Berita Wisata

Dipastikan keikutsertaan Munas KAHMI XI di Palu, MD KAHMI Tanggamus membawa isu-isu strategis bagi pengembangan kawasan industri maritim Teluk Semaka

Lampung – Empat belas DPRD Kota Kabupaten KAHMI se-Provinsi Lampung, termasuk DPRD Provinsi KAHMI, dipastikan akan mengikuti Musyawarah Nasional KAHMI (MUNAS) XI di Kota Palu pada 24-27 November 2022.

Sejumlah agenda dan isu daerah akan dipresentasikan oleh masing-masing delegasi pada forum Musyawarah Nasional, termasuk Dewan Daerah KAHMI (MD) Kabupaten Tanggamus sendiri. Direktur Utama KAHMI Kabupaten Tanggamus pada Munas KAHMI XI kali ini akan hadir dengan isu-isu strategis pembangunan daerah khususnya terkait pengembangan lebih lanjut kawasan industri maritim di Teluk Semak Kabupaten Tanggamus dimana permasalahan pengembangan zona laut Teluk Semka selama bertahun-tahun tidak ada kemajuan berarti.

Padahal industri kawasan teluk maritim, jika terealisasi bisa menyerap ribuan tenaga kerja di kawasan industri tersebut. Jika mampu menyerap ribuan tenaga kerja, tentu akan menghilangkan ribuan pengangguran usia muda, artinya kehadiran industri maritim teluk maritim sangat dinantikan oleh penduduk Kabupaten Tanggamus.

Selain membahas isu pengembangan lebih lanjut Kawasan Industri Maritim Baie des Buissons, delegasi MD KAHMI Tanggamus juga akan melobi isu pembangunan Pelabuhan Penyangga Pelabuhan Angkutan Penumpang dan Barang. di kota Agung, mengetahui perairan laut Teluk Semak Tanggamus merupakan jalur lintas Sumatera-Jawa (Padang, Bengkulu, Banten dan Pulau Jawa).

Selain membahas dua isu strategis pengembangan kawasan maritim di atas, delegasi MD Kahmi Tanggamus juga akan membahas isu pengembangan kawasan wisata mengingat potensi alam Kabupaten Tanggamus yang begitu kaya akan potensi wisata. baik untuk potensi wisata pantai maupun wisata alam pegunungan, sangat layak untuk menjadi kabupaten tujuan wisata.Di Provinsi Lampung dan Pulau Sumatera, MD KAHMI Tanggamus akan berupaya untuk mendorong pengembangan industri bahari dan industri pariwisata di Kabupaten Tanggamus melalui Forum Musyawarah Nasional KAHMI XI di kota Palu selanjutnya.

Koordinator Presidium KAHMI MD, Tanggamus Refki, SH yang didampingi Sekjen Syolahuddin, S.Pd.I mengatakan ada beberapa isu strategis lain yang akan disampaikan pada arena Munas XI mendatang. telah diidentifikasi oleh Forum Diskusi Kabupaten Tanggamus MD KAHMI.

“Dulu MD KAHMI Kabupaten Tanggamus sering mengadakan forum diskusi dan kajian-kajian yang bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan daerah di Kabupaten Tanggamus.Hasil identifikasi permasalahan tersebut kemudian kami rangkai menjadi satu untuk disampaikan kepada pihak terkait pada Forum Nasional KAHMI mendatang Konferensi.” Ujar Korpres Refki.SH

Di tempat yang sama, Syolahuddin, S.Pd.I selaku Sekretaris Umum MD KAHMI Tanggamus menyampaikan bahwa KAHMI bukan hanya lembaga yang berlandaskan Islam, tetapi juga KAHMI dengan kemampuan keilmuan, intelektualitas para anggotanya juga dituntut untuk berkontribusi banyak dalam pemikiran, gagasan, gagasan dan kerja praktek dalam pembangunan daerahnya, Syolahuddin berharap agar berbagai isu atau isu yang menjadi catatan kritis KAHMI daerah menjadi poin-poin penting yang dibahas dalam forum nasional ini.

“Munas KAHMI merupakan acara lima tahunan, tempat berkumpulnya para alumni HMI dari seluruh Indonesia dan dari berbagai profesi serta berbagai disiplin ilmu. Tentunya kita tidak hanya membahas persoalan internal kelembagaan, tetapi kita berharap berbagai persoalan di daerah tidak luput diangkat sebagai isu nasional. Harapan kami (KAHMI Daerah.red), ide dan gagasan untuk mendorong pembangunan daerah juga menjadi gerakan bersama dengan KAHMI di tingkat nasional”, kata Ketua HMI Tarbiyah Raden Intan.

Ia menambahkan, dari 14 majelis daerah (MD) se-Provinsi Lamung dan 1 majelis daerah (MW) yang mencoblos, semuanya dipastikan menuju Kota Palu, Sulawesi Tengah. Harapannya, kehadiran kami di sana dapat mengangkat sejumlah isu kemasyarakatan dan isu daerah lainnya, karena diperkirakan ribuan orang akan hadir di arena Munas tersebut. Musyawarah Nasional KAHMI XI dijadwalkan pada 24-27 November.

“Kegiatan yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini juga merupakan bagian dari Munas FORHATI. Selain Presiden Joko Widodo, sejumlah menteri juga akan hadir. Acara Munas ini merupakan forum untuk memilih susunan Presidium Dewan Majelis Nasional (MN) serta realisasi pembenahan internal organisasi. Sejumlah tokoh bangsa diharapkan berkontribusi dalam acara tersebut.” Tertutup Sekjen MD KAHMI Tanggamus.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button