Berita Wisata

Dinhub Banyumas menyelenggarakan workshop persiapan pengoperasian kapal pesiar Serayu

Workshop Persiapan Pengoperasian Kapal Wisata Sungai Serayu, Selasa (20/12/2022) di RM Pringgading, Purwokerto.

indiebanyumas, banyumas – Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas menggelar workshop persiapan pengoperasian Kapal Wisata Sungai Serayu pada Selasa (20/12/2022) di RM Pringgading, Purwokerto. Agenda tersebut menghadirkan pemangku kepentingan, Pengelola Wisata Bahari, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X dan Dinas Perhubungan Jawa Tengah.

Materi yang disampaikan dalam workshop meliputi proses pembuatan dan perizinan perahu sungai dan danau oleh BPTD Wilayah X Jateng & DIY. Meliputi, memvalidasi gambar kapal sungai dan danau, memvalidasi untuk ditinjau, mengusulkan penggunaan nama kapal sungai dan danau, melakukan pengukuran, dan mendaftarkan atau mendaftarkan kapal sungai dan danau untuk kapal di bawah 7 tonase kotor.

Selain itu, penerbitan panel kebangsaan untuk kapal sungai dan danau (PAS Sungai dan Danau), penerbitan sertifikat jalur muat, penerbitan sertifikat keselamatan dan usulan penerbitan sertifikat kompetensi awak kapal.

Perwakilan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X dan Dinas Perhubungan Jawa Tengah memberikan pemaparan materi workshop.

Pengelolaan kapal wisata Serayu yang optimal

Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perhubungan Banyumas telah menyiapkan pengelolaan kapal wisata yang optimal di Sungai Serayu, salah satunya dengan menata dua kapal wisata di dermaga Tambaknegara, Rawalo.

Kapal pesiar tujuan Sungai Serayu ini berkapasitas 27 orang, terdiri dari 24 penumpang dan 3 awak kapal. Kapal yang diproduksi di galangan kapal Cilacap dan selesai di halte sungai Desa Tambaknegara ini memiliki kursi dan meja penumpang. Berkat fasilitas tersebut, penumpang dapat menikmati makanan selama perjalanan.

Pengukuran Kapal Wisata Serayu oleh Kepala UPTD Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono ST MPA beserta jajarannya.

Nyaman menikmati keindahan Serayu

UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono ST MPA mengatakan, Kapal Wisata Sungai Serayu akan dibangun satu lantai dengan penambahan portable selfie point di bagian atasnya. Di lantai dasar terdapat kokpit, ruang kemudi, dan toilet.

“Di bagian atas ada tempat foto dan selfie, tapi dipakai bergantian,” ujarnya.

Taryono mengatakan, fasilitas yang disediakan oleh kapal wisata tersebut antara lain:
listrik, perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung dan terdapat ruang kemudi terpisah untuk awak kapal. Dengan fasilitas yang lengkap tersebut, wisatawan sebagai penumpang dapat menikmati pemandangan Sungai Serayu yang indah sepanjang malam sambil menikmati minuman dan makanan favoritnya.

“Seperti yang sebelumnya disampaikan Bupati Banyumas yang berharap wisata Sungai Serayu bisa seperti Bangkok, minimal dekat,” kata Taryono.

Untuk pintu masuk jetty Tambaknegara, DPU Kabupaten Banyumas telah menyiapkan masterplan pengembangan zona pemberhentian sungai desa Tambaknegara, termasuk lokasi tempat parkir dan fasilitas pendukung lainnya untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Harapannya ke depan bisa dibangun. Saat ini, kolam tambat kapal telah menyelesaikan pembangunan tahap pertama di Dermaga Tambaknegara.

Perahu wisata sungai Serayu dilihat dari atas.

Acara tahunan di Sungai Serayu

Ketua Himpunan Masyarakat Wisata Serayu, Eddy Wahono menyampaikan pentingnya menjaga kelestarian sungai dengan membentuk perilaku sadar dan peduli. Ia juga menekankan pentingnya mentransformasi kapabilitas dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan ide.

“Tujuannya untuk membentuk inisiatif dan kemampuan berinovasi menuju masyarakat yang mandiri. Kami mengemban misi untuk terus menyelenggarakan event tahunan berupa Festival Serayu dan Lomba Perahu Pasir,” kata Eddy dalam pemaparannya pada workshop di persiapan pengoperasian kapal wisata di Sungai Serayu.

Editor Indiebanyumas

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button