Berita Wisata

Dijuluki Negeri 1.000 Gua, Buton Tengah menawarkan berbagai wisata eksotis lainnya

Liputan6.com, Tombol – Banyak yang tidak mengetahui bahwa Buton Tengah (Buteng) ternyata memiliki banyak sekali wisata alam yang indah dan menarik.

Kabupaten Buton Tengah terletak di sebagian Pulau Muna dan Pulau Kabaena kecil. Buteng terdiri dari 7 kecamatan, 10 kecamatan dan 67 desa dengan luas 958,31 km² dan jumlah penduduk 118.907 jiwa per tahun 2020.

Selain wisata bahari, dengan pantainya yang sangat menawan, ternyata Buton Tengah juga dijuluki negeri 1.000 goa karena memiliki banyak goa yang bisa dijadikan tempat wisata ojek.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Kadispar), Belli Harli Tombili mengatakan, sektor pariwisata bisa menjadi sumber devisa terbesar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bahkan berkontribusi pada pendapatan ekspor, penciptaan lapangan kerja, pengembangan bisnis, dan pengembangan infrastruktur negara.

“Pembentukan dan pengembangan kepariwisataan dalam kemajuan daerah meliputi tiga aspek penting yaitu atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Atraksi berarti keunikan dan ciri khas bagi wisatawan untuk tertarik dan mengunjungi lokasi wisata dan wujudnya,” ujar Belli Harli Tombili, Kamis (15/12/2022).

Belli Harli Tombili berharap berbagai event yang diselenggarakan dan peningkatan infrastruktur pendukung pariwisata pada tahun 2022 dapat menjadi tahun kebangkitan pariwisata di Sultra.

“Kami berharap dengan penataan berbagai infrastruktur wisata tahun ini dapat menjadi kebangkitan pariwisata di daerah kami”, jelas Belli Harli Tombili.

Penasaran dengan wisata alam di kabupaten Buton Tengah? Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Buton Tengah:

1. Pantai Mutiara

Pantai berpasir putih bersih ini terletak di desa terpencil Gumanano, salah satu pantai utama Buteng.

Diresmikan untuk umum pada tahun 2015, Pantai Mutiara menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih berpadu dengan warna biru kehijauan laut.Umumnya pengunjung yang datang ke pantai cantik ini mencari tempat terbaik untuk mengagumi sunset.

Presiden Joko Widodo meninjau Pabrik Aspal PT Wika Bitumen, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9/2022). Jokowi mengatakan Buton memiliki potensi 662 juta ton aspal, sehingga dalam dua tahun ke depan Indonesia tidak mengimpor aspal.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button