh Indra Pradana di Google Maps

Bagi Anda yang membayangkan liburan di pantai hijau tosca atau airnya yang jernih dengan dasar yang jernih, Pantai Tanjung Baru tidak menawarkan pemandangan itu. Meski demikian, masih banyak hal menarik lainnya yang membuat tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama pada hari-hari libur tertentu.

✦ Pemandangan alam pantai Tanjung Baru

Meski airnya tidak jernih seperti pantai lainnya, namun keindahan alamnya tetap terlihat. Pantainya yang landai dengan lebar yang cukup menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung yang datang ke pantai ini langsung disambut dengan air laut yang pasti datang karena terbawa angin.

Dari kejauhan terlihat jelas deburan ombak yang saling berkejaran hingga ke tepian. Pemandangan ini biasa terjadi di pantai, namun saat Anda berkunjung ke Pantai Tanjung Baru ada sedikit perbedaan. Karena pantainya yang landai, ombaknya terlihat begitu bagus dan tenang hingga menyentuh bibir pantai.

✦ Pantai datar

Bagi warga Karawang, mengunjungi salah satu pantai Kawasan Kabupaten ini merupakan suatu keharusan untuk mengisi musim liburan. Sekadar bermain air atau berenang menjadi salah satu alternatif yang sering dilakukan. Pasalnya, pantai sederhana ini tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk berenang.

Ombaknya juga tenang dan tidak terlalu besar, jadi bisa dibilang aman. Namun tentunya demi keamanan, Anda harus berhati-hati. Seperti yang sudah disebutkan, kondisi airnya tidak jernih, bisa dibilang keruh. Meski begitu, tidak mengurangi keseruan bermain air atau berenang di pantai.

✦ Konservasi hutan bakau

Ada alasan mengapa air di Pantai Tanjung Baru keruh dan jauh dari jernih. Dulunya pantai ini merupakan tempat tumbuhnya pohon bakau. Seperti diketahui, keberadaan tumbuhan tersebut sangat penting untuk menahan abrasi, sehingga air laut atau ombak tidak sampai ke daratan.

Demi alasan pariwisata, tempat tersebut kemudian dibebaskan dari hutan bakau. Sebaliknya, terdapat shelter mangrove tak jauh dari lokasi. Pengunjung yang ingin bermalas-malasan di pantai bisa mengunjungi cagar alam. Atraksi ini adalah pemandangan indah lainnya untuk ditonton.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung BaruFoto Pei Pei di Google Maps

Bagi anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Pantai Tanjung Baru, silahkan datang ke Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Karawang sekitar 45 kilometer. Dengan kendaraan bermotor Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja.

Ada banyak rute tergantung dari mana Anda berasal. Jika Anda dari Subang, silakan ambil jalur menuju pertigaan Cikalong Jatisari. Setelah melewati Pasar Cilamaya, silakan belok kiri hingga mencapai Tempuran.

Dari sana Anda akan menemukan tanda yang mengarah ke pantai. Terus belok kanan dan berhenti di Kantor Desa Pasir Jaya. Di sana Anda bisa membeli tiket kawasan wisata. Perjalanan Anda mungkin akan terganggu sekitar 2 kilometer sebelum memasuki tempat wisata yang jalannya kurang bagus.

Biaya masuk dan jam buka

Selain akses jalan di depan Pantai Tanjung Baru yang kurang bagus, penyebab lain sepinya pengunjung adalah banyaknya pungutan liar. Harga tiket sebenarnya tidak dihitung per orang, melainkan per kendaraan yang masuk. Di akhir pekan kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah jika datang menggunakan sepeda motor.

Siapa pun yang datang dengan mobil kini hanya perlu membayar 20.000 rupiah untuk tiket masuk. Biaya ini sudah termasuk tiket parkir dengan area yang luas dan aman. Pada hari-hari aktif terkadang tidak perlu membeli tiket karena tidak ada petugas yang bertugas. Pastikan Anda membeli tiketnya di tempat yang resmi agar tidak terjadi perbedaan harga yang dapat merugikan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai Tanjung BaruFoto oleh Kasta Atoy di Google Maps

Di tempat-tempat wisata, Anda selalu menantikan aktivitas seru yang bisa dilakukan. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang berkunjung ke Pantai Tanjung Baru. Meski pemandangannya tidak terlalu bagus dibandingkan tempat lain, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

1. Berenang di Pantai Tanjung Baru

Tentunya ketika Anda berkunjung ke pantai, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah berenang. Kegiatan ini terkesan wajib karena menyenangkan. Apalagi saat ini pantainya cukup landai dan datar. Ombak di sini juga tidak terlalu besar, berbeda dengan pantai-pantai di selatan Jawa.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati. Disarankan menggunakan pelampung atau simpai yang bisa disewa di beberapa lokasi. Hal ini juga berlaku jika Anda memiliki kemampuan berenang yang baik. Angin kencang dapat menimbulkan gelombang tinggi, meski jarang terjadi.

