Tempat Wisata

Di Pulau Putri, nikmati pemandangan unik dengan bebatuan granit yang menciptakan panorama alam Bangka yang menakjubkan

Pulau Putri di Bangka merupakan destinasi pantai terkenal yang menghadap ke batu-batu granit besar di ujung utara Pulau Bangka. Pemandangan unik dengan bebatuan granit yang menjulang tinggi menciptakan panorama alam yang menakjubkan dan berbeda.

Biaya tur: Mulai dari Rp 25.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Belinyu, Kab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; Map: Periksa lokasinya

Pantai Pulau Putri terkenal dengan pemandangan unik dengan bongkahan batu granit besar di ujung utara Pulau Bangka. Begitu sampai, Anda akan disuguhi pemandangan unik dan indah yang serasa di negeri dongeng. Selain itu panoramanya dipercantik dengan pantai, langit biru serta tanaman dan pepohonan yang tumbuh indah disekitarnya.

Meski memiliki keindahan alam yang memukau, pulau ini dijuluki “Pulau Hantu” karena tidak berpenghuni. Tidak perlu takut karena pantai ini sudah dikenal sejak lama dan menjadi tempat wisata alam yang populer sehingga banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menghabiskan waktu. Berikut beberapa hal menarik tentang Pulau Putri yang patut Anda ketahui sebelum berkunjung.

Objek wisata yang ditawarkan Pulau Putri

Daya Tarik Pulau PutriFoto: Twitter/Bambang Prayitno

Pesona alam yang eksotis

Tersembunyi di balik keindahan Negeri Serumpun Sebalai, Pulau Putri di Bangka berkilau bak permata menjanjikan petualangan wisata bahari tak terlupakan di antara harta terpendam Indonesia. Daya tarik terbesarnya terletak pada pasir putih halusnya yang berpadu sempurna dengan laut yang tenang dan biru jernih.

Meski kecil, Pulau Putri merupakan mahakarya alam dengan pesona mempesona yang menyaingi keindahan pulau-pulau megah lainnya di Kepulauan Bangka-Belitung bagai berlian yang bersinar di antara batu-batu berharga.

Selain itu, pulau ini juga memiliki rimbunnya hutan pohon Mentigi yang berdiri megah di tengah pulau, menambah keunikan dan keindahan alamnya. Kini pantai ini dipenuhi bongkahan batu granit dengan berbagai ukuran, dari yang kecil, sedang, hingga besar. Inilah keistimewaan Pantai Bangka Belitung. Pulau ini juga ditumbuhi pohon sapu di sepanjang pantainya.

Dengan cara ini, pantai tampak subur dan artistik. Tak heran jika pulau ini ramai dikunjungi pada hari libur dan akhir pekan. Pengunjungnya berasal dari berbagai daerah, mulai dari dalam hingga luar daerah. Selain daratan, pesona alam bawah laut pun tak kalah indahnya, dimana Anda bisa menyaksikan berbagai terumbu karang yang indah.

Juga dikenal sebagai Pulau Hantu

Menurut warga Belinyu, awalnya pulau ini dikenal dengan nama Pulau Antu atau Pulau Hantu karena tidak dihuni oleh siapa pun. Namun seiring berjalannya waktu dan karena keindahan alamnya, nama pulau ini diubah menjadi Pulau Putri. Keindahan pulau ini sering disamakan dengan keanggunan dan kecantikan seorang putri.

Rahasia di balik namanya

Sebenarnya pulau ini seindah namanya yaitu “Putri”, namun ternyata pulau ini mempunyai sejarah yang cukup tragis. Ketua Kompala Ari Darmansyah beberapa waktu lalu menduga, nama Pulau Putri beberapa kali diduga berasal dari kemunculan seorang perempuan di pulau tersebut.

Memang tidak semua orang pernah melihatnya, namun ada beberapa pengunjung yang pernah melihatnya. Bahkan belakangan ini banyak pengunjung yang mengalami kesurupan saat berkemah. Pengunjung tersebut pun mengaku melihat sosok wanita tersebut. Meski demikian, belum pernah terjadi kasus kerasukan wisatawan di pulau eksotik ini, kata Ari.

Pergerakan Pengawal Putri

Popularitas Pulau Putri di Bangka sebagai destinasi wisata merupakan fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi warga. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan, apalagi situs ini banyak dikunjungi oleh pengunjung lokal maupun mancanegara. Kini Kompala aktif melindungi pulau tersebut dengan program keberlanjutannya yang disebut Gerakan Penjaga Putri.

Gerakan ini dilakukan dengan membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan pengunjung. Menariknya, gerakan penggusuran Pompong Ti yang terapung ini awalnya dilakukan dengan mencuci pasir timah di perairan tersebut. Hal ini dilakukan karena warga khawatir terhadap terumbu karang dan ikan hidup.

