Berita Wisata

Disparbud siapkan pemandu wisata air ecoparian di Sukaresmi Bogor – Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, Bogor – Pemkot Bogor membangun wisata di kawasan sungai Ciliwung tepatnya di Sukaresmi, kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Sirkuit ini berupa arung jeram atau yang biasa dikenal dengan wisata ecoparian.

Kepala Bidang Pariwisata Disparbud, Ferry Firmansyahdi mengatakan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor sedang mempersiapkan beberapa tahapan intervensi dalam proyek eco-riparian Ciliwung yang berlokasi di Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Disparbud saat ini fokus melatih beberapa pemandu wisata ecoriparian.

Baca juga : Ratusan mahasiswa IPB menjadi korban penipuan pinjaman online, Rektor langsung melibatkan OJK

“Kami akan adakan pelatihan pemandu air dengan sertifikasi. Pemandu akan bersertifikat. Karena di sini (Ecoriparien) ada wisata bahari, pramuka di sepanjang sungai akan ada interpretasi wisata,” ujarnya, Sabtu (19/11/2022). .

Ferry menjelaskan, langkah ini diambil karena selain memastikan sisi turis, juga perlu memastikan sisi keamanan para pengunjung.

“Karena resikonya, sisi keselamatan dan keamanan juga menjadi prioritas,” imbuhnya.

Jadi kalau sudah begitu, sisi keamanan dan edukasinya bisa diwariskan langsung ke pengunjung.

Baca Juga: Kemenhub Mulai Pembangunan Underpass Batutulis Bogor Hingga Persimpangan Dua Lajur, Tak Kemacetan Lagi?

Karena Ecoriparian konon merupakan tempat wisata yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata lainnya.

“Tidak hanya rekreasi tetapi juga wawasan yang bisa didapat pengunjung. Mengenai ekosistem flora dan fauna yang akan dijelaskan oleh pemandu yang terlatih,” imbuhnya.

Ferry juga mencontohkan, hal ini akan terus dilakukan oleh Disparbud sebagai salah satu instansi resmi yang turun tangan di Ecoriparian Ciliwung.

“Fokusnya tahun depan (2023). Sekarang kita (Disparbud) lebih concern ke pengelolaan pariwisata,” ujarnya. (Adi Wirman/Pojoksatu)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button