Berita Wisata

Fakta Tentang Makam Sunan Gresik

Selain kaya akan wisata alam dan kuliner, Gresik juga terkenal menjadi incaran para peziarah untuk wisata religi. Satu dari Jujuga Tempat wisata religi yang terkenal adalah makam Sunan Gresik. Sunan Gresik atau yang bernama asli Maulana Malik Ibrahim, merupakan salah seorang Walisongo yang dimakamkan di Desa Gapura, Kota Gresik, Jawa Timur.

Sunan Gresik adalah orang pertama yang menyebarkan syariat Islam di pulau Jawa. Ia dikenal memiliki sikap yang baik dan sangat ramah terhadap orang. Ia menyebarkan agama Islam dengan menceritakan keindahan dan kebaikan agamanya, tanpa meninggalkan kepercayaan lain yang dianut masyarakat saat itu. Tak hanya itu, Sunan Gresik juga menyebarkan agama Islam melalui kegiatan bisnis. Berkat kebaikan dan kegigihannya, Sunan Gresik berhasil membuat banyak orang Jawa masuk Islam.

Selain itu, untuk mempersiapkan ulama baru agar terus menyebarkan agama, Sunan Gresik membangun pesantren untuk mendidik lebih banyak tokoh agama Islam. Gagasan besar ini kemudian melahirkan lebih banyak pesantren di Indonesia.

Berkat semua perjuangan tersebut, makam Sunan Gresik masih ditempati para peziarah hingga saat ini. Tertarik untuk datang? Lanjut 5 Fakta Makam Sunan Gresik di Gresik Jawa Timur. Mari dengarkan!

1. Terdiri dari dua bagian utama yang terlihat bersih dan indah

5 Fakta Makam Sunan Gresik, Wisata Religi Populer di Kota PudakMakam Sunan Gresik (instagram.com/azies_bens99)

Kompleks pemakaman Sunan Gresik terbagi menjadi dua bagian. Bagian utama adalah pendopo tempat makam Syekh Maulana Malik Ibrahim berada, dan bagian kedua adalah kompleks pemakaman ulama lainnya.

Untuk memasuki paviliun utama ini, Anda akan melewati sebuah pintu berwarna putih bersih yang hanya bisa dilewati oleh 1-2 orang saja. Ketika Anda tiba, Anda akan melihat tiga makam di sana. Makam pertama adalah milik Sunan Gresik sendiri, dan yang lainnya adalah makam Syayyidah Siti Fatimah dan Syekh Maulana Maghfur yang merupakan istri dan anak dari Sunan Gresik.

Baca Juga: 5 Fakta Tradisi Pasar Ikan Bandeng di Gresik, Peninggalan Asli Sunan Giri

2. Telah mengalami restorasi pemerintah

5 Fakta Makam Sunan Gresik, Wisata Religi Populer di Kota PudakMakam Gapura Sunan Gresik (instagram.com/anadjamaly)

Pemerintah Kabupaten Gresik diketahui telah melakukan pemugaran lokasi makam tanpa mengubah ciri utamanya. Kini penampakan makam tersebut memiliki empat kubah, dengan pendopo bertingkat di sisi lain makam.

Pemugaran ini diinginkan oleh pemerintah agar bisa menampung lebih banyak jemaah yang datang. Bukan tanpa alasan, berdasarkan catatan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Gresik, kunjungan wisata religi ke Gresik setiap tahunnya bisa mendatangkan Rp 2 miliar dengan jemaah lebih dari satu juta orang. Wow!

3. Jamaah semakin ramai ketika hari Jum’at legi dan haul tiba

5 Fakta Makam Sunan Gresik, Wisata Religi Populer di Kota PudakPeziarah di makam Sunan Gresik (instagram.com/muh_azhar12)

Makam Sunan Gresik selalu ramai Jujuga jamaah setiap hari. Namun, jumlah yang datang bisa berlipat ganda saat malam Jum’at Legi dan haul tiba.

Ritual atau pengangkutan haji tahunan berlangsung sesuai dengan tanggal kematiannya, yaitu setiap 12 Rabi’ul Awwal. Selama transportasi, ada kebiasaan untuk melakukan khataman Al-Quran, mauludan (pembacaan kisah Nabi Muhammad), dan makanan khusus, bubur Harisah, disajikan.

4. Letaknya strategis, dekat dengan alun-alun kota

5 Fakta Makam Sunan Gresik, Wisata Religi Populer di Kota PudakTempat parkir makam (instagram.com/pesona.maswahid_fans)

Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim berada di tengah kota Gresik, tepatnya di Jalan Malik Ibrahim kawasan desa Gapuro Sukolilo. Lokasi ini hanya berjarak 200 meter dari alun-alun kota Gresik sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

Tak hanya itu, bagi jemaah yang datang dengan kendaraan pribadi atau rombongan dengan menggunakan bus, pihak pengelola juga telah menyiapkan tempat parkir yang sangat luas. Jangan pernah khawatir tentang parkir lagi!

Baca Juga: 5 Masjid Paling Ikonik di Gresik

5. Ada mall untuk oleh-oleh

5 Fakta Makam Sunan Gresik, Wisata Religi Populer di Kota PudakPeziarah di makam Sunan Gresik (instagram.com/pajeroindonesia)

Setelah selesai menunaikan ibadah haji, jangan lupa beli oleh-oleh untuk keluarga tersayang di kampung halaman ya. Tidak perlu jauh-jauh berjalan, banyak penjaja cinderamata yang akan Anda temukan saat menyusuri gang di samping kompleks pemakaman.

Di sepanjang gang ini Anda bisa membeli banyak kuliner khas Gresik seperti ikan bandeng yang disulap menjadi sanggring, dan beberapa perlengkapan menarik bernuansa religi. Harga yang ditawarkan tentunya sangat terjangkau, deh!

Itulah beberapa fakta menarik tentang makam Sunan Gresik. Lokasinya yang strategis, bersih dan aman, akan membuat Anda semakin nyaman berzikir dan beribadah di sini.

Baca juga: 6 Sajian Khas Gresik Paling Enak dan Favorit Wisatawan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button