Berita Wisata

Dua objek wisata Probolinggo ini dibanjiri pengunjung saat momen pergantian tahun

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Dua objek wisata Probolinggo yaitu TWSL dan Pantai Permata masih ramai dikunjungi pengunjung di momen Tahun Baru 2023 ini.

Pantai dan taman wisata studi lingkungan atau kebun binatang mini ternyata masih menjadi favorit wisatawan lokal di Kota Probolinggo.

Taman Wisata Kajian Lingkungan atau TWSL merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kota Probolinggo, mencatatkan sekitar tiga ribu wisatawan atau pengunjung yang datang pada liburan tahun baru pada Minggu (12/1/2023).

TWSL-Kota-Probolinggo.jpgTWSL Kota Probolinggo (FOTO: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

TWSL yang terletak di desa Mangunharjo, kecamatan Mayangan, kota Probolinggo ini masih menjadi primadona wisatawan lokal.

Petugas Informasi dan Edukasi Lingkungan UPTD atau IPLH, selaku direktur TWSL, Akbarul Huzaini mengatakan, selama libur tahun baru Minggu lalu, total pengunjung mencapai 3.895 orang yang datang ke TWSL. Dari total jumlah pengunjung tersebut, terdapat 2.430 orang dewasa dan 1.464 anak-anak.

“Dari jumlah tersebut, berdasarkan tiket yang kami jual selama satu hari dari Minggu pagi hingga Minggu siang, angka ini menunjukkan antusiasme pengunjung setelah lama absen akibat pandemi Covid-19,” kata Akbar.

Menurut data pariwisata, pengunjung terbanyak berasal dari luar kota Probolinggo, seperti Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Bondowoso dan Sidoarjo.

Menurut Akbar, pengunjung TWSL pada libur tahun baru 2023 naik dua kali lipat dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 1.979 pengunjung per hari.

“Pada liburan Tahun Baru 2023 ini meningkat dua kali lipat dibanding liburan Tahun Baru 2022 yang mencapai sekitar 3.895 pengunjung,” jelasnya.

Saat liburan tahun baru, seperti biasa, TWSL mengadakan hiburan khusus untuk menarik pengunjung. Seperti musik elektronik.

Pantai permata selalu menjadi wisata favorit di Probolinggo

Selain itu objek wisata yang tidak kalah ramai dan masih menjadi favorit di kota probolinggo adalah pantai permata.

Pantai yang terkenal dengan konservasi pohon cemara dan bakau ini terletak di desa Pilang, kecamatan Kademangan, kota Probolinggo.

Manager Pantai Permata Pilang Mahmud Zain mengatakan, “Kunjungan wisatawan ke Pantai Permata selama liburan Tahun Baru 2023 tercatat ribuan pengunjung kemarin. Maraknya pengunjung Pantai Permata dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kemiringan lereng Covid-19.

“Jumlah pengunjung atau wisatawan ke Pantai Permata saat liburan tahun baru mencapai seribu lebih pengunjung. Kebanyakan berasal dari kota Probolinggo,” kata Mahmud Zain.

Mahmud Zain juga menjelaskan, dibandingkan tahun lalu, pengunjung Pantai Permata Pilang tahun ini lebih banyak.

“Selama libur tahun baru ini, tour leader Pantai Permata menyediakan fasilitas hiburan berupa bazaar makanan dan minuman, musik dan pemeriksaan kesehatan gratis,” ujarnya.

Diketahui, dua objek wisata Probolinggo, yakni TWSL dan Pantai Permata Kota Probolinggo menjadi tempat favorit untuk berlibur. Di TWSL, pengunjung bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa yang ada. Selama berada di Pantai Permata, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan duduk santai di gazebo menikmati rindangnya pohon cemara udang atau sekadar bersepeda.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button