Berita Wisata

Dukung Pengembangan Wisata Bukit Piteir, Mahasiswa KKN UBB Ciptakan Inovasi Menarik Wisatawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Bukit Pinteir merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di desa Kampung Dul, Kabupaten Bangka Tengah.

Destinasi wisata puncak bukit yang menawarkan keindahan alam ini, memiliki kekayaan keanekaragaman flora dan fauna yang masih terjaga luas.

Dalam rangka menjaga kekayaan alam yang dimiliki dan mengembangkan destinasi wisata Bukit Piteir, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bangka Belitung mengembangkan produk pariwisata melalui inovasi berkelanjutan yang menarik wisatawan.

Berbagai program kegiatan mulai dari gotong royong hingga tempat wisata di Bukit Piteir, pendataan flora dan fauna di lingkungan Bukit Piteir, penelitian situs geografis atau batu karang sebagai informasi sekaligus edukasi wisatawan, serta situs web Bukit Pinter yang merupakan akses bagi wisatawan untuk melihat langsung produk wisata yang ditawarkan.

Program inovasi pengembangan produk pariwisata ini bertujuan agar pengelolaan pariwisata Bukit Piteir berkelanjutan, tetap eksis sehingga menjadi destinasi wisata unggulan yang dilirik wisatawan.

“Kami sedang melakukan program pengembangan pariwisata di Bukit Pinteir, karena pariwisata yang dikelola oleh Pokdarwis setempat sudah cukup aktif. Di sini, kami ingin lebih mengembangkan dan mengemas potensi wisata, baik dari segi peralatan, kenyamanan, penyediaan situs webserta produk wisata agar lebih menarik bagi wisatawan,” kata Direktur KKN UBB Bukit Pinteir Keken Abimarwan, Selasa (11/8/2022).

Dalam program kerja kali ini, pihaknya juga telah menghasilkan buku yang berisi data sejarah Gunung Pinteir, adat istiadat, keanekaragaman flora dan fauna, dan lain-lain, yang menjadi panduan bagi wisatawan selama berkunjung.

“Selama ini program KKN yang kita jalankan sudah dirampingkan hampir 80%, dan masih ada beberapa produk yang akan kita garap nanti. meluncurkan juga,” katanya.

Keken berharap dengan program kerja nyata yang telah dilakukan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Piteir.

“Memang target wisatawan di sini adalah kalangan menengah atau banyak kelompok atau masyarakat yang berkunjung sehingga dengan inovasi dan produk wisata ini menjadi daya tarik dan dapat bermanfaat bagi pembangunan berkelanjutan pariwisata di Bukit Pinter,” ungkapnya. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button