Berita Wisata

DIY siap menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum 2023

Yogyakarta memang sudah siap, mulai dari keramahannya, pelayanan yang baik dan destinasi wisatanya

Yogyakarta (ANTARA) – Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji memastikan DIY siap menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023.

“Yogyakarta memang sudah siap, mulai dari keramahannya, pelayanan yang baik, dan destinasi wisatanya,” kata Baskara Aji dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Aji, DIY dipilih menjadi tuan rumah ATF 2023 karena dinilai memiliki komitmen luar biasa dari ekosistem pariwisata hingga sektor industri.

Selain itu, DIY dinilai sangat cocok dan siap oleh para pejabat ATF di Jakarta mulai dari keramahan, pelayanan yang baik dan banyaknya destinasi wisata di wilayah ini sehingga dinilai mampu mendukung kelancaran kegiatan ATF 2023.

Aji mengatakan, untuk menjadi tuan rumah ATF 2023, Pemda DIY melakukan persiapan mulai dari infrastruktur hingga memberikan edukasi kepada masyarakat DIY.

Dalam kegiatan ATF 2023, para tamu juga akan diajak mengunjungi destinasi wisata Yogyakarta, tidak hanya wisata alam, tetapi juga budaya dan adat istiadat provinsi ini.

“Melalui kegiatan ATF ini diharapkan Yogyakarta mendapatkan banyak manfaat dan manfaat serta dapat menjadi contoh bagi provinsi dan negara lain, bahwa Yogyakarta dapat melaksanakan kegiatan ATF 2023 ini dengan sangat baik,” ujar Aji.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY GKR Bendara mengatakan ATF 2023 merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Pemda DIY mengingat ATF ini merupakan upaya daerah untuk mempromosikan daerah DIY. Kegiatan ATF ini melibatkan seluruh sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN.

Untuk itu, promosi yang dilakukan pemerintah daerah khususnya bekerja sama dengan dinas pariwisata di lima kabupaten/kota se-DIY mempersiapkan masyarakat menjadi tuan rumah ATF 2023.

“Masyarakat perlu menjaga keramahan, lingkungan yang bersih, aman dan jauh dari hal-hal negatif, dan diharapkan masyarakat DIY di awal tahun 2023 akan terkena demam ATF,” kata GKR Bendara.

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 dijadwalkan akan diselenggarakan pada 2-5 Februari 2023 di Yogyakarta dengan tema “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations”.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Yogyakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 karena memiliki MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) untuk pertemuan internasional tingkat menteri.

Persiapan tersebut meliputi ketersediaan sumber daya manusia, penyediaan akomodasi, penyediaan tempat pameran berskala besar, daya tarik wisata yang mencakup keaslian budaya yang kental, kuliner yang khas dan destinasi alam.

Baca Juga: Pengalaman Gelar G20 Dianggap Modal Indonesia Tuan Rumah ATF 2023
Baca Juga: Asita Optimis ATF 2023 Pertahankan Tren Positif Pariwisata DIY
Baca Juga: Sandiaga Uno: Pemerintah akan berpartisipasi aktif dalam ASEAN Tourism Forum 2022

Reporter: Luqman Hakim
Editor: Faisal Yunianto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button