Berita Wisata

Era eksplorasi migas di pesisir barat daya Aceh dimulai

Rabu, 9 November 2022 | 10:30 WIB

| Penulis:

Penerbit: Kusnadi

Banda Aceh, InfoPublik – Era baru eksplorasi migas di Pantai Barat Daya Aceh (Barsela) dimulai, menyusul penetapan Conrad Asia Energy Ltd sebagai pemenang lelang Offshore North West Aceh (ONWA-Meulaboh) dan Offshore South West Wilayah Kerja Aceh (OSWA-Singkil).

Penetapan perusahaan yang beralamat di Singapura itu diumumkan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kepala Biro ESDM Aceh, Ir Mahdinur, MM mengatakan, ONWA-Meulaboh yang terletak di lepas pantai barat Aceh ini memiliki luas 9.182 km2 dengan kedalaman 0 hingga 1500 meter.

“Estimasi sumber daya minyak 800 MMBO dan gas 4,8 TCF,” kata Mahdinur didampingi Sekretaris Kantor ESDM Taufik, ST, M.Si, Rabu (9/11/2022).

Mahdinur mengatakan Conrad Asia Energy Ltd telah setuju untuk memberikan bonus penandatanganan sebesar US$50.000 dan telah membuat komitmen kuat untuk melakukan survei geologi dan geofisika selama tiga tahun pertama kontrak.

Selanjutnya, Conrad Asia Energy Ltd juga akan mengakuisisi zona seismik 3D 500 Km2 dan sumur eksplorasi dengan total komitmen yang ditetapkan sebesar USD 15.000.000.

Sedangkan OSWA-Singkil, imbuh Mahdinur, terletak di lepas pantai barat daya Aceh dengan luas 10.700 km2 dengan kedalaman 0 hingga 1.500 meter.

Perkiraan sumber daya minyak adalah 1,4 BBO dan gas 8,6 TCF. Conrad Asia Energy Ltd telah menjanjikan bonus penandatanganan sebesar US$50.000 dan berkomitmen kuat untuk survei geologi dan geofisika dalam tiga tahun pertama kontraknya.

“Kemudian memperoleh seismik 3D seluas 500 Km2 dan 1 (satu) sumur eksplorasi dengan total komitmen yang ditetapkan sebesar US$15.000.000,” kata Mahdinur.

Mahdinur berharap kontrak kerja sama migas dapat segera ditandatangani dan berdoa agar eksplorasi yang dilakukan dapat mengarah pada penemuan cadangan migas yang tepat sehingga dapat menambah cadangan migas nasional.

“Dan memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat, khususnya masyarakat pesisir barat daya Aceh,” kata Mahdinur. (mc/09)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button