Berita Wisata

Dispar Kota Ternate akan mengajak masyarakat untuk mengelola tempat wisata

Laporan: ya
Penerbit: Y.R.

MALUKU UTARA [kabarpublik.id] – Dinas Pariwisata atau Dispar Kota Ternate akan melakukan hubungan kerjasama masyarakat, terkait pengelolaan tempat wisata yang bukan milik pemerintah kota Ternate.

Pembangunan sarana wisata ini akan difokuskan di Batu Angus, Kabupaten Ternate Barat, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Rustam Panjang Mahli mengatakan beberapa destinasi wisata di Ternate bukan milik pemerintah, seperti Jikomalamo, Tobololo dan Wailanga.

Sedangkan destinasi milik Pemkot Ternate adalah Pantai Sulamadaha, Danu Tolire dan Batu Angus. Untuk destinasi pribadi, Dispar selalu melakukan pendataan di lapangan.

“Meski begitu, dalam bentuk kepengurusan apapun harus mengikuti aturan, sesuai SOP. Ini harus diselesaikan, sehingga dalam beberapa minggu ke depan sudah ada kerjasama,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (01/01). 04/2023)

Pantai Tobololo Rustam mengatakan pihaknya mencapai kesepakatan antara pemerintah dan warga sekitar untuk mengembangkan usaha tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia.

Ditambah Rustam, untuk membentuk kelompok sadar lingkungan. Dokumennya sudah ada, namun, kata dia, pihaknya belum bisa memastikan besaran anggarannya, namun yang jelas sarana yang diperlukan sudah terkumpul.

“Yaitu, lampu jalan, penerangan kawasan, penataan kawasan kuliner, pembangunan tangga dan sarana air minum. Selain sebagai tempat wisata, Batu Angus juga sebagai tempat latihan,” ujarnya.

Selain itu, Kadis agar tujuan ke depan dapat berjalan dengan baik, seperti perencanaan kawasan geowisata yang dapat memenuhi kebutuhan. #[KP]

Tampilan postingan: 8

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button