Berita Wisata

Dinporapar Purworejo menyiapkan program akhir tahun dan berupaya mendongkrak kunjungan wisatawan

Dilaporkan oleh Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) terus berupaya menggenjot kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah, jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Beberapa destinasi wisata yang dikelola Dinporapar Kabupaten Purworejo juga sudah mulai dibenahi.

Fasilitas di sekitar destinasi tersebut diperbaiki, utilitas ditingkatkan, dan penambahan alat peraga atau perhiasan diberikan untuk menarik wisatawan lokal dan luar kota.

Seperti yang terlihat di Alun-alun Purworejo. Lebih dari 5 patung akan dipasang di sekitar Alum-alun.

Patung-patung yang menggambarkan benda-benda khas Kabupaten Purworejo, seperti rombongan penari dolalak, kambing Kaligesing etawa, gerobak sapi, durian dan manggis, akan dipasang terpisah di Alun-alun Purworejo bagian barat, utara, dan timur.

Selain itu, patung hewan, lampion, dan area panjat tebing yang bisa dijadikan spot foto juga menyemarakkan wajah baru Alun-alun Purworejo.

Endah Hanarosanti, Kepala Bidang Pemasaran, Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinporapar Kabupaten Purworejo, mengatakan pembaharuan tersebut merupakan salah satu keinginan besar Dinporapar di sektor destinasi pariwisata.

“Tujuannya agar semakin banyak orang yang ingin singgah di Purworejo, terutama yang melewati daerah tersebut. Juga bisa dikatakan Kabupaten Purworejo setengah jalan. Kalau dari Magelang mau ke bandara YIA lewat Purworejo, dari Kebumen mau ke DI Yogyakarta atau bandara juga lewat Kutoarjo dan Purworejo Dari Wonosobo ke bandara juga lewat Purworejo Setidaknya Kabupaten Purworejo merupakan titik transit bagi masyarakat yang ingin menggunakan bandara dan stasiun kereta api,” jelas Endah saat ditemui Tribunjogja. com, Rabu (7/12/2022).

Selain itu, fasilitas dan utilitas di Alun-alun Kutoarjo dan Pantai Dewaruci, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi juga ditingkatkan.

Endah mengatakan, Pemkab Purworejo membangun pedestrian di Alun-alun Kutoarjo dan menambahkan gazebo, ornamen, dan lampu untuk memperindahnya.

Sedangkan di Pantai Dewaruci, Desa Jatimalang, ada beberapa penambahan lansekap untuk gazebo, pohon, penerangan, dan peningkatan jaringan listrik.

“Untuk menjaga agar (Pantai Dewaruci) tetap terang dan aman di malam hari, sehingga wisatawan tidak hanya datang pada siang atau sore hari, tapi juga pada malam hari,” ujarnya.

Rupanya, ketiga lokasi ini mendapat perhatian khusus karena akan menjadi lokasi acara besar akhir tahun yang digagas oleh pemerintah Kabupaten Purworejo.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button