Berita Wisata

Dua pantangan di kawasan wisata Bromo akhir tahun, Wulan Kapitu dan PPKM

TEMPO.CO, Jakarta – Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menginformasikan larangan yang akan diterapkan di kawasan wisata Bromo. Hal ini terkait penerapan Wulan Kapitu oleh Suku Tengger dan penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Tingkat 1.

Bagi Wulan Kapitu, pengelola akan membatasi penggunaan kendaraan bermotor di beberapa tempat dan waktu. Kepala Balai TNBTS Hendro Widjanarko mengatakan Kaldera Tengger akan ditutup untuk kendaraan bermotor mulai 23 Desember 2022 pukul 18.00 WIB hingga 24 Desember pukul 18.00 WIB.

“Kaldera TNBTS Tengger akan ditutup untuk kendaraan bermotor, kecuali untuk keadaan darurat,” kata Hendro, Rabu, 14 Desember 2022.

Kaldera Bromo juga akan bebas kendaraan bermotor pada akhir Wulan Kapitu yang jatuh pada 21-22 Januari 2023 bersamaan. Pengumuman tersebut tertuang dalam surat bernomor PG.10/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/2022.

Selama pembatasan, kendaraan bermotor dari Kabupaten Pasuruan hanya diperbolehkan sampai Pakis Bincil. Sedangkan dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang sampai Jemplang dan dari Kabupaten Probolinggo hanya sampai Cemorolawang.

“Hal itu dilakukan untuk menghormati adat dan budaya masyarakat Tengger di Wulan Kapitu,” kata Hendro.

Meski ada larangan, aktivitas wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tetap dibuka. Namun, wisatawan tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor.

“Wisata masih boleh, hanya untuk kaldera Bromo atau Tengger, kendaraan bermotor tidak boleh,” kata Hendra.

Selain pembatasan kendaraan bermotor selama Wulan Kapitu, pihak pengelola memberlakukan pembatasan terkait kapasitas pengunjung terkait PPKM level 1 pada musim liburan Natal dan Tahun Baru mendatang, kuota wisatawan ditetapkan sebesar 75% dari total kapasitas kawasan.

Dengan adanya pembatasan tersebut, jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Bromo per hari ditetapkan sebanyak 2.202 orang per hari. Kuota kunjungan wisatawan terbagi antara kawasan Bukit Cinta 93 orang per hari, Bukit Keduh 321 orang per hari, Penanjakan 666 orang per hari, Mentigen 165 orang per hari dan Savana Teletubbies 957 orang per hari.

Baca juga : Ada ritual Wulan Kapitu, kendaraan bermotor di Bromo dilarang pada tanggal tersebut

Tetap update info terbaru. Mendengarkan berita Baru dan berita pilihan dari tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. kamu harusInstall aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button