Tempat Wisata

Eco Green Park: lokasi, jam buka, HTM dan fasilitas

Eco Green Park adalah tempat wisata di Malang, Jawa Timur yang menawarkan tur berpemandu dan edukasi. Perjalanan dan pendidikan bisa menjadi pilihan yang baik, terutama bagi Anda yang memiliki anak usia sekolah.

Objek wisata ini merupakan bagian dari Jatim Park 2. Jatim Park sendiri merupakan tempat rekreasi sekaligus taman edukasi. Sehingga anda juga bisa mengunjungi objek wisata lainnya yang ada di Jatim Park.

Alamat, rute dan jam buka

Fasilitas wisata ini terletak di kawasan Jatim Park 2 yang terletak di Jl. Oro-oro Ombo No.9A, Batu, Malang. Jam bukanya setiap Senin-Minggu mulai pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.

Untuk menuju objek wisata ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 19 km dari Alun-Alun Malang. Jadi Anda berkendara 30 menit hingga 1 jam menuju Batu Malang.

Harga tiket Eco Green Park

Untuk bisa mengikuti wisata edukasi di sini, Anda harus membayar tiket masuk. Jenis tiketnya ada dua, yakni hanya untuk satu objek wisata atau bersamaan dengan tiket kawasan wisata Jatim Park 2.

Untuk tiket masuk atraksi edukasi saja, Anda perlu membayar Rp 55.000 per orang untuk satu kali masuk. Jika memesan bersamaan dengan tiket Jatim Park 2, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 140.000 per orang untuk sekali masuk.

Wahana di Eco Green Park

Ada banyak wahana yang bisa Anda dan anak Anda nikmati karena semua wahana berlangsung di lokasi yang sejuk dan ramah anak. Wahana yang ada di objek wisata yang wajib dikunjungi ini antara lain:

1. Belajar di taman biogas

Wahana pertama yang dikunjungi adalah taman biogas. Di kawasan ini, Anda dan keluarga bisa belajar bagaimana mengubah sampah menjadi biogas yang bisa dijadikan bahan bakar alternatif.

Berbagai jenis alat peraga disediakan di bagian ini untuk segera Anda coba. Sambil mencoba alat tersebut, Anda bisa memperluas pengetahuan Anda tentang pengolahan sampah menjadi biogas. Pengetahuan ini bisa Anda terapkan sendiri di rumah untuk menghasilkan biogas.

2. Dunia Burung Beo

Tamasya berikutnya yang patut dicoba adalah kunjungan ke dunia burung beo. Di zona ini Anda bisa menemukan berbagai jenis burung yang berasal dari benua Asia hingga Amerika.

Di zona ini setidaknya terdapat 50 spesies burung beo dari seluruh belahan dunia. Anda tidak hanya bisa melihat, tapi juga mengabadikan momen bersama burung-burung ini dengan mengambil foto.

3. Zona Daur Ulang

Di wahana yang satu ini Anda akan melihat dan mempelajari cara mendaur ulang barang-barang yang tidak terpakai kembali menjadi barang yang berguna.

Ada beberapa contoh kreatif mendaur ulang barang bekas menjadi barang bermanfaat di zona ini. Contoh ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk mengubah barang bekas menjadi barang bermanfaat.

4. Perjalanan Ramah Lingkungan

Zona selanjutnya adalah “Eco Journey” dimana zona ini berisi gambaran bumi di masa depan yang akan terus menerus dirusak oleh masyarakat yang tinggal didalamnya.

Di zona ini Anda juga akan diajari dan dipelajari bagaimana cara menjaga bumi agar alam dan bumi tidak mengalami kerusakan yang serius dalam waktu dekat. Penting untuk mendidik diri sendiri karena ketika bumi rusak, kita pun ikut rusak.

5. Pertunjukan burung

Wahana selanjutnya berbeda dari yang lain karena Anda akan disuguhkan pertunjukan burung bernama Bird Show di kawasan ini.

Anda bisa menyaksikan burung-burung melakukan atraksi seperti burung beo, ayam, elang dan masih banyak lagi. Pertunjukan burung ini diadakan setiap hari pada pukul 12.30 WIB dan pukul 15.30 WIB di Bird Show Amphitheater.

6. Wahana Rumah Terbalik

Wahana selanjutnya yang dikunjungi adalah rumah terbalik. Di dalam rumah terbalik, semua perabotan diputar 180 derajat dan didesain agar terlihat seperti aslinya. Tempat ini sering digunakan untuk fotografi karena bentuk bangunannya yang sangat unik.

7. Merak putih yang eksotis

Di Zona Merak Putih yang Eksotis, Anda bisa melihat burung merak putih. Burung ini merupakan salah satu jenis burung merak yang langka karena sangat jarang ditemukan di alam liar.

Karena keindahan bulunya, burung ini sering diburu dan menjadi hewan langka saat ini. Merak putih ini berasal dari India dan Sri Lanka. Di zona ini Anda bisa mengamati burung langka ini dan bermain langsung dengannya.

8. Air keluar

Kendaraan terakhir yang dikunjungi adalah kendaraan pengangkut air. Di sini Anda dan keluarga bisa leluasa bermain air. Namun tidak hanya dengan bermain saja Anda dapat mempelajari sesuatu tentang energi potensial.

Energi potensial yang diciptakan oleh air menciptakan energi kinetik melalui gerakan. Ilmu ini sering dimanfaatkan untuk kincir angin dan diubah menjadi listrik. Selain itu, Anda bisa menikmati sensasi dibilas langsung dari ember besar berisi air.

Perabot

Di sekeliling objek wisata Eco Green Park dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang wisata Anda. Fasilitas yang disediakan antara lain:

1. Stasiun sepeda elektronik

Jika tidak ingin lelah berjalan kaki menuju semua wahana objek wisata ini, Anda bisa menyewa sepeda listrik di stasiun e-bike. Jadi Anda bisa berjalan-jalan dengan santai dan bebas keringat.

2. Pasar mini

Setelah berkeliling dan menikmati semua wahana, pastinya Anda akan lapar dan haus. Tak perlu khawatir, di mini market Anda bisa membeli bahan makanan atau minuman ringan untuk melepas rasa lapar dan haus.

Kehadiran mini market di kawasan wisata memudahkan wisatawan untuk membeli bahan makanan atau minuman ringan. Hal ini memungkinkan wisatawan dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus meninggalkan kawasan wisata.

3. Pujasera

Jika Anda sedang berbelanja jajanan dan masih merasa lapar setelah berjalan-jalan, Anda bisa mampir ke area food court. Pujasera lokal menawarkan banyak pilihan hidangan dan minuman yang kaya dan oleh karena itu ideal untuk menghilangkan rasa lapar dan haus.

Selain itu harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, sehingga Anda bisa mengajak keluarga makan malam sambil mengagumi keindahan alam di Jatim Park 2.

4. Pasar Hewan

Karena banyaknya hewan yang ada di objek wisata ini, Anda mungkin tertarik untuk membeli beberapa jenis hewan untuk dirawat di rumah. Kemudian Anda bisa mengunjungi area pasar hewan.

Di pasar hewan, Anda dapat membeli berbagai spesies hewan dan peralatan untuk memeliharanya. Ada banyak jenis hewan yang legal dibeli dan dipelihara seperti kelinci, kucing, ayam dan masih banyak lagi.

Menutup

Wisata Eco Green Park bisa menjadi lokasi objek wisata pilihan anda khususnya bagi anda yang mempunyai anak. Di sini Anda bisa mengajak anak Anda bermain sambil belajar tentang sains dan hewan.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button