Tempat Wisata

Embung Manajar, danau buatan eksotis yang menghadap Gunung Merapi di Boyolali

Manajar Embung di Boyolali merupakan destinasi wisata yang menawarkan panorama indah dengan latar belakang Gunung Merapi.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Samiran, Kec. Selo, Kab.Boyolali, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Keindahan Gunung Merapi menjadi salah satu daya tarik Jawa Tengah sehingga sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Dimana banyak kesempatan untuk menikmati keindahan Merapi. Salah satunya dari Embung Manajar di Kabupaten Boyolali.

Waduk yang sangat bermanfaat untuk pertanian ini terletak di lereng selatan Gunung Merbabu. Letaknya yang berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl membuat Anda bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi yang bersebelahan dengan Gunung Merbabu. Kegiatan menarik apa saja yang bisa kamu lakukan di embung ini? Mari kita cari tahu.

Kunjungi Hotel Merah di Boyolali

Daya tarik Manajar Embung

Daya tarik Waduk ManajarFoto 301 Putra Oktavianto di Google Maps

✦ Panorama Gunung Merapi dan Merbabu

Jika Embung Kledung di Temanggung menyuguhkan panorama gunung kembar Sindoro dan Sumbing, maka Embung di Boyolali menampilkan keagungan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Apalagi saat cuaca cerah dan tidak berkabut, keindahan kedua gunung tersebut semakin terlihat jelas dari area penyematan.

Selain itu, tiga gunung lainnya bisa terlihat saat kawasan sekitarnya tidak tertutup kabut. Seperti pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Slamet dari kejauhan ke arah barat, hingga Gunung Lawu yang melayang di atas awan di sisi timur. Sejauh mata memandang, Anda akan menemukan pemandangan pegunungan yang memanjakan.

✦ Waduk buatan yang indah

Waduk Manajar dengan luas sekitar 1.602 meter merupakan waduk buatan yang sangat indah. Waduk irigasi warga dibangun di atas bukit dan dikelilingi pembatas. Tujuannya untuk menjamin keamanan agar tidak ada pengunjung yang sengaja maupun tidak sengaja masuk ke dalam waduk.

Area sekitar waduk sangat cocok dijadikan tempat latihan. Karena jalan setapak yang terpelihara dengan baik telah dibuat, jalur ini ideal untuk jogging atau bersepeda. Terdapat pula pepohonan hijau yang tumbuh di sepanjang jalan, membuat suasana semakin sejuk dan menyegarkan mata.

Voucher Solo Funworld Solo Square

✦ Tempat perkemahan

Di Embung Manajar terdapat tempat perkemahan yang cukup luas, sehingga Anda bisa leluasa mendirikan tenda dan berkemah bersama teman atau keluarga. Perkemahan ini terbuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu malam. Jadi Anda bisa menghilangkan rasa penat akibat bekerja dengan menyaksikan indahnya matahari terbenam dan terbitnya matahari selama berwisata.

Namun, perlu diketahui bahwa pemerintah tidak menawarkan penyewaan tenda. Oleh karena itu, Anda harus membawa perlengkapan sendiri jika ingin berkemah. Jadi ini hanya tempat perkemahan dimana Anda harus melakukan pemesanan dan membayar harga sewa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Manajar EmbungFoto oleh Andhika Yudha Pratama di Google Maps

Wisata waduk buatan ini berlangsung di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun IV, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Dari pusat kota Boyolali jaraknya sekitar 20 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Anda bisa memulai perjalanan dari Alun Alun Kidul Boyolali menuju kecamatan Selo.

