Berita Wisata

Festival Galundi Singkarak, kreasi seni budaya Minangkabau dalam keindahan alam Sumatera Barat

Festival tepi danau ini berkolaborasi dengan berbagai kreativitas seni budaya Minangkabau

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH DATAR — Festival Galundi Singkarak di Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar kembali digelar. Untuk kedua kalinya, festival tepi danau ini berkolaborasi dengan berbagai seni dan budaya kreatif Minangkabau serta hasil olahan pertanian, perkebunan, dan perikanan masyarakat setempat.

Selama dua hari, pada 29 dan 30 Oktober 2022, di Galundi, di tepi Danau Singkarak yang indah, banyak atraksi budaya dan seni yang akan disuguhkan. Di antaranya pacu biduak, silek tuo step ampek, maarak talam, dan makan bajamba, hingga demonstrasi membatik galundi dengan latar belakang danau, persawahan, dan perbukitan.

Penyelenggaraan festival kampung swadaya ini diapresiasi Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy. Menurutnya, Tanah Datar merupakan lingkungan yang patut dicontoh. Di sektor pariwisata misalnya, ada Nagari Pariangan yang tahun ini masuk 50 besar Indonesian Tourism Village Awards.

“Nagari Pariangan, Tanah Datar masuk dalam 50 Besar Desa Wisata di Indonesia. Jika bisa menjadi juara, baru kali ini wakil dari Sumbar bisa merebut juara pertama. Kalau Pariangan di pegunungan, sekarang di danau, Galundi juga bisa menjadi desa wisata,” kata Wakil Gubernur Audy dengan antusias.

Namun, Audy mengatakan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Menjadi bagian terpenting dalam pembangunan pariwisata, menurut Audy, Pemkab Tanah Datar harus menyiapkan sumber daya manusia yang benar-benar dapat memberikan pelayanan yang baik dan menjaga kebersihan destinasi wisata.

“Yang penting bukan infrastruktur, tapi SDM. Pelayanan yang baik dan kebersihan harus dijaga,” kata Wagub dalam siaran persnya, Minggu (30/10/2022).

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan festival Galundi Singkarak bertujuan untuk menggali potensi yang ada di nagari, mulai dari potensi kuliner hingga potensi wisata dan kreativitas lainnya.

“Dengan adanya festival Galundi Singkarak yang dihadiri oleh berbagai tamu, kami ingin menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu potensi Nagari Batu Taba,” ujar Eka Putra.

Selain itu, ia juga menyerahkan proyek pembangunan dermaga wisata untuk mendukung Nagari Batu Taba sebagai desa wisata unggulan di Danau Singkarak. Mengingat salah satu daya tarik Galundi, Batu Taba merupakan jalur akses menuju destinasi yang dapat dilalui oleh kapal wisata.

“Kami ingin Nagari Batu Taba dimasukkan sebagai desa wisata, tentunya ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak,” ujarnya.

Festival Galundi Singkarak dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar, Bupati dan Camat Tanah Datar, anggota DPD, anggota DPRD Sumbar, pengurus kecamatan dan dari desa kabupaten Tanah Datar, dan sejumlah OPD, tamu undangan, dan tentunya masyarakat Nagari Batu Taba.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button