2. Menikmati pemandangan alam khas pantai

Jika Anda malas berenang atau beraktivitas lainnya, menikmati pemandangan mungkin bisa menjadi pilihan. Sejauh mata memandang ke arah laut Anda akan menemukan air dengan deburan ombak yang terlihat cukup bagus dari kejauhan. Di sisi lain, pemandangan indah hutan bakau juga tidak boleh Anda lewatkan.

3. Menyaksikan indahnya matahari terbenam

Keunggulan Pantai Tanjung Baru adalah lokasinya yang sangat cocok untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam. Karena orientasinya ke barat, pemandangan matahari terbenam tidak terhalang. Sinar matahari perlahan berubah warna menjadi jingga yang sesekali terpantul saat terkena air laut, sebuah pemandangan unik yang jarang terjadi.

Perlahan tapi pasti, posisi matahari tenggelam hingga menyentuh fatamorgana, atau garis batas antara air laut dan langit. Pemandangan ini selalu dinantikan wisatawan karena sangat eksotis. Apalagi jika terdapat gumpalan awan yang sebagian besar menembus cahaya dan menimbulkan warna berbeda.

4. Wisata Kuliner

Di Pantai Tanjung Baru banyak terdapat warung yang menyediakan berbagai macam kuliner. Beberapa di antaranya tutup karena sepi pengunjung. Namun, Anda bisa mengunjungi warung-warung yang masih buka yang sebagian besar menjual makanan laut. Biasanya Anda bisa menikmati hidangan ikan bakar hasil tangkapan nelayan.

Selain makanan juga tersedia berbagai macam minuman, ada minuman panas jika merasa kedinginan setelah bermain air, dan ada juga minuman dingin yang mungkin diperlukan karena cuaca sedang panas. Tersedia juga varian snack, semua harga masih terjangkau.

5. Keliling pantai dengan perahu

Pernahkah Anda merasa ingin naik perahu? Jika belum, maka jangan lewatkan kesempatan dengan mengunjungi Pantai Tanjung Baru. Para nelayan di sana tidak hanya menangkap ikan, tapi juga menyewakan perahu untuk wisatawan. Wisata pantai ini memungkinkan Anda berkeliling bersama nahkoda nelayan.

Umumnya pengunjung yang menyewa perahu diajak menuju hutan bakau atau mangrove. Selain menikmati keindahan alam pantai, wisata perahu juga cocok untuk menikmati segarnya udara khas pantai. Jangan khawatir dengan perahu yang Anda gunakan karena sudah dilengkapi atap agar tidak kepanasan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Aktivitas menarik di Pantai Tanjung BaruFoto oleh Engkos Kosasih di Google Maps

Meski kurang terawat, Pantai Tanjung Baru dinilai memadai dari segi fasilitas. Anda bisa memanfaatkan tempat parkir luas yang sudah termasuk tiket masuk sehingga tidak perlu membayar lagi. Terdapat juga toilet yang bisa digunakan untuk buang air besar atau ganti baju.

Beberapa toko masak di lokasi tidak hanya menyediakan makanan dan minuman, tapi biasanya juga menawarkan tempat ganti baju khusus. Kalaupun ada toilet, tidak menutup kemungkinan terjadi antrian karena penuh. Tak jauh dari lokasi pantai terdapat musala yang siap digunakan kapan saja.

Jika Anda lelah dan ingin istirahat sejenak, Anda bisa menggunakan pendopo. Jika tidak, Anda bisa menggunakan bangku yang tersedia meski tidak banyak. Fasilitas lain yang bisa Anda gunakan antara lain persewaan ban dan pelampung. Bisa juga dikatakan bahwa sewa perahu merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan liburan dan menjadikannya lebih seru.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum mengunjungi Pantai Tanjung Baru di Karawang. Dari ulasan yang kami berikan di atas, terlihat jelas bahwa objek wisata alam ini masih layak untuk dikunjungi untuk mengisi musim liburan. Tidak harus mahal untuk bersenang-senang, tiket masuk yang terjangkau saja sudah cukup untuk menikmati liburan seru di pantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button