Berita Wisata

Eksotisme pantai Si Rondo Situbondo yang bikin hati jatuh

Situbondo

Pantai Si Rondo begitulah penduduk setempat menyebutnya. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Labuan Merak, Baluran, Situbondo.

Kalau Rondo itu bahasa Jawa yang artinya Janda. Namun, jangan salah, nama tersebut tidak ada hubungannya dengan status sosial sang janda.

Meski begitu, tidak ada yang tahu pasti asal muasal pemberian Si Rondo. Karena nama ini sudah dikenal masyarakat setempat sejak jaman dahulu.

Namun untuk keindahan dan eksotisme pantainya tidak perlu diragukan lagi. Semua orang akan jatuh cinta dengan pantai ini. Secara administratif, Pantai Si Rondo berada di bawah Taman Nasional (TN) Baluran.

“Saya tidak tahu bagaimana ceritanya. Yang jelas sejak saya tiba di pantai itu, warga sekitar menyebutnya Si Rondo,” kata Sarino (47), salah seorang warga. Jawa TimurMinggu (20/11/2022).

Hampir sama dengan sejumlah potensi wisata di kawasan konservasi Baluran. Pantai ini terpencil dan memiliki medan yang berat. Namun lokasinya yang berada di kawasan bisa menjadi daya tarik bagi pecinta alam. Hal ini disebabkan menyatunya hutan, gunung dan laut menjadi satu.

Untuk mengakses area ini, Anda harus berjuang lebih keras. Karena aksesnya hanya bisa dilintasi kendaraan off road atau jalan setapak. Bahkan pada satu titik harus menyeberangi sungai kecil.

Pantai Si Rondo, SitubondoPerahu warga di Pantai Si Rondo Situbondo (Foto: Chuck Shatu Widarsa/ detikJawa Timur)

Pantai Si Rondo berjarak sekitar 8-10 km dari desa terakhir, Sumberwaru, Banyuputih. Jika diperhatikan peta, kawasan ini berada tepat di sudut timur dan utara pulau Jawa.

Namun, rasa lelah perjalanan sepanjang jalan dijamin akan hilang begitu sampai di kawasan ini. Sebab, sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah di antara pegunungan, hutan, pasir putih, dan pantai dengan ombak kecil berwarna biru kehijauan.

Di kawasan ini, selain bisa menikmati pemandangan eksotis, Anda juga bisa melakukan aktivitas air seperti perahu, kano atau sekadar berenang di pantai.

Bahkan bagi yang hobi menyelam, di kawasan ini Anda bisa menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Karena terumbu karang tumbuh subur bersama biota laut lainnya.

Keindahan bawah laut kawasan ini karena letaknya yang berada di pertemuan Selat Madura di sebelah utara dan Selat Bali di sebelah timur.

Tidak hanya itu. Jika beruntung, dalam perjalanan menuju kawasan Labuan Merak, pengunjung bisa bertemu dengan hewan-hewan yang menjadi penghuni kawasan ini. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi Si Rondo Situbondo?

Tonton video “KuTips: Jangan Laminasi, Ini Cara Melindungi Arsip Penting”
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button