Berita Wisata

Fakta Unik Satonda, Pulau Cantik yang Di Tengahnya Terbentang Danau Air Asin Purba : Okezone Travel

PULAU KECIL Satonda di Kecamatan Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki keindahan yang luar biasa. Pantai pasir putih berpadu dengan laut biru kehijauan sungguh eksotik.

Selain permukaannya yang sejuk, Satonda juga memiliki alam bawah laut yang menakjubkan. Menariknya, di tengah Pulau Satonda terdapat sebuah danau purba dengan air asin. Pasti layak dikunjungi.

Pulau Satonda terbentuk dari letusan Gunung Satonda ribuan tahun yang lalu. Gunung berapi purba ini usianya jauh lebih tua dari Gunung Tambora yang berjarak sekitar 30 kilometer dari pulau ini.

Berada di Pulau Satonda, wisatawan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan hijau, danau biru tenang dan hamparan laut.

Perairan di sekitar Pulau Satonda memiliki terumbu karang alami dan telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL) sejak tahun 1999.

Danau Air Asin Satonda

Sebuah danau seluas 2,5 kilometer persegi dengan kedalaman 86 meter mengelilingi Gunung Satonda. Airnya asin.

Dua ilmuwan Eropa, Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak, meneliti air Danau Satonda pada tahun 1984, 1989, dan 1996. Mereka menyimpulkan bahwa air di danau tersebut sangat asin dengan kadar basa yang lebih tinggi dibandingkan air laut biasa. .

Ilmuwan menganggap bahwa cekungan yang membentuk danau tersebut berasal dari kawah yang berumur lebih dari 10.000 tahun.

Namun, masyarakat setempat memiliki legenda bahwa danau tersebut terbentuk dari air mata Raja Tambora setelah gagal menikahi wanita yang dicintainya.

Raja pertama kali melamar wanita tersebut, namun ditolak karena wanita tersebut ternyata adalah ibu kandungnya yang telah berpisah sejak kecil. Raja sangat marah sehingga menyebabkan gunung meletus dan membentuk Satonda.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Pohon kalibuda atau pohon harapan

Di pulau ini tumbuh tumbuhan berupa pohon bernama Kalibuda. Masyarakat setempat percaya bahwa pohon ini dapat memberi harapan bagi siapa saja yang menggantungkan batu dan keinginan atau permintaan mereka dapat terkabul.

Hal ini masih dilakukan sampai sekarang, bahkan turis juga melakukan hal yang sama.

Aktivitas Seru di Pulau Satonda

Di pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan pantainya yang berwarna biru tua, dan ada pula yang berwarna hijau toska di permukaan yang dangkal.

Menggambar

Untuk menikmati keindahan pulau ini, Anda bisa melakukan aktivitas seperti berenang atau snorkeling, atau olahraga air seperti kayak.

Tempat wisata lainnya

Tidak hanya Pulau Satonda, tempat wisata lain yang ada di sekitar kawasan ini antara lain Pulau Moyo dan Gunung Tambora sendiri.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button