Tempat Wisata

Dinas Wisata Benculuk: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Dinas Wisata Benculuk: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Apakah Anda penggemar film fantasi Lord of the Rings? Atau film petualangan yang tokohnya berpetualang di tempat lain, seperti hutan dengan pepohonan yang terlihat aneh dan sedikit mistis? Jika jawabannya iya, maka pasti Anda sudah sering bermimpi mengunjungi tempat tersebut lalu berpetualang mencari benda gaib bersama teman-teman Anda.

Kini patut berbahagia karena rasanya bukan lagi sekedar khayalan belaka, namun bisa menjadi kenyataan ketika Anda datang ke Tempat Wisata Biro Benculuk yang terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kantor Benculuk di Banyuwangi dulunya merupakan gedung administrasi perkeretaapian yang sudah tua, namun kini pemerintah seolah mengubah layanan tersebut menjadi tempat wisata menarik dengan pemandangan eksotis.

Kantor yang luasnya kurang lebih 3,8 hektar ini milik Perhutani. Dan masih banyak pepohonan yang tumbuh di hutan ini yang memberikan keteduhan dan membentuk payung hijau alami yang melindungi anda dari teriknya sinar matahari saat anda berkunjung ke tempat ini.

Lagi-lagi pepohonan tampak ditanam atau ditata dengan rapi sehingga semakin menambah keindahannya. Pohon Trembesi yang ada di kawasan ini menciptakan suasana seperti di film fantasi, karena bentuk batang pohonnya yang berbeda-beda dan unik serta menimbulkan kesan magis seperti di film “The Lord of the Rings”.

Selain pohon trembesi, masih ada pohon lain yang menghiasi kawasan ini: pohon jati yang sebagian besar sudah berumur puluhan tahun, tanaman wesah yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit perut, jamur kepong, tanaman santinet yang warnanya kemerahan. Buah-buahan dan buah salak liar yang berbeda dengan salak yang biasa kita makan karena buah salak liar sangat asam dan tidak enak, serta ada juga kelengkeng yang digunakan sebagai penawar banjir.

Yang lebih mengesankan lagi, rumput yang ditanam di kawasan ini berkualitas tinggi, sehingga Anda tidak perlu takut untuk duduk atau bahkan berbaring sambil menikmati semilir angin dan pesona hijau hutan mini di sekitar Anda. Karena tempatnya yang alami namun nyaman, banyak orang yang datang ke Biro Benculuk sekedar untuk berjalan-jalan melepas penat, atau piknik bersama keluarga di bawah pohon yang rindang. Bahkan menjelang Ramadhan, objek wisata ini semakin ramai dikunjungi pengunjung yang ingin nongkrong.

Ada satu hal lagi yang perlu diketahui, jumlah kelelawar di Biro Benculuk cukup banyak. Hewan nokturnal ini tinggal di gedung tua yang dulunya berfungsi sebagai administrasi kereta api dan terkadang keluar pada siang hari untuk mencari makan. Jadi jika Anda mencium bau yang agak tidak sedap, jangan kaget.

Fasilitas di Biro Benculuk

Tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan dan sore hari, karena pihak pengelola objek wisata ini tidak mengurusi pembangunan fasilitas pendukung yang dapat digunakan oleh wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain arung jeram yang bisa Anda nikmati jika ingin merasakan seperti mengikuti arus sungai. Tak perlu khawatir karena arus sungai di tempat ini tidak terlalu kuat dan ekstrim. Tersedia juga musala untuk ibadah gereja, kantin yang menjual berbagai makanan dan minuman, toilet umum, bahkan WiFi bagi anda yang tidak bisa terputus dari internet, belum lagi fasilitas lapangan olah raga yang bisa anda gunakan bersama keluarga atau teman seperti lapangan voli, lapangan basket, dan lapangan tenis. Jika Anda suka memancing, biasanya Anda bisa memancing di sungai yang ada di sana.

Berburu foto di Biro Benculuk

Hutan lindung kecil yang menawarkan pemandangan eksotis berbagai spesies tanaman dan pepohonan yang ditanam di sini menjadikan tempat ini populer bagi para penggemar fotografi. Banyak tempat menarik yang bisa anda jelajahi dengan leluasa, seperti pemandangan pepohonan Trembesi yang mempunyai bentuk pohon yang unik, jalan di kanan kirinya dihiasi pepohonan, juga bisa menjadi area yang bisa dimanfaatkan untuk anda. bisa berfoto bersama teman. atau pasangan.

Berbicara mengenai pasangan, karena panorama Biro Benculuk yang unik, banyak pasangan yang akan menikah memilih tempat ini sebagai lokasi foto prewedding mereka. Selain itu, rimbunnya flora di sini turut menambah suasana asri, sejuk, dan romantis sehingga sangat cocok untuk berfoto bersama pasangan.

Anda juga bisa berfoto di tempat ini sambil melintasi jeram sungai atau mengabadikan momen saat berolahraga bersama teman-teman.

Baca Juga : J88 Jember Hill Tour, Rasakan Nuansa Pemandangan Di Atas Awan

Akses jalan menuju Biro Benculuk

Untuk menuju lokasi dari Biro Benculuk tidaklah sulit karena lokasinya berada di tengah kota dan dapat dengan mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari Banyuwangi, lurus saja ke Srono Benculuk Jawatan (sebelum pertigaan Benculuk menuju Grajakan). Jika dari arah Genteng langsung menuju Jajak hingga Benculuk Jawatan (sebelum pertigaan Benculuk menuju Grajakan). Gerbang Biro berjarak 50 meter dari Jalan Raya Jember-Banyuwangi.

Biaya masuk ke Biro Benculuk

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka kantor Benculuk

  • Buka setiap hari mulai jam 7.30 pagi hingga 6 sore

Tips berlibur di Biro Benculuk

  • Ada baiknya jika Anda membawa bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan lupa membawa kamera
  • Siapkan matras atau alas untuk piknik Anda
  • Awasi anak-anak Anda yang sedang bermain karena tempat ini cukup besar
  • Jangan membuang sampah

Galeri foto pariwisata kantor Benculuk

Dinas Pariwisata Benculuk
Naik sepeda Anda ke kantor Benculuk
Perburuan Foto
Fasilitas sewa di Dakar
Potret kantor kecantikan Benculuk

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button