Berita Wisata

Di tangan Gubernur Ansar, Jalan Merdeka Tanjungpinang disulap menjadi Malioboro

Metrobatam.com|Tanjungpinang – Upaya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk merevitalisasi kota tua Jalan Merdeka Tanjungpinang pada tahun 2022 kini membuahkan hasil. Kota tua kini jauh lebih memesona, mempesona, dan Instagrammable.

Adapun perbaikan dan perindahan kota tua Jalan Merdeka Tanjungpinang ini sudah menjadi program strategis Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad sejak dilantik.

Tampilan kota tua Jalan Merdeka Tanjungpinang kini telah berhasil disulap oleh Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menjadi begitu indah, terkesan estetik dan heritage, serta layak menjadi tujuan wisata masyarakat kota Tanjungpinang. .

“Alhamdulillah walaupun belum sempurna, karena kita lakukan secara bertahap. Namun dengan hasil yang kita capai selama ini cukup membuat orang senang. Tempat dimana orang bisa foto-foto dan bersantai. Tanjungpinang saatnya kita benahi. Selain itu ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Siapa lagi yang mau memulai kalau bukan kita,” kata Gubernur Ansar, Jumat (13/1).

Apa yang dikatakan Gubernur tersebut bahkan dapat dilihat oleh keramaian masyarakat yang tidak hanya memanfaatkan kota tua di sepanjang Jalan Merdeka sebagai tempat berbelanja tetapi juga tempat bersantai dengan duduk santai dan ria bersama keluarga atau teman. Masyarakat ramai terlihat menyusuri kota tua, Jalan Merdeka Tanjungpinang, sambil menikmati suasana heritage yang telah tercipta dan merasakan berbagai fasilitas yang ada.

Saat siang berganti malam, lampu warna-warni menghiasinya dengan indah dan membuat kesan kota tua semakin mempesona. Goresan-goresan murni pun tampak terukir dengan hati-hati di sudut dinding ruko di Jalan Merdeka, menambah pesona tersendiri.

Salah seorang pengunjung yang ditemui di Jalan Merdeka, Putra yang terlihat sedang berfoto di Jalan Merdeka Kota Tua Tanjungpinang mengaku tidak percaya dengan tampilan Jalan Merdeka Kota Tua Tanjungpinang saat itu.

“Awalnya saya tidak percaya, seperti kota-kota besar lainnya, tampilannya dibuat eksotis sehingga cocok untuk berfoto. Yang belum tahu, mungkin mengira di Yogyakarta,” kata Putra.

Selain berswafoto di kota tua Tanjungpinang, Putra dan rekan-rekannya juga terlihat duduk santai di salah satu bangku kaki lima yang disediakan.

“Pokoknya Jalan Merdeka sekarang bagus, yang dulu hanya pasar biasa, sekarang menjadi kawasan yang istimewa dan mempesona,” kata Putra.

Tak hanya Putra, Lisa, siswi salah satu sekolah di Tanjungpinang pun mengaku senang karena banyak spot foto Instagramable yang bagus di kota tua, Jalan Merdeka Tanjungpinang saat itu.

“Iya, banyak spot foto yang keren, aku mau fotonya di post di Instagram,” jawab Lisa malu-malu.

Lisa dan teman-temannya juga berharap kedepannya semakin banyak tempat wisata dan spot foto yang bagus untuk semua orang.

Tidak hanya bagi masyarakat yang berkunjung dan menikmati keindahan kota lama, Jalan Merdeka Tanjungpinang, namun revitalisasi kota lama, Jalan Merdeka Tanjungpinang juga membawa berkah bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di sekitar. wilayah.

Salah satu pedagang di kawasan kota lama, Jalan Merdeka Tanjungpinang Eli, mengaku mendapat berkah dari tata letak kawasan kota lama, Jalan Merdeka Tanjungpinang.

“Alhamdulillah ada sedikit perubahan, kadang orang membeli minuman untuk duduk di bangku itu,” kata Eli.

Eli sangat bersyukur kebijakan Pemprov Kepri merevitalisasi kawasan kota tua Jalan Merdeka Tanjungpinang menjadi lebih asri dan menawan, yang mungkin sedikit mendongkrak perekonomiannya.

Bersama dengan indahnya kota tua Jalan Merdeka, Tanjungpinang, diharapkan tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Tanjungpinang dan meningkatkan pariwisata ibu kota provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Nantinya, tidak hanya Jalan Merdeka Kota Tua Tanjungpinang, secara perlahan dan bertahap tempat-tempat lain di Kota Tanjungpinang akan dipercantik.

Hal ini mengingat sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau sudah saatnya Kota Tanjungpinang berbenah dan memperindahnya dari sisi pembangunan.

Tak hanya itu, sebagai komitmen Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, pada 2023 Proyek Revitalisasi Kota Tua akan dilanjutkan kembali. Dari Jalan Tengku Umar sampai perempatan KFC, Gereja Ayam dekat Masjid Raya Tanjungpinang.

(Bersenandung/Bud)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button