Transplantasi karang

Seiring berjalannya waktu, Kompala berusaha membuat karang buatan. Kini program tersebut telah membuahkan hasil. Karangnya tumbuh dengan baik. Namun, harus berhati-hati agar tidak merusaknya. Kompala kemudian melakukan kegiatan pembersihan sampah yang ditinggalkan pengunjung untuk menjamin kebersihan lingkungan.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau Putri BangkaFoto: Twitter/backpacker Indonesia

Apakah Anda ingin mengunjungi Pulau Putri? Agar berhasil mencapai tujuan Anda, Anda perlu mengetahui lokasi pulau tersebut. Lokasinya di Desa Penyusuk Kel. Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Cab.Bangka, Pulau Bangka. Dari Bandara Depati Amir atau kota Pangkalpinang waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 2 jam karena jarak tempuh sekitar 88,9 km.

Untuk mencapai kota Sungailiat, perjalanan hanya membutuhkan waktu 41 menit. Anda bisa menggunakan berbagai alat transportasi, baik roda dua maupun roda empat. Sepanjang perjalanan Anda akan melewati beberapa desa di Kabupaten Bangka dengan pemandangan Bukit Maras yang dikenal sebagai bukit tertinggi di Pulau Bangka.

Setelah sampai di Kecamatan Belinyu, Anda bisa langsung berpindah ke Pantai Penyusuk. Perjalanan memang akan terasa melelahkan, namun rasa lelah itu akan terbayar ketika melihat keindahan pulau tersebut. Anda bisa menyeberang pantai dengan menyewa perahu nelayan selama 10-15 menit. Tarif menuju Pulau Putri Bangka adalah Rp 25.000 hingga 30.000 per orang.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Putri BangkaFoto: Twitter/Tuan Z

1. Piknik dan nikmati keindahan pantai

Tentunya sesampainya di Pulau Putri Anda akan dibuat terkesima dengan keindahannya. Setelah perjalanan yang melelahkan, Anda bisa bersantai di atas pasir atau bebatuan dan menikmati keindahannya. Pastinya rasa lelah akan langsung hilang. Tak heran jika sebagian besar pengunjung datang ke sini untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota.

2. Menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit di Pulau Putri

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Pulau Putri adalah menyaksikan indahnya matahari terbenam dan matahari terbit. Anda bisa datang pada pagi hari menjelang matahari terbit untuk menyaksikan fenomena alam tersebut. Kemudian Anda bisa pulang pada sore hari setelah matahari terbenam.

3. Berkemah

Apakah Anda ingin tinggal di pulau yang indah ini? Di sini anda dapat menghabiskan waktu liburan anda dengan bermalam. Untuk berkemah, Anda bisa mendirikan tenda di sekitar pantai. Dalam hal ini, sebaiknya Anda membawa perlengkapan berkemah dari rumah. Mulai dari perlengkapan tidur, makanan dan minuman, pakaian hingga obat-obatan.

4. Snorkeling dan menyelam

Tempat wisata alam yang satu ini terkenal memiliki panorama bawah laut yang sangat menawan. Jadi sayang sekali jika dilewatkan. Snorkeling dan menyelam memungkinkan Anda mengagumi keindahan terumbu karang dan merasakan kehidupan laut. Aktivitas liburan pun akan terasa semakin seru dan berkesan.

5. Berlayar mengelilingi pulau

Untuk menikmati keindahan Pulau Putri dengan perasaan berbeda, Anda bisa berlayar dengan perahu mengelilingi Pulau Putri di Bangka. Selain itu, wisatawan juga bisa mengagumi keindahan Pulau Lampu di dekatnya. Perlu diketahui bahwa pulau ini identik dengan mercusuar sebagai landmarknya. Oleh karena itu pulau tersebut dinamakan Pulau Lampu.

6. Ambil foto sebanyak yang Anda mau

Soal spot foto, Pulau Putri tidak perlu diragukan lagi karena setiap sudutnya menawarkan keindahan tersendiri. Anda bisa mengabadikan momen bersama rombongan anggota keluarga atau teman dengan berfoto dengan latar belakang pantai. Selain itu, pulau ini juga menawarkan berbagai objek menarik lainnya yang bisa dijadikan bahan fotografi.

Tidak ada habisnya membicarakan keindahan dan keunikan Pantai Putri. Meski dulunya pulau ini ditakuti oleh penduduk setempat, kini pulau ini populer di kalangan pengunjung karena panoramanya yang tidak ditawarkan pulau lain. Sangat disarankan untuk berkunjung bersama teman, keluarga, anak atau pasangan untuk mengakhiri liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button