Dari sini bisa melalui Simpang PB VI Selo yang berada di sebelah barat kantor camat. Karena Waduk Manajar berada di ketinggian, jalurnya akan semakin sempit dan menanjak. Jadi lokasi parkirnya cukup jauh dari lokasi Embung dan anda juga harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Tiket Trans Studio Mini Pabelan Solo

Berkunjung dengan sepeda motor bukanlah suatu jaminan, apalagi jika Anda tidak begitu mahir melintasi medan yang menantang. Jadi jika ingin aman, sebaiknya lanjutkan perjalanan dengan trekking. Jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek berpengalaman dengan harga mulai dari Rp 10.000 saja.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan Embung Manajar dengan panorama lima gunung di sekitarnya, pengunjung dikenakan HTM sekitar Rp. Hanya 5.000. Loketnya terletak di lantai bawah, depan jalan menanjak dan tempat parkir. Oleh karena itu, setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sebelum tiba di waduk.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk parkir. Dan bagi anda yang ingin berkemah di lokasi perkemahan yang disediakan, anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 15.000 per orang.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Manajar EmbungFoto oleh Rio Aditya P di Google Maps

1. Nikmati pemandangan pegunungan

Perjalanan Anda menanjak menuju Embung Manajar akan terbayar dengan pemandangan pegunungan sekitarnya yang menakjubkan. Jangan tanggung-tanggung, dari sini Anda bisa menyaksikan keindahan lima gunung sekaligus. Yang paling terlihat jelas adalah gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang megah.

Jika menengok ke arah barat, terlihat Gunung Slamet dan Gunung Sumbing. Gunung Lawu kini dapat ditemui di sisi timur, terlihat sangat indah dari kejauhan. Pemandangan pegunungan di segala penjuru membuat panorama matahari terbit dan terbenam di wisata semakin luar biasa.

2. Berkemah di Embung Manajar

Terdapat tempat perkemahan untuk berkemah tidak jauh dari waduk. Kawasan ini disewakan kepada pengunjung yang ingin bermalam di wisata ini dan menikmati keindahan alam lebih lama. Saat berkemah, Anda tidak hanya bisa menikmati matahari terbit dan terbenam, tapi juga menikmati indahnya malam di Embung Manajar.

Meski malam hari, Gunung Merapi masih terlihat cukup jelas dari lokasi perkemahan. Selain itu, di bawah bukit juga terlihat rumah-rumah penduduk yang terlihat semakin berkilau di malam hari. Jadi penampakan pemandangan indah ini berbeda dengan pemandangan siang hari. Sayang sekali bila kita melewatkannya.

3. Wisata kuliner

Sudah terdapat warung makan untuk wisata kuliner di kawasan sekitar waduk. Meski menu yang ditawarkan kurang bervariasi, namun tetap terasa lebih nikmat dari biasanya.Yang terpenting, pesanlah sepiring mie goreng dengan kopi hangat. Udara sejuk di sekitar dan pemandangan pegunungan di depan mata memberikan kesan mewah pada menu sederhana ini.

4. Menunggang kuda mengelilingi waduk

Terdapat jasa penyewaan kuda di Embung Manajar. Di sana Anda akan diajak menunggang kuda mengelilingi waduk seluas 1.602 meter persegi. Hal ini memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan waduk dan sekitarnya tanpa lelah berjalan. Padahal biasanya banyak orang yang jogging di sekitar waduk buatan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Waduk ManajarFoto oleh Aniva Nutqi di Google Maps

Sejauh ini fasilitas yang ada di sekitar waduk dapat diasumsikan telah memenuhi kebutuhan pengunjung. Demi keamanan dan kenyamanan wisatawan, waduk tersebut bahkan telah dilengkapi dengan pembatas agar tidak ada orang yang terpeleset atau terjatuh ke dalamnya.

Untuk menemani waktu bersantai Anda, paviliun dan bangku telah didirikan di beberapa tempat di sini. Jadi Anda bisa duduk santai dan menikmati pemandangan. Tentu saja fasilitas dasar seperti tempat parkir dan toilet sudah lengkap di Embung Manajar, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Selain itu, juga terdapat deretan warung wisata yang menawarkan menu seperti mie goreng, mie kuah, roti bakar, kopi panas, dan teh. Sajian ini pastinya bisa melengkapi waktu santai Anda sambil menikmati pemandangan waduk dengan latar belakang pegunungan.

Tak hanya Kledung Embung di Temanggung yang menjadi objek wisata populer, waduk buatan di Boyolali pun demikian. Berkat panorama alamnya yang indah dengan keindahan lima gunung sekaligus. Embung Manajar juga telah menyediakan tempat perkemahan bagi anda yang ingin menikmati semua pemandangan tersebut lebih lama. Tertarik?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button