Berita Wisata

Dinas Pariwisata Provinsi Banten menganggarkan Rp 19 miliar untuk penataan destinasi wisata

Serang (ANTARA) – Badan Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten menganggarkan sekitar Rp 19 miliar dalam APBD 2023 untuk program penataan destinasi wisata di provinsi tersebut.

“Yang kami bantu penataannya adalah kawasan inti destinasi, seperti toilet, pedestrian, gardu pandang dan sejenisnya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi, Kamis, di Serang.

Baca juga: Antisipasi Virus LSD, Peternak Banten Beri Vitamin pada Sapi

Ia mengatakan pengembangan kawasan tujuan wisata inti bertujuan untuk membina pengelolaan destinasi wisata di Banten agar lebih menarik dan banyak dikunjungi wisatawan.

Jika melihat kebutuhannya, seharusnya lebih dari itu. Namun, anggaran kami terbatas,” kata Al Hamidi.

Menurut Al Hamidi, salah satu upaya pengembangan pariwisata di Provinsi Banten adalah pengembangan destinasi wisata, mengingat potensi pariwisata Banten sangat luar biasa.

“Ada sekitar 1.200 objek wisata strategis yang bisa dikembangkan. Dari jumlah tersebut baru 600 yang sudah terdaftar, jadi masih 50% yang belum terlaksana,” ujar Al Hamidi.

Adapun objek wisata tersebut, mulai dari wisata religi atau rangkaian ziarah terkenal hingga ke empat penjuru dunia dan juga wisata alam.

“Banten sangat indah, dan keindahan pantai ini tidak kalah dengan daerah lain. Selain itu, Banten yang berpenduduk 12 juta jiwa, hanya 10% yang berwisata ke Banten akan mampu mendongkrak perekonomian di sekitar objek wisata,” ujarnya. . dikatakan.

Dia mengatakan, Dinas Pariwisata Banten pada 2023 menargetkan sekitar 23 juta wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. “Tahun lalu target kami sekitar 19 juta. Data masih digulung dan tahun ini targetnya 20-23 juta wisatawan,” kata Al Hamidi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dispar Banten menganggarkan Rp 19 miliar untuk penataan destinasi wisata

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button