Berita Wisata

Dinas Pariwisata SBB Maluku Revitalisasi Objek Wisata Air Terjun Negeri Rumahkay

Ambon (ANTARA) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Seram Barat (SBB) Provinsi Maluku merevitalisasi objek wisata air terjun di Negeri Rumahkay, Kabupaten Kairatu pada tahun 2023.

“Ada beberapa lokasi air terjun yaitu Waihetu dan Waisia ​​di desa Rumahkay yang akan kita revitalisasi pada tahun 2023, dengan tujuan meningkatkan fasilitas untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Yani Soukotta, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten SBB, dalam Ambon, Maluku pada Senin. .

Ia mengatakan, revitalisasi dilakukan karena beberapa infrastruktur seperti jembatan dan jalan beton rusak akibat banjir bandang yang melanda Rumahkay pada 2012 lalu.

Baca juga: CFF Dispar adakan pelatihan pengelolaan destinasi wisata

“Bencana alam banjir bandang yang melanda SBB pada tahun 2012 menyebabkan rusaknya fasilitas yang disediakan akibat bencana tersebut. Oleh karena itu, pada tahun anggaran 2023 akan dilakukan tahap revitalisasi berupa perbaikan jalur akses menuju lokasi air terjunnya”, ujarnya.

Yani mengungkapkan, wisata alam air terjun Waisai dan Waihetu merupakan salah satu potensi wisata alam di Pulau Seram.

Berjarak sekitar 500 meter dari Negeri Rumahkay, pengunjung menyusuri sungai dengan tebing hutan di kanan dan kirinya yang menawarkan panorama alam yang indah.

Baca juga: Dispar Morotai Latih Pokdarwis Jaga Kebersihan Objek Wisata

Ketinggian air terjun mencapai 80 meter dengan air yang mengalir deras dari puncak gunung, dan di bagian bawahnya terdapat kolam yang dibentuk oleh lempengan batu dan digunakan pengunjung sebagai tempat rekreasi dan mandi.

“Objek wisata Air Terjun Negeri Rumahkay merupakan salah satu dari sekian banyak tempat yang menjadi tempat wisata unggulan di Kabupaten SBB,” ujarnya.

Yani menambahkan, segala upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten SBB.

“Fasilitas kita memang terbatas, tapi diharapkan pada 2023 dilakukan pengembangan untuk melengkapi objek wisata, disesuaikan dengan kondisi keuangan pemkab,” ujarnya.

Baca juga: Dispar Maluku Perjuangkan Banda Neira Jadi Prioritas Wisata Nasional, Semua Pihak Harus Serius

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button