Berita Wisata

Dispar Mataram memperbaiki fasilitas Loang Baloq yang rusak

Fasilitas MATARAM-Dommage di Taman Loang Baloq direspon dengan cepat melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram. Dispar kemarin mulai memperbaiki kerusakan papan kayu menara pengawas Taman Loang Baloq.

“Segera diperbaiki,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi, kemarin (2/10).

Papan kayu menara pengawas taman Loang Baloq sudah rusak di beberapa tempat. Namun oleh pihak manajemen yang terpercaya yaitu Pokdarwis Tanjung Samudra, telah dilakukan perbaikan dengan menggunakan kawat pengikat pada bagian kayu yang lepas. Rusaknya papan kayu tersebut dikatakan karena faktor alam seperti hujan yang panas dan angin kencang yang datang dari pantai. Juga, lokasinya tinggi dan tepat di sebelah pantai.

Loang Baloq menjadi perhatian karena baru-baru ini ia meraih juara 1 kompetisi Indonesian Tourist Village Award (ADWI) 2022 dalam kategori souvenir. Keberhasilan Loang Baloq di ajang ini membuatnya tak hanya menjadi salah satu ikon wisata kota Mataram, tapi juga NTB. Oleh karena itu, destinasi wisata ini patut mendapat perhatian.

Ketua Komisi III DPRD Kota Mataram I Gede Wiska juga mengingatkan Pemerintah Kota Mataram melalui dinas terkait akan pentingnya menjaga fasilitas yang telah dibangun. Juga fasilitas fisik yang sumber pendanaannya dari Dana Alokasi Pusat (DAK) seperti Taman Loang Baloq.

“Karena fasilitasnya sudah diserahkan, maka tanggung jawab pemeliharaannya sekarang ada di Pemkot Mataram,” jelasnya.

Wiska menuntut agar sarana prasarana yang dibangun dari DAK tetap terjaga dengan baik. Jangan biarkan pusat mengevaluasi kualitas pekerjaannya. Karena bisa berdampak pada proyek fisi ke depan yang berasal dari DAK.

“Agar ke depan tidak sulit mencari dana DAK. Karena sulit mendapatkannya, makanya fasilitas yang ada harus dijaga dengan baik. Bukan hanya Loang Baloq, tapi semuanya,” kata politisi PDIP itu. .

Loang Baloq yang kini dianggap sebagai salah satu ikon kota Mataram setelah menerima penghargaan Juara 1 dari ADWI. Sehingga harus terus ada upgrade dan upgrade agar fasilitas Loang Baloq semakin lengkap dan bagus. Dia menyarankan agar papan kayu menara kontrol diganti dengan pelat besi agar lebih tahan lama.

“Harusnya bisa pakai piring, karena kalau pakai kayu saat hujan bisa cepat rusak. Kita perlu memikirkan bagaimana mempertahankannya ke depan,” sarannya. (ton/r3)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button