Berita Wisata

Fahri Hamzah akan mendorong event balap kano Sumbawa menjadi kompetisi nasional

Jakarta, INDONEWS.ID – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia sukses menggelar ‘Gelora Boat Race 2022’ di Pantai Gelora, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (13/11/2022).

Gelora Boat Race 2022 merupakan perlombaan kano atau perahu motor yang diadakan untuk kedua kalinya, setelah event yang sama pertama kali diadakan pada tahun 2021.

Pantai Gelora sendiri yang berlokasi di Meno, Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB ini diresmikan oleh Anis Matta selaku Ketua Umum Partai Gelora pada Senin, 23 November 2020.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengatakan, “Gelora Race Boat 2022” mempertemukan hampir 100 peserta dari seluruh wilayah pesisir Kabupaten Sumbawa.

“Tahun kedua ini animo peserta semakin meningkat, hampir seratus tim datang dari seluruh wilayah pesisir Kabupaten Sumbawa,” kata Fahri Hamzah, Senin (14/11/2022).

Sebagai penggagas “Gelora Boat Race”, kata Fahri, lomba kano ini merupakan hajatan yang populer, sekaligus menyalurkan minat dan kegembiraan masyarakat.

“Lomba sampan ini merupakan hajatan rakyat, perlu bagi masyarakat untuk menyalurkan minat dan keceriaannya,” kata Fahri.

Karena itu, kata Fahri, dalam waktu dekat, “Gelora Boat Race” akan diusulkan ke pemerintah untuk menjadi ajang balap kano nasional.

Memang, ajang balap kano ini juga bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Tanah Air.

“Dari Sumbawa nanti kita harapkan mengundang dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Pulau Lombok, NTT dan Ambon. Kemudian daerah lain,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 ini mengatakan tidak sulit mewujudkan ide tersebut, karena wilayah pesisir Indonesia memiliki tradisi sampan atau perahu yang sudah mengakar.

“Lomba kano ini tidak sulit dilakukan, karena wilayah pesisir Indonesia memiliki tradisi kano atau berperahu yang mengakar,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa Burhanudin Jafar Salam menambahkan, event “Gelora Race Boat 2022” merupakan event kegiatan bahari terbesar di Sumbawa.

“Tahun 2021 hanya ada 39 peserta, tahun ini ada 84 peserta yang terbagi dalam dua kelas standar dan terbuka. Sedikitnya 1.400 penonton yang terdaftar di pantai pada hari terakhir,” kata Burhanuddin.

Menurutnya, acara “Gelora Boat Race” ini juga bertujuan untuk memperkenalkan keberadaan Pesta Gelora di Meno, Kabupaten Sumbawa, NTB di dalam dan luar negeri yang memiliki alam yang indah seperti di Bali dan Lombok.

“Pantai Gelora di Meno terbuka untuk umum pada hari biasa. Selain pasir putihnya untuk wisata pantai, wisatawan juga menikmati aktivitas menyelam dan air, karena ombaknya yang tenang,” katanya.

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengungkapkan, Pantai Gelora juga merupakan tempat kolaboratif bagi setiap orang untuk mengungkapkan impiannya yang akan membawa kemajuan bagi Sumbawa, NTB dan Indonesia.

Pengembangan Pantai Gelora sebagai tempat pertemuan dan hiburan, lanjut Anis Matta, merupakan gagasan dari Fahri Hamzah, Wakil Ketua Umum Partai Gelora. Sebab, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, yang dibutuhkan adalah mencari peluang di tengah krisis.

“Kita hidup di tengah krisis, kita fokus mencari peluang, seperti yang dikatakan Pak Fahri Hamzah, mengubah wajah pantai ini menjadi tempat bercengkrama dan bergembira, begitu juga jika ingin mengubah Indonesia,” ujar Anis Matta pada Senin (23/11/2022).

“Jadi kalau bicara laut dunia, kita hanya bicara tiga tempat wisata, yaitu Laut Mediterania, Laut Karibia, dan Laut Indonesia. Wilayah laut Indonesia adalah wilayah Laut Mediterania yang diapresiasi banyak negara, tapi kita hanya Indonesia, oleh karena itu kita harus menjaga kegembiraan kita di tengah krisis ini,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button