Berita Wisata

Fakta Unik Kroasia, Juara 3 Piala Dunia 2022 – Lokasi Syuting Film ‘Game of Thrones’

Jakarta

Kroasia merebut tempat ketiga di Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Maroko. Yuk kenali Kroasia lebih dekat dari fakta menarik ini.

Tadi malam, Kroasia menghadapi Maroko dengan skor 2-1. Pertandingan ini menjadikan Kroasia sebagai juara ketiga Piala Dunia 2022.

Nah, tahukah kamu kalau Kroasia adalah negara tempat syuting film “Game of Thrones”? Negara ini juga menjadi rumah bagi anjing Dalmatian yang lucu lho.

PUBLISITAS

Gulir untuk melanjutkan konten

detikcom merangkum, Minggu (18/12/2022) fakta menarik tentang juara ketiga Piala Dunia 2022 tersebut.

1. Di mana film “Game of Thrones” difilmkan

Film terkenal “Game of Thrones” dibuat di Kroasia. Itu terletak di wilayah Split dan Dubrovnik.

2. Rumah Dalmatian

Anjing Dalmatian berasal dari wilayah Dalmatian di Kroasia sejak abad ke 19. Anjing bintik hitam ini telah menjadi anjing pemburu dan penjaga selama ratusan tahun. Namun, sejak abad ke-19, Dalmatian telah menjadi anjing rumahan dan seringkali karena alasan mode.

Dalmatians di CruellaDalmatian di Cruella Foto: dok. disney

3. Memiliki sunset terbaik di dunia

Sebuah kota di pesisir Laut Adriatik bernama Zadar menawarkan panorama indah saat matahari terbenam. Karena keindahannya, tempat ini disebut-sebut sebagai tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam di dunia.

4. Nama ilmuwan Kroasia itu ada di wilayah Bulan

Traveler harus tahu bahwa astronot di seluruh dunia telah memetakan bulan dan masing-masing daerah memiliki nama. Dan ada dua ilmuwan Kroasia yang namanya telah diabadikan sebagai nama daerah di Bulan, yaitu JR Boskovic dan A Mohorovicic.

Pemandangan panorama udara dari tujuan perjalanan Eropa yang terkenal, pemandangan kota Dubrovnik di pantai Adriatik, Kroasia.Pemandangan panorama udara dari tujuan perjalanan Eropa yang terkenal, pemandangan kota Dubrovnik di pantai Adriatik, Kroasia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Dreamer4787

5. Memiliki Potensi Alam yang Luar Biasa

Kroasia menawarkan alam yang indah bagi para pelancong dengan 1.246 pulau. Sekitar 10 persen dari luas negara terdiri dari 8 taman nasional, 11 taman alam, dan 2 cagar alam.

Zlatni Rat dianggap sebagai salah satu pantai terindah di dunia. Taman Nasional Danau Plitvice juga menjadi danau terindah di dunia.

Negara ini juga memiliki gua terdalam di dunia dengan panjang 1.392 meter bernama Gua Lukina. Gua ini berada di Taman Nasional Sjverni Velebit.

6. Penemu pena

Pulpen atau bahasa inggrisnya adalah pen, ternyata diambil dari nama seorang Kroasia yaitu Slavoljub Eduard Penkala. Seorang insinyur terkenal, yang pada tahun 1906 membuat pensil mekanik dan membuat pendahulu pulpen. Nama pena itu diambil dari namanya, Penkala.

7. Negara Kecil

Populasi Kroasia adalah sekitar 4,7 juta dengan luas 56,6 kilometer persegi. Kroasia, sebuah negara kepulauan yang terletak di selatan-tengah Eropa, merupakan salah satu tujuan wisata turis Eropa.

8. Memiliki pulau berbentuk sidik jari

Pulau BaljenacFoto Pulau Baljenac: (Seperti Kroasia)

Kroasia memiliki sebuah pulau bernama Baljenac. Dilihat dari atas, pulau ini terlihat seperti sidik jari raksasa. Karena dilihat dari atas, terdapat banyak sekali garis di pulau ini.

Ternyata garis itu adalah tembok. Dindingnya terbuat dari batu dan tidak terlalu tinggi. Sebenarnya itu adalah penanda, yaitu penanda batas-batas masing-masing areal tanam.

9. Memiliki Colosseum mini

Kalau di Kroasia namanya bukan Colosseum, tapi Pula Arena. Fungsinya sama, untuk arena pertarungan gladiator. Bangunan ini juga merupakan peninggalan bangsa Romawi.

10. Memiliki kota yang rumah-rumahnya hanya dijual seharga Rp 2.000

Kota-kota di Kroasia menjual rumah murah seharga Rp 2.000Sebuah kota di Kroasia menjual rumah murah seharga Rp 2.000 Foto: Reuters

Sebuah kota di Kroasia menjual rumah-rumah terbengkalai. Kota di Kroasia yang dimaksud adalah Legrad. Jaraknya sekitar 118 km dari Zagreb, ibu kota Kroasia. Dari Zagreb ke Legrad dapat ditempuh melalui jalan darat dengan mobil selama 1,5 jam.

Kota Legrad saat ini sedang mencari penduduk. Rumah-rumah di sana dijual sangat murah, hanya 1 Kuna. Jika dikonversi, nilainya hanya Rp 2.300.

Karena harganya yang murah, jangan harap traveler bisa mendapatkan rumah yang mewah. Beberapa rumah dalam kondisi memprihatinkan. Tentu saja karena rumah tersebut telah ditinggalkan oleh penghuni sebelumnya.

Ada rumah yang hanya membutuhkan perbaikan kecil. Namun ada juga yang tidak memiliki jendela maupun pintu. Namun jangan khawatir, Pemkot Legrad menyediakan dana renovasi sebesar 25.000 Kuna atau sekitar Rp 57 juta untuk merenovasi rumah tersebut.

Tertarik?

Tonton videonya “Josko Gvardiol Bodo benar-benar berbicara tentang pemain muda terbaik untuk Piala Dunia 2022”
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button