Berita Wisata

Disparbud menargetkan 40 juta wisatawan di Jabar pada 2022

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat (Jawa Barat) diperkirakan terus meningkat hingga akhir tahun 2022.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Benny Bachtiar, sejumlah destinasi favorit akan menjadi destinasi wisata selama liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Menurutnya, objek wisata outdoor atau alam akan lebih diunggulkan, karena Jabar memiliki banyak destinasi unggulan. “Kami insya Allah sedang berkoordinasi dengan kabupaten dan kota untuk mengantisipasi peningkatan aktivitas di akhir tahun ini, khususnya wisata outdoor,” ujarnya, Rabu 23/11/2022.

Benny memprediksi kenaikan jumlah wisatawan bisa mencapai 2-3 kali lipat dibanding liburan akhir tahun sebelumnya. “Tahun lalu ada sekitar 6-7 juta wisatawan hingga akhir tahun, bisa dua kali lipat menjadi 12-18 juta wisatawan untuk tujuan wisata di Jawa Barat,” katanya.-tegasnya.

“Hari ini hampir mencapai 30 juta, saya optimis mencapai 40 juta, itu total untuk semua negara dalam dan luar negeri,” lanjutnya.

Selain itu, Disparbud Jabar yang mengkampanyekan Jabar Tersenyum berharap kunjungan wisatawan akhir tahun ini tidak terkonsentrasi di daerah yang sering dikunjungi wisatawan, seperti Bandung Raya, Pangandaran, dan Bogor.

“Supaya sebarannya tidak terpaku pada satu daerah tujuan pilihan. Karena selama ini favoritnya Puncak, Lembang, Bandung Raya, dan Bogor Raya. Saat ini sedang kita upayakan untuk bergerak ke arah timur, seperti Majalengka, Kuningan,” imbuhnya.

Menurutnya, wilayah Majalengka dan Kuningan memiliki potensi wisata alam yang luar biasa dan sudah memiliki beberapa desa wisata dengan karakteristik yang beragam.

Baca juga :

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button