Berita Wisata

Disulap! Pemandangan kota tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang seperti Malioboro, jadi objek favorit kunjungan masyarakat – Sijori Kepulauan Riau

Masyarakat ramai mengunjungi Jalan Merdeka Tanjung Pinang. (Gambar: 1)

TANJUNG PINANG – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, berhasil mengubah tampilan kota tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang seperti Malioboro di Yogyakarta menjadi begitu indah, estetis dan terkesan heritage, serta layak menjadi tujuan wisata bagi masyarakat. di Tanjung Pinang.

Dimana, upaya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk merevitalisasi kota tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang pada tahun 2022 kini membuahkan hasil. Kota tua kini jauh lebih memesona, mempesona, dan Instagrammable.

Menurut Gubernur Ansar, perbaikan dan perindahan kota tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang sudah menjadi program strategis sejak pelantikannya.

“Alhamdulillah walaupun belum sempurna, karena kita lakukan secara bertahap. Namun dengan hasil yang kita capai selama ini cukup membuat orang senang. Tempat orang bisa foto-foto dan bersantai. sudah saatnya kita perbaiki Tanjung Pinang. Apalagi itu ibu kota provinsi Kepulauan Riau. Siapa lagi yang mau memulai kalau bukan kita,” kata Gubernur Ansar kemarin.

Dengan indahnya kota tua Jalan Merdeka, Tanjung Pinang, diharapkan tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Tanjung Pinang dan meningkatkan pariwisata ibu kota provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Nantinya, tidak hanya Jalan Merdeka Kota Tua Tanjung Pinang, secara perlahan dan bertahap tempat-tempat lain di Kota Tanjung Pinang akan dipercantik.

Hal ini mengingat sebagai ibu kota Provinsi Kepulauan Riau sudah saatnya Kota Tanjung Pinang berbenah dan memperindahnya dari sisi pembangunan.

Tak hanya itu, seperti janji Gubernur Ansar Ahmad, pada 2023 proyek revitalisasi Kota Tua akan dilanjutkan kembali.

Mulai dari Jalan Tengku Umar hingga perempatan KFC, Gereja Ayam, hingga sekitar Masjid Raya Tanjung Pinang.

Putra, salah satu pengunjung yang ditemuinya di Jalan Merdeka, yang terlihat berfoto di kawasan kota tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang, mengaku tidak percaya dengan tampilan jalan Merdeka kota tua Tanjung Pinang saat itu. .

“Awalnya saya tidak percaya, seperti di kota-kota besar lainnya, tampilannya dibuat eksotis sehingga cocok untuk berfoto. Yang tidak tahu, mungkin mengira itu di Yogyakarta,” kata Putra.

Selain berswafoto di kota tua Tanjung Pinang, Putra dan rekan-rekannya juga terlihat duduk santai di salah satu bangku trotoar yang disediakan.

“Pokoknya Jalan Merdeka sekarang bagus, yang tadinya hanya kawasan pasar biasa, sekarang menjadi kawasan yang istimewa dan mempesona,” kata Putra.

Sementara itu, Lisa, siswa salah satu sekolah di Tanjung Pinang, mengaku senang karena banyak spot foto Instagramable yang bagus di Kota Tua, Jalan Merdeka, Tanjung Pinang saat itu.

“Iya banyak spot foto yang keren, aku mau fotonya di post di Instagram,” jawab Lisa malu-malu.

Pada kesempatan kali ini, Lisa dan teman-temannya juga berharap kedepannya semakin banyak tempat wisata dan spot foto yang bagus untuk semua orang.

Selain kunjungan masyarakat, revitalisasi Kota Tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang juga membawa berkah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Eli, salah seorang pemilik toko di Jalan Merdeka Kota Tua Tanjung Pinang, mengaku mendapat berkah dari pembangunan Jalan Merdeka Kota Tua Tanjung Pinang.

“Alhamdulillah ada sedikit perubahan, kadang orang membeli minuman untuk duduk di bangku itu,” kata Eli.

Dengan adanya kebijakan Pemprov Kepri untuk merevitalisasi kota tua Jalan Merdeka Tanjung Pinang, Eli sangat bersyukur karena menjadi lebih asri dan mempesona mungkin sedikit mendongkrak perekonomiannya.

Dengan melihat langsung di tempat, terlihat banyak orang yang tidak hanya memanfaatkan kota tua di sepanjang Jalan Merdeka sebagai tempat berbelanja, tetapi juga tempat bersantai sambil duduk dan minum, bersenang-senang bersama keluarga atau teman. .

Banyak orang yang berjalan-jalan di kawasan Kota Tua, Jalan Merdeka, Tanjung Pinang sambil menikmati suasana heritage yang tercipta dan mempelajari berbagai fasilitas yang ada.

Apalagi saat siang berganti malam. Lampu warna-warni menghiasinya dengan indah dan membuat kesan kota tua semakin mempesona. Goresan-goresan murni pun tampak terukir dengan hati-hati di sudut dinding ruko di Jalan Merdeka, menambah pesona tersendiri. ***

(merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button