Berita Wisata

Dua pantai di Yogyakarta ini rawan gelombang tinggi, HRH Satlinmas DIY mengimbau masyarakat untuk waspada

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Tim SAR Satlinmas Special Rescue mulai bersiap mengamankan kawasan pantai selatan Yogyakarta dan destinasi wisata di lereng Gunung Merapi.

Ada 33 pantai di selatan Yogyakarta yang akan dijaga anggota Satlinmas Rescue SAR Khusus.

Petugas akan ditempatkan di ujung timur zona DIY, yakni dari Pantai Sadeng hingga Pantai Congot.

“Jumlah pantai yang akan kami pantau ada 33 pantai. Dari paling timur ada pantai Sadeng hingga pantai Congot,” kata Kepala Satpol PP DIY sekaligus Pengawas Khusus SAR Satlinmas, Noviar Rahmad, Selasa. (13/12/2022).

Baca juga: Prakiraan Cuaca 2023, BMKG Sebut Ada Sinyal Kering atau El Nino

Anggota Satlinmas SAR dibekali kemampuan renang di atas rata-rata.

Selain itu, jelas Noviar, mereka juga dilatih untuk menghadapi situasi sulit akibat tingginya gelombang di pantai.

Dari total 33 pantai yang dijaga anggota Satlinmas SAR, wisatawan harus mewaspadai gelombang air di Pantai Parangtritis, Pantai Baru, dan pantai lainnya di kawasan Gunungkidul.

“Kalau untuk gelombang tinggi selama ini Parangtritis paling rawan. Kemudian juga di kawasan pantai baru, juga di beberapa pantai di kawasan Gunungkidul. Tapi kami sampaikan sebagian besar pantai di kawasan DIY rawan, jadi kami harap wisatawan akan berhati-hati dan mematuhi peringatan petugas di lokasi,” kata Noviar.

Noviar juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat berkunjung ke pantai yang tidak ada anggota Satlinmas Rescue SAR atau petugas pantai lainnya.

Memang, dari total hampir 100 pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta, hanya 33 yang memiliki coast guard atau anggota SAR.

“Karena staf kami terbatas, kami tidak menempatkan anggota di sana. Kami selalu berkoordinasi dengan Pokdarwis,” ujarnya.

Noviar menjelaskan persiapan pengamanan akan dibahas dalam rapat koordinasi pengamanan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dijadwalkan berlangsung Kamis (15/12/2022) mendatang.

Baca juga: Prakiraan Cuaca DIY Selasa 13 Desember 2022: Waspadai Potensi Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, kunjungan wisatawan DIY pada triwulan II 2022 sudah mencapai 4 juta lebih dan masih ada setengah tahun lagi hingga perhitungan selesai.

Dengan demikian, pada liburan akhir tahun 2022 yang tinggal beberapa pekan lagi, ekonomi sektor pariwisata bisa kembali bangkit.

Dijelaskan pula bahwa belanja wisatawan domestik dan mancanegara juga meningkat.

Dengan kondisi tersebut, dipastikan kualitas pariwisata di wilayah DIY akan semakin meningkat.

“Belanja yang kita dorong itu untuk menciptakan wisata berkualitas di sana. Tidak banyak orang yang ke Jogja, tapi kalau belanjanya tinggi bisa mendongkrak ekonomi,” ujarnya. (Tribunejogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button