Berita Wisata

Fasilitas, lokasi dan harga tiket

Pulau Bali terkenal dengan tempat wisata tepi lautnya, terutama Bali bagian selatan. Keunggulan pantai Bali Selatan adalah pasir putihnya yang bersih. Salah satu pantai Bali Selatan yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Mertasari di Sanur.

Nama pantai ini memang tidak seterkenal Pantai Kuta atau Pantai Pandawa, namun keindahannya tidak bisa diremehkan. Biasanya pantai ini dijadikan sebagai tempat wisata favorit masyarakat setempat.

Meski belum begitu terkenal, Pantai Mertasari memiliki keunggulan dibandingkan pantai lainnya. Ingin tahu keuntungan, fasilitas dan harga tiket di Pantai Mertasari? Yuk, cari tahu selengkapnya di artikel ini!

Menikmati sunrise dan sunset di Pantai Mertasari

Pantai-pantai di kawasan Sanur, termasuk Pantai Mertasari, terkenal dengan pesona pasir putihnya yang bersih dan halus. Hamparan pasir yang luas sangat cocok untuk tempat bermain anak atau piknik keluarga. Juga, sangat aman jika Anda ingin berjalan tanpa alas kaki karena pasirnya yang halus dan bebas kerikil.

Salah satu keunggulan pantai Mertasari adalah panorama yang indah saat matahari terbit dan terbenam. Tak heran jika pantai ini sering dijadikan tempat relaksasi oleh warga sekitar maupun wisatawan. Berbeda dengan Pantai Kuta dan pantai-pantai terkenal lainnya, Pantai Mertasari belum banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Biasanya Pantai Mertasari mulai ramai pengunjung pada pukul 05:00 WITA, saat langit masih gelap. Spot foto favorit wisatawan adalah dermaga semen dan batu. Di ujung dermaga terdapat gazebo kecil tempat Anda bisa duduk-duduk sambil menikmati panorama matahari terbit.

Tidak hanya untuk menikmati sunrise, lokasi Pantai Mertasari yang menghadap ke utara juga sangat strategis untuk menikmati sunset. Disarankan datang sebelum jam 18.00 WITA agar tidak terlalu ramai. Selain di dermaga, Anda juga bisa berfoto di deretan mangrove kering yang menjadi spot favorit untuk foto sunset.

Jika anda berkunjung ke Pantai Mertasari, jangan lupa untuk singgah di pantai lainnya seperti Pantai Sanur, Pantai Sindhu atau Pantai Padang Galak. Semua pantai Sanur memiliki pemandangan yang indah dengan karakter uniknya masing-masing. Anda bisa berjalan di sepanjang pantai atau naik sepeda.

Fasilitas Pantai Mertasari

Fasilitas di pantai ini umumnya tidak terlalu lengkap, namun berbeda dengan pantai Mertasari. Dilansir dari biro perjalanan online, berikut sederet fasilitas yang bisa Anda nikmati di Pantai Mertasari.

1. Olahraga air

Meski bukan tempat yang cocok untuk berselancar, Anda bisa mencoba berbagai olahraga air di pantai ini. Mulai dari kite surfing, banana boat, water biking, stand up paddleboarding hingga kano. Uniknya, kamu bisa memberi makan hiu di tengah laut.

2. Stand dan restoran

Jangan takut lapar saat berkunjung ke Pantai Mertasari. Di sepanjang pantai, kawasan Sanur dipenuhi warung dan restoran, mulai dari jajanan, kafe hingga makanan khas Bali. Anda juga wajib mencoba lumpia dengan Saus Taco khas Pantai Sanur yang banyak dijajakan oleh warga setempat.

3. Kamar mandi dan ruang bilas

Salah satu fasilitas terpenting di pantai adalah ruang bilas. Pantai Mertasari memiliki banyak kamar bilas, sehingga Anda tidak perlu mengantri lama. Apalagi kondisi ruang bilas yang bersih juga membuat wisatawan semakin nyaman.

4. Tempat foto

Jika Anda berkunjung ke pantai Mertasari, sayang jika tidak mengabadikan momen tersebut. Tak hanya gazebo dan hutan mangrove, di pantai ini juga terdapat ayunan yang khusus disediakan untuk spot foto. Saat air surut, bebatuan karang juga menjadi spot foto favorit para wisatawan.

5. Penyewaan sepeda

Ingin menjelajahi pantai-pantai lain di kawasan Sanur? Daripada jalan kaki, lebih baik menyewa sepeda. Sepeda ini disewa oleh penduduk setempat dengan harga yang menguntungkan. Bersepeda ke Pantai Mertasari paling baik dilakukan pada sore hari, sambil menikmati matahari terbenam.

6. Trek jogging

Tidak hanya bersepeda, di pantai Mertasari terdapat jogging track yang membentang di sepanjang pantai. Sangat cocok untuk anda yang ingin lari pagi sambil melihat matahari terbit.

7. Belvedere

Selain gazebo di ujung dermaga, juga terdapat deretan gazebo di pinggir pantai Mertasari. Jika tidak membawa permadani atau tikar untuk duduk di atas pasir, Anda bisa menikmati pemandangan pantai dari gazebo.

Lokasi Pantai Mertasari

Pantai Mertasari adalah pantai pasir putih yang terletak di sebelah timur kota Denpasar. Lokasi Pantai Mertasari sangat strategis karena dekat dengan pusat kota, tepatnya di Jl. Tirta Empul, Desa Intaran, Desa Sanur, Kecamatan Denpasar. Pantai ini terletak di ujung selatan deretan pantai di kawasan Sanur.

Petunjuk arah menuju Pantai Mertasari

Lokasinya yang strategis sangat mudah diakses bagi wisatawan yang menginap di pusat kota.

Menurut laman biro perjalanan, jika Anda berangkat dari Denpasar hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit melalui Jl Via Ngurah Rai Pass. Sedangkan jika berangkat dari Jimbaran dan Nusa Dua hanya membutuhkan waktu 30-40 menit melalui tol Bali-Mandara.

Disarankan untuk menyewa mobil atau motor, mengingat terbatasnya transportasi umum di Bali. Namun, jika Anda berangkat dari wilayah Jimbaran, Nusa Dua atau Denpasar, tarif taksi online masih sangat terjangkau.

Harga tiket masuk pantai Mertasari

Dilansir laman biro perjalanan online, tarif masuk ke Pantai Mertasari adalah Rp 30.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Jika ingin menyewa sepeda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000. Sedangkan untuk sewa kuda akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000.

Pantai Mertasari buka 24 jam sehari, jadi Anda bisa datang kapan saja dan sekedar mengeksplorasi keindahan pantainya.

Bagaimana? Apakah detikers tertarik mengunjungi pantai Mertasari? Jika ingin mengunjungi pantai ini, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut. Saya harap informasi ini telah membantu Anda!

Tonton video “Rasanya Makan Raos Pisaan Euy, Cuisine du Palais Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button